Beranda Updates Alpina Racik BMW Seri 3, Dibanderol Rp 1,2 M

Alpina Racik BMW Seri 3, Dibanderol Rp 1,2 M

MUENCHEN, Carvaganza.com – Alpina punya racikan baru untuk BMW. Tuner asal Buchloe, Jerman ini mengeluarkan satu model yang bisa menjadi jawaban bagi mereka yang menunggu BMW M3 generasi G20. Alpina mengumumkan model berperforma tinggi menggunakan BMW Seri 3.

Menggunakan G20/G21 3 Series, rumah tuner ini menyebutnya sebagai Alpina B3, Inilah Alpina terkuat sepanjang sejarah yang pernah dihasilkan. Diperkuat mesin inline-six biturbo dari BMW M GmbH berkode S58.

Unit S ini sendiri ditemukan kali pertama pada edisi spesial M3 CS dan M4 CS generasi lama. Terakhir mesin ini digunakan untuk mempersenjatai X3M dan X4M. Nantinya, M3 generasi G20 pun bakal dibekali mesin serupa.

Disebutkan jika mesin berkapasitas 2.993cc bensin ini bisa mengekstraksi tenaga 455 hp (462 ps). Kala membandingkan, tampak terpaut dari keluaran daya duo super-crossover yang menorehkan 480 ps. Torsi puncak bisa mencapai 700 Nm, keluar sejak 2.500 rpm hingga 4.500 rpm.

Performa

Girboks otomatis Alpina Switch Tronic 8 percepatan dirancang khusus untuk menyajikan akselerasi kuat saat mobil sudah melaju alias mid-range acceleration. Pendistribusian daya dilancarkan ke empat roda guna memberikan traksi optimal. Oh ya, disebutkan jika mesin ini sudah compliant dengan standar emisi Euro6.

Output daya jelas bukan candaan belaka. Meski transmisi dirancang sedemikian rupa, potensi tentu tetap mumpuni. Akselerasi 0 – 100 km/jam terlaksana dalam tempo 3.8 detik saja. Bila pedal gas terus dibejek habis, 9,6 detik kemudian ia mencapai 200 km/jam dan akhirnya mentok di 303 km/jam. Itu versi sedan. Jika versi estate catatannya adalah kecepatan maksimal 300 km/jam dan spinrt 0-100 km/jam dalam .39 detik. Capaian ini dibarengi dengan klaim konsumsi BBM 9 km/liter. Angka yang jelas harus diterima kala membeli sebuah mobil kencang.

Kapabilitas jantung disokong penyempurnaan sektor kaki-kaki. Suspensi sport Alpina memadukan ulir per dan anti-roll bar kaku. Kemudian tersemat teknologi pengaturan peredaman bantingan variabel dengan tiga pilihan : comfort+, comfort, dan sport. Bisa dilihat niatan Alpina dalam meracik mobil, mengutamakan kenyamanan. Yang ada imbuhan “+” justru opsi comfort, bukan sport.

Fitur

Lain cerita soal respons stir. Pengaturan variabel tersedia comfort, sport, dan sport+. Di titik comfort mengutamakan kestabilan kecepatan tinggi, sementara sport+ menyuguhkan ketajaman menikung.

Di eksterior tampil ala Alpina tanpa bodikit terlalu sibuk. Dalam kabin dilengkapi BMW Connected Package Professional (remote & concierge service, RTTI, berikut konektivitas Apple CarPlay), ambient lighting, serta sistem BMW Driver Assistance. Dalam bagian Live Cockpit Professional, Alpina memberikan ciri khas tersendiri melalui permainan interface. Sementara fitur kelengkapan standar juga terbilang lengkap. Terdapat kidney grille Active Air Stream dengan pengaturan bukaan celah.

Bagaimana dengan harga? Mobil ini dibanderol mulai dari 81.250 Euro, atau sekitar Rp 1,22 milyar untuk model Alpina B3 Saloon. Ada juga versi estate (touring) dengan banderol 83.050 Euro, kisaran Rp 1,25 milyar. Keduanya boleh jadi alternatif sebelum M3 berwajah anyar diluncurkan.

Baca Juga: BMW i8 disuntik mati!
Baca juga: Alpina Hadirkan Racikan BMW Seri-3, Opsi Terdekat Sebelum M3 Meluncur

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto