Subaru BRZ Sebar Teaser Pamungkas Jelang Debut Bulan Ini

TOKYO, Carvaganza.com – Satu lagi mobil baru yang kehadriannya cukup banyak dinantikan bulan ini, yaitu Subaru BRZ. Untuk generasi kedua yang belakangan sedang dikembangkan dan disebar teaser, dijadwalkan meluncur bulan ini. Subaru telah merilis tanggal, yaitu peluncuran perdana All-New BRZ untuk tanggal 19 November 2020.

Seperti sebelumnya, BRZ akan tetap menjadi produk kembar bersama Toyota 86, sebagai sportscar kompak dengan banderol tidak terlalu mahal. Bersamaan dengan pengumuman tanggal peluncuran, Subaru juga merilis lagi teaser lanjutannya. Kali ini, sedikit memamerkan bagian wajah BRZ baru, yang tidak ditutupi kamuflase.

Meski hanya sebagian atau sepotong, terlihat jelas desain lampu utama BRZ versi terbaru. Subaru menyematkan LED projector sebagai penerangan utama, dilengkapi LED DRL pada bagian bawhanya. Rumah lampu dengan bentuk membulat di sisi luar dan agak tajam di sisi dalam, membuat mata BRZ baru sepintas mirip dengan Porsche Panamera.

Dari teaser juga sedikit terlihat bahwa bagian bahu atau sisi samping bonnet dibentuk melengkung, menciptakan kesan berotot. Desain ini juga memberi nuansa lebih sporty, dengan membuat tampilan body memiliki stance lebar. Di bagian bawah atau depan lampu utama, terlihat lekuk tegas dan lebar untuk intake atau saluran udara di samping.

Hanya itu yang bisa terbaca soal desain baru BRZ dari foto teaser. Tetapi jika lihat beberapa teaser dan spyshot sebelumnya, sebenarnya sudah memperlihatkan gambaran besar desain BRZ. Mulai dari grille depan besar memanjang yang disertai kisi-kisi honeycomb. Intake samping menghiasi masing-masing ujung spoiler depan, dengan bentuk mengotak, seperti huruf L terbalik.

Siluet desain sampingnya masih kurang lebih sama seperti generasi pertama, sebuah coupe dengan atap yang landai di belakang dan bonnet panjang, membentuk body streamline. Bagian buritan menunjukkan kesan lebih elegan, lewat pintu bagasi yang langsung terintegrasi dengan spoiler ala ducktail. Dua buah ujung knalpot menghiasi bumper belakang, yang desain tampak tidak biasa saja. Sementara lampu belakangnya tampak berdesain ala kepak sayap, yang sepintas mirip dengan milik Aston Martin.

Sejauh ini yang belum diketahui adalah spesifikasi di dalam kap mesin BRZ. Meski beredar beberapa predikis, namun tidak ada yang dikonfirmasi oleh pihak Subaru. Setidaknya ada dua opsi mesin yang diperkirakan hadir pada BRZ 2021. Pertama adalah empat silinder 2,4 liter yang menghasilkan kombinasi 217 hp dan 240 Nm. Sementara opsi kedua disebut mempertahankan versi 2,0 liter yang dikembangkan, untuk menghasilkan 205 hp dan 212 Nm.

Begitu juga soal opsi transmisi manual dan transmisi, yang belum terungkap, meski kemungkinan besar masih sama. Untuk manual, aman untuk dikatakan bahwa masih tetap memiliki enam tingkat percepatan. Sementara untuk otomatis, ada kemungkinan kalau Subaru akan menerapkan sistem yang lebih modern.

Semuanya akan terjawab dengan lengkap saat Subaru menggelar peluncurannya dalam waktu dua pekan ke depan. BRZ dan 86 populer di kalangan tuner dan penyuka sportscar, karena karakter handling yang bisa diandalkan untuk dipacu. Ini akan menjadi regenerasi pertama BRZ sejak diluncurkan pertama kali pada 2011 lalu.

Sumber: Carscoops

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda