Beranda EDITOR'S PICKS BMW 5 Series 2017, The Business Cruiser

BMW 5 Series 2017, The Business Cruiser

Regenerasi BMW 5-Series bak sebuah jet darat mewah yang lengkap dengan fitur canggih di dalamnya.

Bayangkan lineup sedan BMW sebagai kakak-adik. Seri 7 merupakan kakak paling tua dengan tubuh lebih besar dan lebih kalem. Sedangkan Seri 3 lebih tepat sebagai si bontot dengan ukuran badan yang lebih mungil. Seperti stereotipe anak paling kecil, ia tak bisa diam, gesit dan overconfidence. As you might guess, BMW Seri 5 berada di antara keduanya. Sebagai anak tertua, Seri 7 selalu lebih dulu mendapatkan berbagai teknologi canggih terbaru. Sementara itu, kedua adiknya harus menunggu sampai sang kakak sudah bosan dan melungsurkan fitur-fitur tersebut.

Tapi bukan berarti semua barang yang dimiliki para adik merupakan hasil pemberian sang kakak. BMW 5 Series 2017 mendapatkan mesin hybrid plug-in dengan turbocharged untuk pertama kalinya, 530e. Mesin dengan teknologi electric drive ini dipadukan mesin bensin empat silinder berkapasitas 2.0 liter yang mampu mengeluarkan torsi 420 Nm dan tenaga 248 bhp. Untuk mencapai 0-96 km/jam, dibutuhkan 6,2 detik. Jika dibandingkan dengan pilihan mesin lain, 530e memiliki kapasitas tenaga paling kecil. Tak heran, pasalnya ia dibantu oleh electric drive.

Ya, BMW menawarkan beberapa pilihan mesin untuk 5 Series generasi ketujuh ini. Tak tanggung-tanggung, jumlah total ada tujuh tipe termasuk mesin hybrid. As you would expect, semuanya menggunakan turbocharged dengan tenaga dan torsi berlimpah. Bagi Anda penggemar mesin besar, jangan khawatir. Si anak tengah ini juga tersedia dengan mesin turbo 6 silinder bensin (540i) dan diesel (530d). Keduanya sama-sama berkapasitas 3.0 liter. Bedanya, 540i bertenaga 335 bhp dengan torsi 450 Nm. Sedangkan 530d – seperti karakter mesin diesel pada umumnya – memiliki tenaga lebih kecil 73 bhp (262 bhp) ketimbang saudaranya dan torsi jauh lebih besar dengan total 619 Nm.

Tapi mesin paling gila adalah M550i xDrive. Dengan konfigurasi V8, mesin bensin berturbo ganda ini memiliki kapasitas 4.4 liter. Tenaganya pun buas, sebesar 456 bhp dengan torsi yang tak kalah mencengangkan, 649 Nm. Untuk mencapai 96 km/jam dari posisi diam hanya dibutuhkan 4 detik saja! BMW masih mempertahankan dua mesin 5 Series generasi sebelumnya, yaitu diesel 520d dan bensin 528i yang kini bernama 530i. Keduanya menggunakan 4 silinder dengan kapasitas 2.0 liter, sama seperti mesin diesel 520d ED.

Hal yang menarik juga patut diperhatikan adalah dimensinya yang kini semakin melar, generasi terbaru ini kini memiliki panjang hampir lima meter dengan wheelbase yang mencapai 2.975 mm atau bertambah sekitar tujuh milimeter dari model sebelumnya. Jika dibandingkan dengan BMW Seri 7 yang memiliki panjang 5,2 meter tentu saja akan terlihat mirip. Tapi mari kita cermati bagian fascia depan yang makin menarik dengan desain headlight menggunakan Adaptive LED light. Bahkan terdapat opsi untuk membuatnya lebih maksimal hingga pencahayannya dapat mencapai 500 meter ke depan saat malam hari. Selain itu terdapat lampu berbentuk heksagonal yang merupakan daytime running light mengapit kidney grille khas BMW.

BMW Seri-5 ini memiliki rekayasa desain yang menarik, selain dibuat atletis dengan guratan-guratannya. Proporsi bodi yang pas membuat penumpang belakang merasa kendaraan ini sangat lega dan nyaman dan short overhang di depan membuat pengendara merasakan sensasi mengendarai sedan sport. Seringkali dua elemen tersebut (sport dan nyaman) menjadi nilai jual mobil BMW manapun, bahkan hingga ke SUV-nya. Buritannya dibuat seksi dengan desain yang melandai ditambah lagi dengan L shape pada lampu belakangnya. Bahkan saya sangat suka dengan knalpotnya yang berbentuk trapezoidal. Tergantung dengan pilihan mesin dan paket lainnya, bentuknya pun cukup bervariasi mulai dari bulat, persegi panjang hingga empat knalpot. BMW punya gaya sendiri dalam menghadirkan kendaraan yang memiliki dua unsur sporty dan elegan. Ciri khas tersebut melabur hingga ke seluruh sektor mulai dari mesin, eksterior hingga interiornya.

BMW 5-series tidak hanya memiliki ruang interior yang lapang berkat dimensinya yang melar tapi juga didukung dengan detail material yang sangat presisi hingga ke urusan teknologi pada fitur-fitur yang memanjakan semua penghuni kabinnya. Dengan penambahan dimensi pada BMW seri 5 ini tentu saja keuntungan yang di dapatkan adalah ruang yang lega. BMW mengklaim generasi ketujuh ini mampu menampung tiga orang dewasa di jok belakang dengan nyaman. Tidak hanya itu, keuntungan lainnya, penumpang mendapatkan headroom yang luas meskipun desain roofline yang melandai dan juga volume ruang kaki hingga 530 liter. Adrian van Hooydonk, Senior Vice President BMW Group Design menyatakan bahwa dalam mendesain BMW Seri 5, ia ingin mendapatkan hasil yang ideal untuk sebuah sedan bisnis.

Pada model dasarnya, seluruh jok dibungkus dengan material kulit plus jahitan yang dekoratif, bahkan terdapat pilihan untuk material kulitnya seperti Dakota atau Nappa. Di samping itu, BMW menawarkan paket jok sport untuk pengalaman berkendara yang jauh lebih nyaman. Desainnya tetap menjaga pengendara saat mendapatkan gaya lateral atau menikung tajam dengan kecepatan tinggi. Atau jika ingin mendapatkan kenyamanan ekstra, konsumen pun disediakan pilihan jok dengan fitur mesin pijat hingga kursi pemanas dan juga terasa hingga ke lingkar kemudinya. Apalagi pengaturan joknya kini dilengkapi dengan touch-sensitive sensors yang makin memudahkan Anda mendapatkan posisi nyaman saat berkendara.

Selain fitur-fitur pendukung, BMW 5 Series ini pun dibekali dengan peranti yang bisa ditemui pada BMW 7 series. Sistem gesture control yang memungkinkan Anda mengatur fitur audio di layar tengah lewat gerakan tangan juga tersedia pada Seri 5. Di samping itu Anda tetap dapat mengatur fitur-fitur di dalamnya lewat BMW iDrive Controller, misalnya memilih menu, informasi kendaraan, navigasi atau bahkan mode pengendaraan. BMW menyematkan mode pengendaraan terbaru yaitu Adaptive yang tersedia jika Anda mengeluarkan kocek tambahan untuk fitur opsional. Sistem kerjanya, komputer akan membaca gaya berkendara, kondisi jalan dan keadaan di sekitar sehingga dapat menyesuaikan karakter kendaraan saat melaju.

Di samping itu, konetivitas seperti USB dan Bluetooth pun sudah tersedia bahkan Applecar play pun juga resmi disematkan di dalamnya. Warisan BMW 7 Series yang juga ditempatkan di dalam kabin 5 Series ini termasuk dengan display remote yang juga berfungsi sebagai remote control untuk parkir. Saya sudah bisa pastikan saat berada di dalamnya, Anda tidak hanya merasakan sensasi berkendara yang sporty tapi juga didukung fitur ekstra canggih yang menjadikan kendaraan ini sebuah sedan kelas bisnis yang ideal.

Spesifikasi BMW 5 Series 2017

Layout Kendaraan: Sedan, Mesin Depan, 4-pintu, 5-penumpang, RWD
Mesin: 6-silinder 3.0-liter TwinPower Turbo / 335 hp @ / 450 Nm @
Transmisi: A/T 8-kecepatan Steptronic
Wheelbase: 2975 mm
P x L x T: 4935 x 1868 x 1466 mm
Bobot Kosong: 2150 kg
Kapasitas Tangki: 70 liter
Rekomendasi BBM: RON98

ALVANDO NOYA | MIRAH PERTIWI

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Ini Dia, Station Wagon Bertenaga Listrik Pertama Di Dunia

JAKARTA, Caravaganza.com – Station wagon salah satu jenis kendaraan yang sangat populer di Eropa. Tapi sudah lama Volkswagen tak memajang mobil jenis ini di...

Besok, Lexus Luncurkan Mobil Listrik Pertamanya di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Lexus siap menyambut era barunya di Indonesia, untuk akan masuk ke segmen elektrifikasi. Model full electric akan diluncurkan oleh Lexus di...

Wuling Almaz Limited Edition, Ada Fitur Khusus dan Dijual Hanya 100 Unit

JAKARTA, Carvaganza -- Menjelang penutup tahun, Wulig Motors menghadirkan satu produk anyar. Memang bukan model baru, namun edisi terbatas SUV pertamanya, yaitu Almaz Limited...

Meredes-Benz S-Class Terbaru Bisa Cari Parkir Sendiri Dan Jemput Pemiliknya Di Bandara

JAKARTA, Carvaganza.com – Teknologi mobil semakin canggih saja. Sekarang ini banyak produsen mobil yang sedang asyik mengembangkan teknologi otonom. Pengendara tinggal duduk santai di...

Dalam 8 Bulan, Suzuki XL7 Kuasai 12 Persen Segmen Medium SUV

JAKARTA, Carvaganza -- SUV Suzuki XL7 memang baru diluncurkan Februari 2020 lalu. Namun selama 8 bulan ia terus berkontribusi positif, baik dalam penjualan nasional...