F1 akan Wajibkan Paddock Tes Corona Setiap Dua Hari

LONDON, Carvaganza.com – Formula 1 berencana memulai musim 2020 di Austria pada bulan Juli mendatang, tanpa dihadiri penonton. Meski tanpa penonton, namun F1 akan memberlakukan sejumlah pengetatan untuk mencegah peneybaran virus Corona di paddock.

Rencananya, seluruh personil tim dan F1 yang terkait di paddock, akan harus menjalani pemeriksaan setiap dua hari. F1 akan membentuk semacam biosfer di setiap balapan, demi memastikan kondisi kesehatan setiap orang yang bertugas.

Seluruh personil yang ditugaskan ke paddock, harus melakukan pemeriksaan dan dinyatakan sehat oleh tim medis, sebelum masuk ke area paddock. Serangkaian protokol khusus tentunya akan dipersiapkan sebelum seri pertama bergulir pada 5 Juli 2020.

“FIA bekerja sangat baik dalam menyusun struktur yang kami butuhkan. Semua orang akan dites, dan akan memiliki izin sebelum mereka boleh masuk ke paddock,” kata Ross Brawn, Managing Director F1.

“Dan kemudian setiap dua hari, mereka akan dites sementara di paddock. Itu dilakukan dengan otoritas yang berwenang, dan kami akan menjaga sistem itu, tentu untuk semua balapan di Eropa, kami akan menggunakan semua fasilitas yang sama untuk melakukan pemeriksaannya," kata dia. “Kami bisa memastikan bahwa semua orang diperiksa dalam lingkungan tersebut dan dites secara teratur.”


Pembatasan Jumlah


Kebijakan ini diterapkan karena menurut Brawn mustahil untuk menggunakan pembatasan sosial (social distancing) untuk tim bekerja di paddock. Namun sejumlah aktivitas orang-orang di dalam paddock tetap akan diberi batasan nantinya.

Praktisnya, skenario ini seperti membuat gelembung atau area isolasi di paddock, yang diharapkan efektif mencegah potensi penyebaran virus. Seperti diketahui, Grand Prix Australia terpaksa dibatalkan pada saat-saat terakhir karena beberapa personil tim terdiagnosa positif Corona.

“Tim akan tetap berada dalam grup mereka sendiri. Mereka tidak akan bergaul dengan tim lain. Mereka akan menginap di hotel mereka sendiri. Tidak akan ada motorhome di sana. Kami akan pastikan bahwa itu memenuhi semua persyaratan,” lanjut Brawn.

Rencana baru F1 2020 menggelar balapan mulai paruh kedua tahun ini, dimulai di Austria. Diharapkan 15-18 balapan bisa digelar tahun ini dengan jadwal yang padat di Eropa, Aurasia, Asia, Amerika dan Teluk. Seri Australia, Monako dan Perancis telah dipastikan batal dan tidak akan dipindah ke tanggal lain.

Sumber: Motorsport

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda