Beranda Updates Era Industri 4.0, Pabrikan Otomotif di Indonesia Sudah Pakai Robot

Era Industri 4.0, Pabrikan Otomotif di Indonesia Sudah Pakai Robot

JAKARTA, 16 Agustus 2019 – Indonesia saat ini sedang menyambut era Industri 4.0, untuk diimplementasikan pada seluruh lini industri, termasuk otomotif. Salah satu aspek yang akan menandai era ini adalah diterapkannya sistem otomasi atau robot dalam kegiatan industri.

Melihat transisi ini, Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) kembali menggelar Diskusi Pintar, kali ini bertema “Peningkatan Daya Saing Industri Otomotif Indonesia Menuju Era Otomotif 4.0”. Dalam diskusi di hari Kamis (15/8/2019) ini, hadir perwakilan dari GAIKINDO, perusahaan robot Universal Robots, dan pengamat otomotif.

Potensi industri otomotif Indonesia sebagai yang terbesar di Asia Tenggara, tentu menajdi daya tarik bagi para produsen robot untuk bisa semakin terlibat. Tujuan diterapkannya robot adalah agar segala proses produksi bisa lebih efisien dan efektif, sekaligus meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada.

“Industri otomotif Indonesia makin kompetitif daya saingnya, karena sudah banyak menggunakan teknologi robot. Namun, memang proses adopsinya dilakukan secara bertahap. Karena tetap juga dihitung nilai keekonomiannya saat digunakan dalam satu tahapan produksi kendaraan,” ujar Kukuh Kumara, Sekjen GAIKINDO yang hadir dalam diskusi.

Menurut Kukuh, industri otomotif Indonesia merupakan salah satu industri strategis di Indonesia. Kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia 2018 mencapai 1,76 persen atau setara Rp 260,9 triliun.

Disampaikan oleh General Manager Universal Robots, Sakari Kuikka, Indonesia memiliki potensi besar untuk aplikasi robot dalam kegiatan industri otomotif. Secara rasio, menurutnya saat ini aplikasi robot di pabrik masih 5 per 10.000 karyawan, sementara rata-rata di dunia 85 per 10.000 karyawan.

Sementara pengamat otomotif Agus Tjahajana mengatakan saat ini robot yang ada di pabrik otomotif Indonesia sudah dipekerjakan untuk operasi pengecatan body mobil, pemasangan sealer kaca, pengelasan komponen body dan mesin.

Dengan proses pengerjaan yang lebih efisien dan efektif, maka akan berimbas pula pada produktivitas dan efisiensi sumber daya yang dapat meningkatkan profit perusahaan.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Perjalanan Honda Accord, Dari Hatchback Sampai Mesin V6 (Bagian 1)

JAKARTA, carvaganza.com – Pada 12 Oktober kemarin, pabrikan Honda telah meluncurkan Accord terbaru model tahun 2021. Ragam penyempurnaan dan perubahan dilakukan pabrikan sebagai langkah...

9 Keuntungan Membeli MG ZS Selama Oktober 2020

JAKARTA, Carvaganza -- MG ZS, crossover compact buatan brand yang berkantor pusat di London, Inggris, ini memang punya harga yang relatif lebih murah dibanding...

Status di F1 Belum Jelas, Grosjean Lirik Proyek Peugeot di Le Mans

PARIS, Carvaganza.com – Sebagai seorang pembalap kelas dunia, berlaga membela tim atau pabrikan dari negara sendiri tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Hal tersebut baru-baru ini...

Edisi Khusus BMW M3 E30 dan M4, Kolaborasi Otomotif dan Fashion Premium

MUNICH, Carvaganza.com – Menyambut lahirnya sport coupe terbaru generasi kedua BMW M4, BMW merilis model eksklusif yang disandingkan dengan satu model ikoniknya. Dengan pendekatan...

Mitsubishi Indonesia Perkenalkan Kamera Dashboard, Harga Rp 3,97 Juta

JAKARTA, Carvaganza -- Dashboard camera (dashcam) menjadi perangkat yang mulai banyak digunakan para pemilik mobil. Untuk merekam kondisi perjalanan dan juga mendukung keamanan. Sejumlah...