Beranda Updates Era Industri 4.0, Pabrikan Otomotif di Indonesia Sudah Pakai Robot

    Era Industri 4.0, Pabrikan Otomotif di Indonesia Sudah Pakai Robot

    JAKARTA, 16 Agustus 2019 – Indonesia saat ini sedang menyambut era Industri 4.0, untuk diimplementasikan pada seluruh lini industri, termasuk otomotif. Salah satu aspek yang akan menandai era ini adalah diterapkannya sistem otomasi atau robot dalam kegiatan industri.

    Melihat transisi ini, Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) kembali menggelar Diskusi Pintar, kali ini bertema “Peningkatan Daya Saing Industri Otomotif Indonesia Menuju Era Otomotif 4.0”. Dalam diskusi di hari Kamis (15/8/2019) ini, hadir perwakilan dari GAIKINDO, perusahaan robot Universal Robots, dan pengamat otomotif.

    Potensi industri otomotif Indonesia sebagai yang terbesar di Asia Tenggara, tentu menajdi daya tarik bagi para produsen robot untuk bisa semakin terlibat. Tujuan diterapkannya robot adalah agar segala proses produksi bisa lebih efisien dan efektif, sekaligus meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada.

    “Industri otomotif Indonesia makin kompetitif daya saingnya, karena sudah banyak menggunakan teknologi robot. Namun, memang proses adopsinya dilakukan secara bertahap. Karena tetap juga dihitung nilai keekonomiannya saat digunakan dalam satu tahapan produksi kendaraan,” ujar Kukuh Kumara, Sekjen GAIKINDO yang hadir dalam diskusi.

    Menurut Kukuh, industri otomotif Indonesia merupakan salah satu industri strategis di Indonesia. Kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia 2018 mencapai 1,76 persen atau setara Rp 260,9 triliun.

    Disampaikan oleh General Manager Universal Robots, Sakari Kuikka, Indonesia memiliki potensi besar untuk aplikasi robot dalam kegiatan industri otomotif. Secara rasio, menurutnya saat ini aplikasi robot di pabrik masih 5 per 10.000 karyawan, sementara rata-rata di dunia 85 per 10.000 karyawan.

    Sementara pengamat otomotif Agus Tjahajana mengatakan saat ini robot yang ada di pabrik otomotif Indonesia sudah dipekerjakan untuk operasi pengecatan body mobil, pemasangan sealer kaca, pengelasan komponen body dan mesin.

    Dengan proses pengerjaan yang lebih efisien dan efektif, maka akan berimbas pula pada produktivitas dan efisiensi sumber daya yang dapat meningkatkan profit perusahaan.

    WAHYU HARIANTONO

    Video Terbaru Youtube Carvaganza



    Last Updates

    Komunitas Agya Ayla SoliDaritas Deklarasikan Chapter Jakarta

    JAKARTA, 10 Desember 2019 – Meski baru berusia satu tahun lebih, komunitas Agya Ayla SoliDaritas (AASD)...

    Rayakan HUT ke-4, Komunitas Mobility Siap Pecahkan Rekor MURI

    JAKARTA, 10 Desember 2019 – Komunitas Mobilio Indonesia Community (Mobility) tengah menyiapkan gawean besar. Komunitas pengguna Honda Mobilio itu akan...

    Mercedes-Benz GLC Punya Wajah Baru Jelang Akhir Tahun 2019

    BOGOR, 10 Desember 2019 – PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menyambut akhir tahun 2019 dengan meluncurkan produk terakhirnya tahun ini, yang merupakan versi facelift...

    Edisi Terbatas Mitsubishi Triton Knight Hanya Dibuat 120 Unit

    LUMPUR, 10 Desember 2019 – Sambutan yang apik Mitsubishi Triton membuat Mitsubishi Motors Malaysia meluncurkan edisi khusus Triton Knight limited...

    Sukses 2019, GIIAS 2020 Kembali Digelar Bulan Agustus

    JAKARTA, 10 Desember 2019 – Penyelenggaraan GIIAS The Series tahun ini mencatatkan pencapaian positif di setiap kota. GIIAS 2019 The Series...