Catalytic Converter Toyota Prius Jadi Favorit Sindikat Maling Di California

CALIFORNIA, Carvaganza – Ternyata catalytic converter itu barang berharga loh. Terbuat dari logam berharga seperti halnya platina. Dan barang yang terpasang di knalpot mobil ini ternyata suka dicuri orang. Gara-gara itu, pencurian komponen catalytic converter sedang marak di Amerika Serikat, apalagi di masa pandemi COVID-19 dan bikin pusing kepolisian.

Kepolisian Santa Clarita Valley Sheriff di California, Amerika Serikat, Rabu lalu berhasil membongkar sindikat pencurian komponen catalytic converter. Kepolisian juga menyita puluhan barang bukti yang nilainya sampai ribuan dollar.

Barang bukti itu disita dari empat lokasi yang berbeda dengan jumlah sitaan 250 unit catalytic converter, uang tunai senilai US$ 100.000 (sekitar 1,4 milyar) dan satu pucuk senjata api ilegal. Polisi juga meringkus 19 orang tersangka dalam kasus kejahatan ini.

Catalytic conveter sitaan

Menurut pihak kepolisian, total catalytic converter yang dicuri ini bernilai sekitar US$ 750.000 (kisaran Rp 10,5 milyar). Yang menariknya dari pencurian ini, ternyata catalytic converter yang paling banyak dicuri adalah milik Toyota Prius. Di pasar gelap, harganya paling mahal dibandingkan mobil-mobil lain. Harga satuan catalytic converter itu bisa mencapai US$ 3.000 (sekitar Rp 42 juta). Kalau dicuri, biaya perbaikan komponen tersebut mencapai US$ 1.600 – US$ 2.750 untuk Prius, sudah termasuk jasanya.

Kenapa catalytic converter Prius jadi favorit maling? Karena terdiri dari material logam berharga. Selain itu bentuknya kompak dan gampang dicopot. Cukup dengan gergaji besi dan dongkrak. Jadi maling tak perlu susah-susah. Cukup dongkrak mobilnya, lalu catalyticnya digergaji, copot dan langsung bawa kabur. Gampang kan. Pagi-pagi, pas mobil mau dibawa ke kantor, suaranya jadi nyaring berisik karena mufflernya tak konek lagi ke sistem pembuangan.

pelindung catalytic converter dari pencurian
Pelindun catalytic converter

Selain Prius, mobil lain yang jadi favorit maling komponen ini adalah jenis SUV dan pikap karena untuk mencurinya tak perlu lagi dongkrak. Ground clearancenya sudah tinggi, jadi tinggal gergaji, langsung copot, terus bawa kabur.

Untuk mencegah pencurian ini, polisi di Amerika Serikat sudah menganjurkan para pemilik kendaraan agar lebih berhati-hati, menambah kewaspadaan dan meningkatkan pengamanan. Misalnya, parkir di areal yang terpasang kamera pengaman CCTV atau mengukir nomor polisi mobil di catalytic converter sehingga kalau dicuri dan ditemukan, bisa gampang diidentifikasi.

Prius catalytic converter
Catalytic converter Prius yang dicuri

Bisa juga dengan cara mengelas dan membautkan catalytic converter ke sistem exhaust sehingga tidak mudah dicuri. Bisa juga dengan membeli alat khusus yang melindungi catalytic agar tidak bisa digergaji. Alat pelindung ini dapat dibeli di mana saja dan sudah banyak model, merek dan tipenya.

Pemda California memang menerapkan aturan gas buang karbon yang sangat ketat bagi kendaraan bermotor. Dengan tujuan agar kota senantiasa ramah lingkungan dan nyaman ditinggali oleh penghuninya. Selain itu, suara knalpot juga diatur tingkat kebisingannya dan para pelanggar bisa dikenai denda berat kalau melanggar aturan. (EKA ZULKARNAIN)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda