Honda Dirikan Startup untuk Kembangkan Sneaker Khusus Tunanetra

Ashirase

TOKYO, Carvaganza – Sukses di bisnis otomotif tidak membuat Honda buta soal masyarakat umum yang membutuhkan perhatian khusus untuk kehidupan sehari-harinya. Seperti untuk mempermudah kehidupan kaum tunanetra, Honda Motor Co., Ltd mendirikan perusahaan startup yang berasal dari IGNITION, Bernama Ashirase, Inc.,. Sebuah perangkat atau gadget pendukung aktivitas tunanetra sdang dikembangkan pada proyek baru ini.

Ashirase sedang mengembangkan sebuah sistem navigasi untuk dipasang pada sepatu yang dipakai tunanetra saat berjalan kaki. Berupa aplikasi mobile, Ashirase merupakan sistem navigasi dan perangkat getaran 3D, yang meliputi sensor gerak terpasang di dalam sepatu. Rencananya perangkat ini akan mulai dijual pada 31 Maret 2023 mendatang.

Sistem Ashirase bekerja ketika sebuah rute diatur dengan aplikasi, perangkat akan bergetar untuk menyediakan navigasi. Saat mengarahkan berjalan lurus, perangkat memberi getaran di bagian depan kaki. Dan ketika menginstruksikan belok ke kanan atau kiri, getaran akan diberikan pada sisi kanan atau kiri kaki, sesuai arah dituju.

Ashirase

Navigasi yang diberikan oleh Ashirase memungkinkan pengguna untuk berjalan lebih aman, karena saat ini dnegan penglihatan yang terbatas, para tunanetra sering menghadapi masalah seperti tersesat dan jatuh di jalan.

Baca Juga: Lebih Mahal, Produksi Terakhir Bugatti Divo Dibuat Spesial

“Kecelakaan yang dialami oleh salah satu anggota keluarga saya memotivasi saya untuk mengambil Tindakan untuk mewujudkan mobilitas yang lebih aman dan lebih bebas bagi penyandang tunanetra. Saya yakin bahwa kami akan menghadapi banyak kendala saat proses pengembangan hingga peluncuran Ashirase,” jelas Wataru Chino, Representative Director of Ashirase Inc.,.

“Namun, kami akan mengatasi hambatan tersebut satu per satu dan mengabdikan diri dengan sepenuh hati untuk mewujudkan kebebasan mobilitas bagi penyandang tunanetra.”

Ashirase

Fitur utama yang ditawarkan oleh Ashirase meliputi informasi panduan untuk penggguna tunanetra yang dibuat berdasarkan informasi posisi Global Navigation Satellite System (GNSS). Sistem ini meliputi penentuan posisi, navigasi, dan waktu satelit berdasarkan Gerakan kaki pengguna. Navigasi sensidir disediakan melalui getaran pada kaki sejajar lapisan syaraf, sehingga tidak mengganggu tangan pengguna yang memegang tongkat atau telinga yang mendengarkan suara sekitar.

Pengembangan Ashirase bersama IGNITION adalah langkah baru Honda dalam menyediakan layanan mobilitas untuk masyarakat. Contoh produk pendukung mobilitas yang Honda pernah perkenalkan seperti Uni-Cub, Wander Walker, 3R-C, ML 100, AC-X, dan lain-lain. Bahkan di dunia robotik, Honda pernah mengembangkan Asimo yang sangat populer pada masanya.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Tips Berkendara dengan Aman Saat Malam Hari, Perhatikan Hal-Hal Berikut

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya