Mobil Toyota Avanza 2021

Dijuluki sebagai mobil sejuta umat, Toyota Avanza bak bayi ajaib yang langsung sukses merajai industri otomotif nasional paska diluncurkan perdana pada 2003. Betul karena satu dan lain hal, sekarang mobil yang diproduksi oleh Daihatsu ini sudah tak lagi menjadi yang terlaris.

 

Meski begitu, Avanza sebagai MPV 7-penumpang yang handal dan dapat diandalkan untuk beragam situasi ini tak kunjung redup pamornya. Kehadiran generasi ketiganya masih ditunggu-tunggu saat ini. Pasalnya kompetitor di kelasnya sudah semakin ramai dan datang dengan amunisi yang lebih baik pula.

Baca Selengkapnya Tutup
  • Tampak Depan Bawah Toyota Avanza
  • Tampak samping Avanza
  • Tampak belakang serong Avanza
  • Tampak Depan Toyota Avanza
  • Tampak belakang Avanza
  • Toyota Avanza Drivers Side Mirror Front Angle
  • Pelek Avanza
  • Antena atap Avanza
  • Tampak belakang Avanza
  • Tampak kanan Toyota Avanza
Rp 189,8 - Rp 216,5 Juta DP Rp 47,45 Juta EMI : Rp 4,33 Juta x 36
Fuel Petrol Engine 1329 cc Tempat Duduk 7 Kursi Transmission Manual

Harga Toyota Avanza

Harga Toyota Avanza bukanlah yang termahal bila dibandingkan dengan kompetitornya.

  • All
  • Petrol
  • 1.3E MT
    Rp 200,2 Juta
    7 Kursi 1329cc Bensin
  • 1.3E AT
    Rp 211,4 Juta
    7 Kursi 1329cc Bensin
  • 1.3G MT
    Rp 218,05 Juta
    7 Kursi 1329cc Bensin
  • Value For Money 1.3G AT
    Rp 228,75 Juta
    7 Kursi 1329cc Bensin
  • 1.5G MT
    Rp 230,35 Juta
    7 Kursi 1496cc Bensin
  • 1.3E MT
    Rp 200,2 Juta
    7 Kursi 1329cc Bensin
  • 1.3E AT
    Rp 211,4 Juta
    7 Kursi 1329cc Bensin
  • 1.3G MT
    Rp 218,05 Juta
    7 Kursi 1329cc Bensin
  • Value For Money 1.3G AT
    Rp 228,75 Juta
    7 Kursi 1329cc Bensin
  • 1.5G MT
    Rp 230,35 Juta
    7 Kursi 1496cc Bensin

Toyota Avanza Varian dengan value for money terbaik

Varian dengan nilai value for money terbaik untuk Toyota Avanza adalah 1.3 G A/T. Alasannya singkatnya, karena sudah memakai transmisi otomatis tetapi mesin berkapasitas kecil masih memadai dan harganya masuk akal.

 

Kalau Toyota Veloz GR Limited kita kesampingkan sejenak, Avanza sebetulnya hanya dijual dalam dua varian,  E dan G. Keduanya menyediakan dua pilihan transmisi, manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Tetapi Avanza E hanya menawarkan satu pilihan mesin, 1,3 liter. Sedangkan Avanza G punya opsi mesin 1,5 liter. Namun Avanza 1.5 G hanya bisa dipilih dengan menggunakan transmisi manual saja. Kalau Anda ingin memiliki Avanza bermesin 1,5 liter yang bertransmisi otomatis, silahkan beli Veloz GR Limited seharga Rp 243,8 juta.

 

Sementara Avanza 1.3 G A/T hanya dijual Rp 200,2 juta saja. Jauh kan bedanya! Memang kalau mau dibandingkan, Avanza Veloz GR Limited bedanya banyak. Terutama pada bagian bodi eksterior. Avanza Veloz banyak memakai aksesoris bodi kit sedangkan Avanza G tidak.

 

Meski begitu, Avanza 1.3 G A/T sudah tampil modern dengan velg alloy 8-spoke bukan velg kaleng dengan penutup dop dari plastik seperti yang dipakai tipe terendahnya. Sensor parkir pun sudah tersedia pada varian G. Memang, di bagian dalam head unit audio masih 2-DIN biasa belum layar sentuh. Tetapi cukup memadai untuk menyetel musik dari CD maupun smartphone dan USB.  

Baca Selengkapnya Tutup

Harga Toyota Avanza di Indonesia

Temukan harga Toyota Avanza di kota Anda!

  • Surabaya Rp 189,8 - Rp 216,5 Juta
  • Bandung Rp 189,8 - Rp 216,5 Juta
  • Medan Rp 189,8 - Rp 216,5 Juta
  • Bekasi Rp 189,8 - Rp 216,5 Juta
  • Denpasar Rp 189,8 - Rp 216,5 Juta
  • Jakarta Barat Rp 189,8 - Rp 216,5 Juta
  • Jakarta Timur Rp 189,8 - Rp 216,5 Juta

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza

Dapatkan wawasan yang lebih baik tentang Toyota Avanza, Baca pendapat ahli kami dan bantu untuk membeli atau tidak

Skor Penilaian Carvaganza untuk Toyota Avanza

3/5

Overall rating

Dinilai oleh Rizki Satria Carvaganza

  • Toyota Avanza - Value For Money

    4.5 Bintang

    Menilik dirinya sebagai salah satu mobil terlaris di Indonesia, Toyota harus diacungi jempol lantaran masih menjual mobil ini dengan harga yang relatif lebih murah dibanding kompetitor di kelasnya. Hebatnya, meski bukan dengan fitur yang terlengkap, Avanza tetap dipandang sebagai kontestan low MPV dengan nilai kelayakan untuk dimiliki yang paling tinggi dibanding kompetitor. 

     

    Selain harganya yang relatif lebih rendah, Avanza punya keunggulan yang tak dimiliki rival. Sistem penggerak roda belakang (Rear-Wheel Drive) menjadi keunggulan yang hakiki. Jutaan konsumen Avanza di seluruh Indonesia sudah mengamini, performa dan ketangguhan mobil ini untuk dipakai di beragam medan.

     

    Mesinnya yang irit turut menunjang. Belum lagi kelapangan kabin dan kemampuan angkut 7-penumpang dengan cukup nyaman. Memang, Toyota Avanza tidak sempurna. Minimnya fitur seperti Start-Stop Button dan Smart key bisa jadi salah satu alasan konsumen urung untuk memilikinya.

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Eksterior Avanza

    3.5 Bintang

    Bagusnya, semua varian Avanza memakai lampu utama LED. Desain mata ganda ini menyambung dengan grille chrome. Guratan yang dibuat di bagian depan kelihatan sangat tajam. Sehingga sisi terbaik dari mobil ini ada di bagian depannya. Bumper depan memiliki aksen lubang angin, walaupun sebenarnya tidak begitu berguna. Foglamp di ujung kisi angin pada bumper, cukup memberikan impresi lebih baik ketimbang generasi sebelumnya.

     

    Melihat ke samping, tidak ada perubahan yang kentara. Hanya ada di bagian side skirt dan fender yang sedikit berbeda. Tetapi tidak memberikan banyak pengaruh pada desain. Velg yang digunakan juga biasa saja. Tetapi bila diperhatikan, di bagian atap belakang semua Avanza memiliki antena sirip hiu (shark fin antenna) seperti di mobil mewah.

     

    Bagian belakang, ada sedikit ubahan pada versi baru ini. Penggunaan mika clear di lampu sein dan lampu mundur belakang, menjadi penyegar. Dimulai dari tipe G, lampu rem berbentuk L di sisi kiri dan kanan dihubungkan oleh garnish.

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Interior Toyota Avanza

    3.5 Bintang

    Interior Toyota Avanza mendapat penyegaran pada versi terbarunya. Paling mengagetkan, tombol AC yang dioperasikan secara digital seperti yang ada pada mobil kelas atas. Terdapat juga layar sentuh LCD, yang sekaligus menjadi head unit. Layar yang terpasang mirip yang digunakan varian Toyota lainnya, seperti Yaris dan Rush dan sudah dapat terhubung dengan smartphone secara mirroring. Tidak lupa, ada colokan charger smartphone yang tersebar hingga kursi duduk baris ketiga.

     

    Posisi lingkar kemudi dapat di naik-turunkan (tilt) sesuai kemauan pengemudinya. Sayang belum ada fitur teleskopik, yang sangat berguna dalam menyesuaikan posisi mengemudi. Di varian G, sudah ada tombol kontrol audio di lingkar kemudi. Sangat membantu dan menambah kepraktisan. Tema warna interior tidak monoton, perpaduan gelap dan beige. Meskipun berbahan fabric, tetapi jok Avanza masih cukup baik dan nyaman.

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Mesin, Performa & Konsumsi BBM Avanza

    3.5 Bintang

    Untuk urusan mesin, Avanza masih memakai mesin yang sama dari versi lamanya. Mengandalkan mesin 4-silinder dual VVT-I 1,3 liter dan 1,5 liter. Tenaga yang dihasilkan pun masih sama. Tenaga sebesar 96,5 PS dan torsi 120 Nm untuk mesin 1,3 liter. Tenaga 104 PS dan torsi sebesar 136 Nm untuk mesin 1,3 liter.

     

    Pilihan transmisinya sederhana, manual 5-speed dan otomatis konvensional 4-speed. Lantaran bukan transmisi otomatis CVT, maka penyaluran dayanya pun terasa lebih instan meski perpindahan giginya cukup terasa jedanya. Kenyamanan memang bukan utama, tetapi transmisi ini yang dibutuhkan untuk menyalurkan performa mesin ke roda belakang. Ya, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia masih kukuh memanfaatkan sistem penggerak roda belakang ketika kompetitor lainnya sudah beralih ke penggerak roda depan.

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Pengendaraan dan Pengendalian Toyota Avanza

    3.5 Bintang

    Toyota Avanza mendapat facelift atau penyegaran pada 2019. Ubahan tak hanya dilakukan pada sektor desain eksterior dan interior saja, tetapi juga pada sistem peredaman suspensinya. Benar, memang Toyota Avanza versi ini memiliki stabilitas berkendara yang jauh lebih baik dibanding sebelumnya. Ini lantaran suspensi belakangnya sekarang tak lagi ‘mantu-mantul’ yang terlalu keras seperti sebelumnya.

     

    Pergerakan kemudinya pun cukup baik. Bobotnya pas di tangan memudahkan pengemudi bermanuver di lahan parkir. Meski begitu, tingkat kenyamanan tak mengalami peningkatan signifikan. Dibanding kompetitornya, kenyamanan barkendara Toyota Avanza memang masih harus lebih ditingkatkan. Wajar, mengingat mobil ini masih menganut struktur rangka persilangan antara ladder-frame dengan monokok.

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Fitur keselamatan Avanza

    3.5 Bintang

    Untuk sektor keselamatan, Avanza tidak tebang pilih varian. Semuanya dilengkapi rem ABS, dual SRS Airbag, ISOFIX, side impact beam, serta peringatan seatbelt penumpang depan. Sayangnya, hanya itu saja fitur keselamatan yang dimilikinya. Tak ada Traction Control (TC) ataupun Electronic Stability Control (ESC).

  • Daya Tahan Toyota Avanza

    4 Bintang

    Urusan daya tahan, siapa yang mau menyangsikan kualitas Toyota Avanza. MPV sejuta umat ini dikenal tahan banting dan dapat diandalkan dipakai untuk beragam situasi. Tidak banyak kendala berarti yang ditemukan konsumen Toyota Avanza selama memilikinya. Tentu saja, kondisi mobil Anda ditentukan oleh seberapa apik Anda merawatnya.

  • Layanan Purna Jual Avanza

    4.5 Bintang

    Berpuluh tahun sudah Toyota ada di Indonesia. Selama itu pula Toyota dikenal sebagai salah satu produsen mobil dengan layanan purna jual terbaik di Indonesia. Bahkan tak sedikit konsumen setia yang tak rela mengganti Toyota miliknya dengan mobil dari brand lain atas alasan ini.

     

    Kesetiaan itu diwariskan turun-temurun ke anak cucu yang juga sudah merasakan sendiri betapa mudahnya merawat mobil-mobil Toyota. Layanan purna jual yang baik serta ketersediaan suku cadang yang memadai. Populasi kendaraan Toyota yang tinggi juga membuat banyak produsen suku cadang aftermarket menawarkan alternatif yang sepadan baik secara harga maupun kualitas. Sehingga jarang konsumen Toyota kesulitan menemukan suku cadang untuk kendaraannya.

    Baca Selengkapnya Tutup

Pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Toyota Avanza

Berapa ground clearance Toyota Avanza?

Toyota Avanza memiliki jarak terendah (ground clearance) setinggi 200 mm.

Berapa ukuran ban Toyota Avanza?

Ukuran ban depan dan belakang Toyota Avanza adalah 185/70 R14.

Toyota Avanza memakai rem belakang apa?

Rem belakang Toyota Avanza masih menggunakan rem belakang model drum atau tromol.

Berapa kapasitas tangki bensin Toyota Avanza?

Toyota Avanza memiliki kapasitas tangki (fuel capacity) sebanyak 45 liter.

Mobil Toyota

Alternatif Toyota Avanza

Updates - Toyota Avanza

Artikel Lainnya

New Cars - Toyota Avanza

Artikel Lainnya

Features - Toyota Avanza

Artikel Lainnya

Community - Toyota Avanza

Artikel Lainnya