Beranda Updates Daimler Semakin Seriusi Bisnis Bus & Truk Mercedes di Indonesia

Daimler Semakin Seriusi Bisnis Bus & Truk Mercedes di Indonesia

BOGOR, Carvaganza.com – Daimler Group Indonesia menegaskan eksistensinya sebagai pabrikan kendaraan niaga di Indonesia, yang semakin serius digeluti. Keseriusan tersebut ditunjukkan dengan meresmikan PT Daimler Commercial Vehicle Manufacturing Indonesia (DCVMI) sebagai entitas bisnis baru kendaraan niaga Mercedes-Benz.

PT DCVMI menyusul dibentuknya PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) pada tahun 2018 lalu, untuk mendirikan sendiri divisi kendaraan niaga Mercedes-Benz di Tanah Air. Terbentuknya DCVMI ini merupakan implementasi dari global PROJECT FUTURE oleh Daimler AG.

Melalui entitas baru ini, DCVMI akan berperan dan bertanggungjawab dalam kegiatan produksi dan perakitan kendaraan niaga Mercedes-Benz. Sementara untuk DCVI mendapat bagian sebagai agen tunggal pemegang merek untuk distribusi dan penjualannya.

Jadi, kini bisnis kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia bisa semakin mandiri, dengan telah memiliki manajemen masing-masing dan terpisah dari divisi kendaraan penumpang. Untuk kendaraan penumpang, ditangani oleh PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

“Kehadiran DCVMI merupakan implementasi dari PROJECT FUTURE oleh Daimler AG di Indonesia. Kami berharap kehadiran DCVMI dapat membuat divisi kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia menjadi lebih focus dan kompetitif sesuai dengan fungsi masing-masing entitas,” ujar Tim Grieger, Persident Director PT DCVMI.

“Perubahan struktural organisasi ini merupakan bagian dari komitmen kami terhadap pasar di Indonesia dengan harapan dapat membawa kesuksesan untuk mobilitas masa depan dengan strategi bisnis berkelanjutan kami di Indonesia.”

Keseriusan komitmen bisnis kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia dimulai saat truk heavy-duty Axor dirakit local dari pabrik di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat, sejak 2017 lalu. Dari situ, beberapa model truk Mercedes-Benz lainnya menyusul juga dirakit oleh anak bangsa di Wanaherang.

Fasilitas pabrik bahkan terus ditingkatkan, yang kini sudah dilengkapi berbagai fasilitas pengetesan seperti brake test, speedometer test, serta shower test. Fasilitas lengkap ini demi memastikan kualitas keselamatan dan keamanan setiap kendaraan yang keluar dari pabrik DCVMI sebelum diterima konsumen.

Daimler pada komitmennya ini sekaligus menjadi bukti dukungan terhadap kebijakan pemerintah Indonesia, dengan menghadirkan kendaraan niaga dalam skema Incomplete Knock Down (IKD). Saat ini, sebanyak 30 persen komponen kendaraan niaga Mercedes-Benz merupakan buatan dalam negeri.

Melalui strategi bisnis terbaru ini, maka kini Daimler memiliki tiga entitas independen di dalam satu atap. Ketiga entitas itu adalah Mercedes-Benz AG untuk kendaraan penumpang dan vans, lalu Daimler Truck AG untuk kendaraan bus dan truk, serta Daimler Mobility AG untuk layanan mobilitas dan keuangan.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Beli Toyota Corolla Cross di Auto2000, Cicilan Mulai Rp 7,5 Juta

JAKARTA, Carvaganza – Toyota berserta jaringan dealernya langsung bergerak menyusul kehadiran Corolla Cross. Auto2000 sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia juga sudah menyediakan model...

GroominX Concierge, Program Test Drive BMW X6 Bikin Tambah Ganteng

JAKARTA, Carvaganza.com – Situasi pandemi yang tidak kunjung usai akibat COVID-19 mendorong BMW Indonesia untuk terus kreatif dalam memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Bahkan...

Meriahkan HUT RI, Suzuki Gelar Promo Banjir Hadiah

JAKARTA, Carvaganza -- Untuk merayakan ulang tahun Republik Indonesia ke-75 sekaligus memperingati 50 tahun kiprah Suzuki di Tanah Air, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)...

Mercedes Pertahankan Valtteri Bottas Sampai Akhir F1 2021

BRACKLEY, Carvaganza.com – Masa depan Valtteri Bottas untuk tahun 2021 akhirnya jelas. Tim Mercedes-AMG Petronas resmi memperpanjang kontrak pembalapnya itu untuk Formula 1 musim...

Strategi Bisnis, Indomobil Akuisisi Saham Nissan Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Sebuah keputusan strategi bisnis telah resmi diumumkan oleh Nissan Indonesia, yang kini mayoritas sahamnya dimiliki oleh Indomobil Group. Diumumkan pada hari...