Andika Rama dan Riyan Rebut Juara Honda Racing Simulator Championship

JAKARTA, Carvaganza.com – Honda Racing Simulator Championship (HRSC) sudah selesai digelar semusim penuh. Para juara pun diumumkan untuk masing-masing kelas, yaitu Professional dan Amateur. Kedua peserta ini telah berhasil menaklukkan total 60 peserta di gelaran Perdana HRSC.

Andika Rama Maulana berhasil keluar sebagai juara di kelas Profesional, diikuti oleh Riyan Adisaputra sebagai juara di kelas Amateur. Juara telah ditentukan setelah seri terakhir digelar di Sirkuit Estoril, Portugal, pada tanggal 29 Agustus 2020 lalu. Total hadiah Rp 60 juta disediakan PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk para juara lima besar.

Di kelas Professional, Andika Rama tampil cukup dominan  dengan berhasil raih lima kemenangan dari enam seri digelar. Di klasemen akhir, Andika amankan gelar dengan mengoleksi 141 poin. Di posisi kedua ada Jaka Siswoyo yang ikut berikan persaingan kuat kepada Andika, dan mengoleksi 125 poin. Sedangkan posisi ketiga menjadi milik Ferris Stanley denagn raihan 100 poin.



Juara kelas Amateur direbut Riyan Adisaputra yang berhasil mengumupulkan total 111 poin. Tiga kemenangan diraih Riyan sepanjang musim ini. Posisi kedua klasemen akhir diduduki oleh Raditya Hendarmo yang mengumpulkan 96 poin, diikuti oleh Alfan Dani dengan 87 poin. Di kelas ini kemenangan seri juga diraih masing-masing oleh Alwi Shahab, Ilhamulkarim Shaquille, dan Rio Loho.

“Aktivitas balap virtual ini sejalan dengan semangat ‘Everyone Can Race’ yang selalu kami usung, yang bertujuan agar semakin banyak orang dapat menikmati kesenangan dalam balapan,” kata Yusak billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM.

“Dari 6 seri yang berlangsung kemarin juga terlihat bahwa ajang balap virtual ini menyajikan persaingan yang sangat ketat dan memberikan kesempatan bagi para peserta untuk dapat bersaing secara terbuka, serta menjadi alternatif tontonan bagi para pecinta balap di masa pandemi ini.”



Masing-masing pemenang kelas Professional mendapatkan hadiah Rp 20 juta untuk juara 1, Rp 10 juta untuk juara 2, dan rp 8 juta untuk juara 3. Para juara 4 dan 5 juga masing-masing diberikan Rp 6,5 juta dan 5,5 juta. Sementara kelas Amateur, juara 1 diberikan Rp 5 juta, juara 2 Rp 4 juta, juara 3 Rp 3 juta, lalu juara 4 Rp 2 juta dan juara 5 Rp 1 juta.

HRSC digelar sebagai inisiasi PT HPM dalam mengisi kekosongan agenda motorsport Honda Racing Indonesia, yang batal karena pandemi COVID-19 tahun ini. Kejuaraan tahunan one make race Honda Jazz dan Brio di Sentul bahkan harus ditiadakan. Balap virtual dipilih menjadi solusi agar konsumen dapat tetap beraktivitas dengan aman dari rumah masing-masing.

HRSC diselenggarakan untuk pertama kalinya oleh PT HPM bekerjasama dengan HM Engineering. Sebanyak 232 pendaftar telah mengikuti babak kualifikasi dan 60 peserta yang dinyatakan lolos dari babak kualifikasi dan dibagi ke kelas Amateur dan Professional.



WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda