Beranda Updates Berkonsep Ekstrem, Ferrari SF1000 Meluncur dengan Harapan Besar

Berkonsep Ekstrem, Ferrari SF1000 Meluncur dengan Harapan Besar

REGGIO EMILIA, Carvaganza.com – Scuderia Ferrari menjadi tim pertama di 2020 yang meluncurkan mobil F1 barunya, Ferrari SF1000, hari Selasa (11/2/2020) malam. Beberapa hal luar biasa dilakukan oleh Ferrari pada mobil baru ini.

SF1000 diluncurkan bukan di Maranello, markas Ferrari, seperti yang selalu dilakukan, melainkan di Teater Romolo Valli, Reggio Emilia, lewat gelaran besar. Nama SF1000 sendiri akan menandai milestone Ferrari di F1 pada tahun ini, akan mencapai grand prix ke-1.000 kali start.

Duet Sebastian Vettel dan Charles Leclerc masih dipertahankan untuk menjadi andalan Ferrari mengejar gelar juara dunia, yang sudah lama tidak diraih sejak 2008. SF1000 menjadi harapan baru Vettel dan Leclerc, setelah dikecewakan oleh performa SF90 tahun lalu.

Tidak ada perubahan signifikan pada desain livery SF1000, yang masih padukan warna merah matte dengan warna hitam dari sponsor Mission Winnow. Permainan font berbeda dipakai untuk nomor mobil 5 dan 16, yang semakin terlihat menonjol di nose cone dan engine cover.

Rancangan Ekstrem

Bos tim Ferrari, Mattia Binoto mengatakan bahwa mobil ini telah dirancang sampai titik “ekstrem”, demi meningkatkan performa dari tahun lalu. Meski terlihat mirip, Ferrari dikatakan melakukan pengembangan dengan prioritas pada performa aerodinamika.

“(Kami telah) mencoba untuk memaksimalkan tingkat downforce, jadi mobil telah dikemas untuk punya bentuk body yang sangat ramping dan sempit – yang cukup terlihat,” jelas Binoto dalam acara peluncuran.

“Kami telah bekerja dengan semua komponen. Suspensi telah dirancang untuk punya kemampuan adaptasi lebih baik di trek. Kami lakukan banyak hal untuk menurunkan bobot mobil.”

Dari unit yang ditampilkan di Romolo Valli semalam, tampak Ferrari mengadopsi sejumlah elemen baru pada sisi  aerodinamika SF1000. Terlihat ada semacam sirip atau tanduk kecil di sekitar roll hoop, yang terakhir kali muncul pada mobil 2008  McLaren dan BMW Sauber.

Tambahan Update

SF1000 juga menampilkan konfigurasi berbeda pada bargeboard yang disertai sayap boomerang, yang tidak ada di mobil tahun lalu. Konstruksi baru pada bagian samping memberikan desain baru untuk sidepod, dengan inlet udara lebih besar.

Mobil yang dipamerkan saat peluncuran diyakini bukan wujud final dari SF1000, karena Ferrari akan membawa sejumlah update dan peningkatan antara tes pra musim sampai seri pembuka.

Dengan SF1000, Ferrari tentunya berharap besar bisa menghentikan dominasi Mercedes di era V6 turbo hybrid sejak 2014. Terlebih, 2020 menjadi tahun transisi sebelum F1 menerapkan ubahan regulasi besar-besaran mulai 2021.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto