Beranda Updates Hamilton, Vettel, Raikkonen Pecahkan 3 Rekor F1 di GP Spanyol 2020

Hamilton, Vettel, Raikkonen Pecahkan 3 Rekor F1 di GP Spanyol 2020

BARCELONA, Carvaganza.com – Seri Formula 1 Grand Prix Spanyol 2020 digelar hari Minggu (16/8/2020) kemarin, yang dimenangkan oleh Lewis Hamilton. Lima kemenangan sudah direbut Mercedes dari enam seri digelar. Namun dari seri keenam ini, ada setidaknya rekor baru Formula 1 yang dipecahkan bersamaan.

Tiga rekor tersebut diraih oleh tiga pembalap berbeda juga, yaitu Hamilton, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen. Secara kebetulan juga, hanya Hamilton, Vettel dan Raikkonen di grid saat ini yang berstatus pernah menjadi juara dunia F1.

Rekor pertama diraih oleh Hamilton untuk jumlah finish podium terbanyak dalam sejarah F1. Finish terdepan di Circuit de Barcelona, Hamilton kini sudah 156 kali berdiri di podium F1. Setelah menyamai pada seri sebelumnya, juara dunia enam kali itu kini sudah melewati 155 kali podium yang dipegang Michael Schumacher sebelumnya.

Raihan podium terbanyak sepanjang masa itu dibarengi dengan kemenangan ke-88 bagi Hamilton. Untuk seri-seri berikutnya, Hamilton tentu akan memperpanjang rekor jumlah podiumnya. Sementara soal kemenangan, kini dirinya hanya tinggal tiga angka terpaut dari jumlah kemenangan terbanyak milik Schumacher, yaitu 91 kemenangan.

Rekor berikutnya jatuh kepada Vettel, setelah finish di posisi ketujuh  dan membawa pulang 4 poin dari Spanyol. Dengan finish tersebut, kini Vettel resmi telah melampaui total Raihan 3.000 poin sepanjang karirnya di F1. Kini, total poin yang telah diraih Vettel di F1 adalah 3.001. vettel sendiri menjadi pembalap kedua yang mencapai milestone ini di F1, setelah Hamilton yang kini telah memiliki 3.563 poin.

Memulai balapan dari posisi ke-11 dan finish ketujuh, mungkin bukan hal yang bagus untuk tim seperti Ferrari. Namun pada balapan ini, juara dunia empat kali ini berhasil dipilih sebagai Driver of The Day berkat performanya.

Sementara rekor ketiga di Spanyol yang diraih oleh Raikkonen, tercipta saat dirinya menyelesaikan 37 lap saat balapan sepanjang 66 lap itu. Setelah melewati 37 lap di Barcelona, Raikkonen kini telah menempuh 83.846 kilometer jarak balapan di F1. Angka tersebut merupakan yang terjauh dan terpanjang pernah ditempuh oleh seorang pembalap sepanjang sejarah F1.

Artinya, Raikkonen adalah pembalap dengan jam terbang dan jarak balap terjauh yang pernah ada di balap jet darat ini. Bahkan jika dibandingkan, juara dunia 2007 itu sudah lebih dari dua kali megnelilingi bumi.  Saat menyelesaikan balapan di Barcelona, Raikkonen kini telah meraih total jarak tempuh 83.978 kilometer.

Hasil Balapan

Jalannya balapan GP Spanyol 2020 sendiri kembali menunjukkan dominasi tim Mercedes di depan. Setelah menguasai sesi kualifikasi, Hamilton melaju tanpa perlawanan berarti di posisi pertama. Bahkan Max Verstappen yang sempat menempel di stint awal gagal merapatkan jarak ke Hamilton sampai akhir balapan.

Alhasil, Hamilton finish dengan jarak hingga 24,1 detik di depan Verstappen, diikuti Valtteri Bottas di posisi ketiga dengan jarak 44,7 detik. Ketiga pembalap terdepan seperti berada di kelas yang berbeda, karena berhasil overlap pembalap di posisi keempat.

Hanya satu pembalap gagal menyentuh garis finish di Barcelona, yaitu Charles Leclerc. Setelah melintir di chicane jelang tikungan terakhir di lap 38, mobil Ferrarinya dilaporkan mengalami gangguan teknis. Kemudian pada lap 41, Leclerc masuk pit dan mengakhiri balapannya.

Sumber: Formula 1

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Lima Crossover Yang Bisa Dijadikan Alternatif Selain Honda HR-V

JAKARTA, carvaganza.com – Pasar SUV/crossover kompak memang sedang digandrungi. Tingginya permintaan membuat pabrikan membanjiri pasar. Pertarungan di segmen ini pun semakin memanas. Di pasar...

Pilih Renault Triber atau Suzuki Ignis? Ini Masing-Masing Kelebihannya

JAKARTA, carvaganza.com – Untuk punya mobil SUV bergaya tangguh memang cukup merogoh kocek. Tapi kami memilihkan, ada dua mobil kompak bergaya ala SUV. Memang...

Enggak Kapok-Kapok Pabrikan Cina Jiplak Chevrolet Corvette, Mesinnya PHEV

BEIJING, carvaganza.com – Chevrolet Corvette C1 tahun 1958 adalah salah satu mobil yang paling diburu kolektor. Mobil klasik favorit yang memiliki desain yang tak...

DFSK Klaim 3 Keunggulan Super Cab, Benarkah?

JAKARTA, Carvaganza -- Di tengah pandemi COVID-19, permintaan kendaraan komersial ternyata tetap tinggi. PT Sokonindo Automobile, sebagai pemegang merek DFSK di Indonesia mengandalkan DFSK...

Covid-19 Berlanjut, Toyota Kembali Donasikan Kijang Innova Ambulans

BEKASI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19, belum juga menunjukkan tanda-tanda mereda. Berbagai pihak terus melakukan upaya termasuk menyalurkan donasi guna membantu penanggulangan wabah corona. Setelah...