Dua Mobil Listrik Hyundai Siap Serbu Indonesia Pekan Ini

JAKARTA, Carvaganza.com – Jelas sudah akhirnya kepastian kapan Hyundai Motors akan memulai era elektrifikasinya di Indonesia. Pekan ini, Hyundai Motors Indonesia akan menggelar peluncuran untuk produk kendaraan full electric. Tidak hanya satu, tapi dua model langsung akan dilucurkan oleh Hyundai dalam peluncuran ini.

Sebuah undangan peluncuran masuk ke ruang redaksi Carvaganza, mengumumkan peluncuran untuk model elektrik Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona. Jadi, Hyundai akan menghadirkan produk elektrifikasi di segmen sedan dan SUV sekaligus. Ioniq sendiri sudah diperkenalkan kepada publik Indonesia sejak awal tahun 2020 lalu.

Peluncuran Ioniq dan Kona versi listrik akan digelar Hyundai pada hari Jumat mendatang, tanggal 6 November 2020. Hyundai menyatakan sudah siap menyajikan teknologi yang ramah lingkungan kepada konsumen Indonesia.

“Saat era baru harus dimulai, Hyundai ingin membebaskan pengendara dari kekhawatiran tentang kerusakan lingkungan dan efisiensi bahan bakar sehingga merasakan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Sebagai game changer ekosistem mobil listrik murni di Indonesia, kami ingin memperkenalkan teknologi smart eco-friendly melalui Ioniq dan Kona,” tulis keterangan Hyundai dalam undangannya.

Model pertama, Ioniq Electric, adalah sedan liftback yang dibekali kombinasi motor listrik jenis permanent magnet synchronous. Motor di roda depan ini sanggup menghasilkan tenaga 134 hp dan torsi hingga 295 Nm. Penampungan energi listrik sebagai sumber energi penggerak menggunakan baterai lithium-ion dengan daya 38,3 kWh. Oleh Hyundai, mobil ini diklaim bisa menempuh perjalanan jarak sampai 310 km lebih (WLTP).

Diperkirakan, Ioniq Electric akan dipasarkan dengan harga kisaran Rp500 – 600 jutaan. Di Indonesia sendiri, Carvaganza sudah pernah melakukan review dan test drive untuk Ioniq Electric di Jakarta. Hasil ulasannya bisa dilihat di YouTube dan rubrik Drives kami.

Kemudian model kedua adalah Kona Electric. Model ini akan menyusul meluncurnya Kona versi mesin bensin pada 2019 lalu. Kona Electric sudah sangat populer di pasar Eropa dan Korea, yang beredar sejak tahun 2018. Ada dua varian powertrain Kona Electric yang tersedia secara global, yaitu Electric SE dan Electric SEL.

Hyundai Kona Electric


Varian pertama, Kona Electric SE (Lite), memiliki motor listrik yang menyimpan daya 100 kW atau 134 hp, dengan torsi 394 Nm. Kemudian varian kedua, Kona Electric SEL, punya daya lebih besar, yaitu 150 kW atau 201 hp, dengan besaran torsi yang sama. Hyundai sendiri menyediakan dua versi baterai Kona Electric, yaitu 39,2 dan 64 kWh.

Untuk saat ini belum diketahui pasti varian Kona Electric mana yang akan dtawarkan untuk pasar Indonesia. Yang pasti, untuk varian tertinggi, sudah dilengkapi sistem semi-autonomous, dengan fitur adaptive cruise control dan lane keeping assist. Hyundai bahkan sempat membawa Ioniq dan Kona Electric untuk diperkenalkan kepada pemerintah Indonesia.

Menarik untuk mengikuti spesifikasi lengkap dan harga resmi, baik untuk Ioniq Electric maupun Kona Electric. Semua itu akan bisa kita dapatkan jawabannya saat peluncuran digelar, hari Jumat mendatang.

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda