Desain Baru Bumper Toyota 86 Dipatenkan di Australia

SYDNEY, Carvaganza – Meski Subaru BRZ baru saja diluncurkan, Toyota masih belum mengkonfirmasi bagaimana desain terbaru dari Toyota 86. Namun desain terbaru hachi-roku ini kabarnya sudah mulai digarap dan dipatenkan di Australia. Sehingg bisa menjadi gambaran tampang generasi terbaru Toyota 86 nantinya.

Badan Paten Australia (IP Australia) sudah merilis desain bumper depan Subaru BRZ dan Toyota 86 tersebut. Karena Toyota dan Subaru terlibat joint venture untuk proyek ini, tak heran kalau keduanya menjadi pemegang hak cipta. Menurut data, kedua manufaktur otomotif sudah mendaftarkan berkas pengajuan hak cipta pada 30 Oktober 2020 dan IP Australia sudah mempublikasikan informasi pengajuan hak paten ini pada 18 Januari.

Dari gambar yang dipublikasikan, pada fascia bagian bawah terdapat bolongan untuk dudukan lampu utama. Grille memiliki bentuk trapezoidal dengan sisi yang melebar dari atas ke bawah bumper. Terlihat juga aksen heksagonal pada bagian tengah bumper dan lubang udara yang lebih sempit di bagian sampingnya. Sketsa ini terlihat cukup gamblang untuk menggambarkan kemungkinan desain generasi terbaru Toyota 86 dan Subaru BRZ.

Bumper depan Toyota 86

Memang ada sedikit perbedaan antara BRZ dengan Toyota 86. Yang punya 86 lmemiliki grille lebih tinggi dan membulat, sedangkan BRZ lebih mengotak dengan sudut lebih tajam. Bisa jadi desain terbaru Toyota 86 dan Subaru BRZ tidak jauh dari gambar tersebut. Meski demikian banyak detail yang belum terungkap. Toyota juga belum memberikan indikasi bahwa Toyota 86 terbaru akan menggunakan desain tersebut. Yang pasti sih, Subaru BRZ generasi terbaru akan mulai dijual pada pertengahan tahun ini di pasar Amerika.

Toyota 86 dan Subaru BRZ merupakan sedan coupe dengan konfigurasi penumpang 2+2. Mesin yang digendong 4-silinder boxer 24000cc direct injector D4S. Dikawinkan dengan transmisi otomatis dan manual 6 percepatan. Dengan bekal tersebut, Toyota 86 mampu menghasilkan tenaga 228 hp dan torsi maksimal 249 Nm.

Model ini pertama kali diperkenalkan di North America International Show 2007 dengan nama Toyota FT 86 Concept. Kemudian mulai dijual pada 2011 dengan nama Toyota 86 dan Subaru BRZ. Hingga saat ini Toyota 86 dan Subaru BRZ sendiri bersaing dengan Mazda MX-5, Mercedes-Benz CLA dan roadster sejenisnya.

Di Indonesia Toyota 86 resmi dijual dengan banderol Rp.775 – 816 Jutaan dengan varian bertransmisi manual, otomatis dan varian TRD. (ALVANDO NOYA/EKA)

Sumber: motor1.com

Artikel yang direkomendasikan untuk anda