Beranda New Cars Generasi Baru Toyota 86 Siap Meluncur Tahun 2021

Generasi Baru Toyota 86 Siap Meluncur Tahun 2021

TOKYO, Carvaganza.com – Toyota hampir bisa dipastikan akan segera melahirkan generasi penerus dari sportscar Toyota 86, secepatnya pada tahun depan. kabar ini muncul menyusul bocoran dari sebuah rapat dealer yang berlangsung di Amerika Serikat, lengkap dengan tahun peluncurannya.

Dalam sebuah unggahan milik akun Allcarnews, nama 86 muncul sebagai salah saatu model yang direncanakan dalam presentasi dealer. Disebutkan, 86 terbaru akan hadir pada tahun 2021, satu dekade setelah meluncurnya generasi terkini mobil sport itu.

Nama 86 muncul di antara sejumlah calon model baru yang akan diluncurkan, untuk pasar Amerika Serikat setidaknya. Model lain yang tertera dalam presentasi tersebut yaitu Sienna, Tundra, Sequoia 4Runner, serta masing-masing model baru crossover dan CUV (compact utility vehicle) yang tidak dirahasiakan namanya.

Belakangan sempat beredar pula rumor bahwa 86 terbaru akan menyusul GR Supra dan GR Yaris, sebagai model baru yang dikembangkan oleh divisi Toyota Gazoo Racing (GR). Bahkan nama yang akan dipakai untuk generasi baru ini disebut sebagai GR86.

https://www.instagram.com/p/B-FiL0RhJ0K/?utm_source=ig_web_copy_link

 

Bersama Subaru

Sejauh ini tidak disebutkan apakah 86 terbaru kembali akan dikembangkan bersama Subaru, untuk menjadi produk ‘kembaran’ dari BRZ. Namun kemungkinan besar proyek serupa akan berlanjut, mengingat Subaru saat ini juga sudah termasuk dalam aliansi Toyota, melalui kepemilikan sebagian sahamnya.

Sebelumnya Autocar pernah mengungkap bahwa Toyota akan memasangkan mesin baru untuk 86, yaitu empat silinder segaris, berkapasitas 2.4 liter. Mesin tersebut seperti yang dipakai oleh Subaru Ascent di pasar Amerika.

Dengan bocoran ini, akhirnya masa depan 86 / BRZ menjadi jelas, setelah cukup lama diisukan tidak akan diteruskan masa produksinya. Presiden Toyota sendiri, Akio Toyoda termasuk menjadi sosok yang mendorong agar 86 terus berlanjut. Dirinya ingin Toyota tetap menawarkan produk mobil yang memberi kesenangan kepada konsumennya.

Sportscar

Toyoda bersikeras untuk mempertahankan model sportscar pada line up Toyota, demi meningkatkan image perusahaan, seperti melalui Gazoo Racing. Di era modern ini, 86 bahkan menjadi titik awal Toyota kembali menawarkan model sportscar, saat meluncur tahun 2011 lalu.

Tentunya, pada generasi baru nanti, akan ada rangkaian ubahan besar pada 86. Salah satunya adalah dengan menerapkan platform baru TNGA (Toyota New Global Architecture), yang memungkinkan penggerak roda belakang.

Untuk proyek 86 / BRZ ini, Toyota akan mendapat peran dalam pengembangan chassis terbaru. Sedangkan Subaru akan menangani pengembangan mesin 2.4 liter yang dilengkapi turbo, untuk menggantikan boxer 2.0 liter NA.

86 terbaru akan menjadi andalan Toyota untuk masuk ke segmen sportscar yang diisi oleh BMW Z4 dan Audi TT contohnya. Di line up Toyota sendiri, 86 akan melengkapi model sportscar selain GR Supra, GR Yaris, serta GR Super Sports sebagai calon supercar untuk basis mobil balap Le Mans.

Sumber: Autocar

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Generasi Baru Mazda2 akan Pinjam Basis Yaris Hybrid

HIROSHIMA, Carvaganza.com – Bila ingat beberapa tahun lalu, Mazda dan Toyota menjalin kemitraan yang salah satunya diwujudkan lewat rebranding Mazda2. Saat itu, Mazda2 digunakan...

Kisah Nyata Dibalik Mercedes-Benz 600 Pullman John Lennon

JAKARTA, carvaganza.com – Tak ada nama yang lebih tenar selain dari John Lennon dalam hal perdamaian dunia. Bebeda dari John F. Kennedy atau tokoh...

Nissan Terra Dapat Facelift, Adopsi Nama SUV Klasik

YOKOHAMA, Carvaganza.com – Setelah cukup lama beredar, Nissan Terra akhirnya resmi mengalami penyegaran alias facelift tahun ini. Untuk versi improvement ini, Nissan mengadopsi nama...

MODIFIKASI: Mitsubishi Bravo, Yang Masih Sedarah Dengan Suzuki Every Dan Wuling

NEW YORK, carvaganza -  Ada yang pernah dengar Mitsubish Bravo? Mungkin tak pernah karena nama itu tak familiar dan memang nama mobil tersebut tak...

Tertarik Balapan Lain, Audi akan Tinggalkan Formula E

INGOLSTADT, Carvaganza.com – Audi memberikan kejutan di akhir tahun 2020 ini, dengan mengumumkan akan menyudahi partisipasinya di Formula E. Strategi baru Audi di motorsport...