Beranda Updates ALMS 2020: Hujan Deras di Sepang, T2 Motorsport Nyaris Finish Podium

ALMS 2020: Hujan Deras di Sepang, T2 Motorsport Nyaris Finish Podium

SEPANG, Carvaganza.com – Tim T2 Motorsport kembali harus menerima kenyataan nyaris meraih podium pada seri ke-3 Asian Le Mans Series (ALMS) 2020 di Sepang, Malaysia. Padahal, hujan deras yang mengguyur sirkuit sepanjang balapan bisa memberi keuntungan Rio Haryanto dan David Tjiptobiantoro merebut podium.

Rio dan David yang didukung juga oleh Christian Colombo harus puas kembali finis posisi keempat di Sepang, hasil sama seperti pada seri sebelumnya di Australia. Balapan hari Sabtu (15/2/2020) itu bahkan terpaksa ditunda oleh panitia karena hujan yang terlalu deras.

4 Hours of Sepang yang masuk dalam kalender ALMS 2020 harus menunda start hingga jam 18.39 waktu setempat, atau 1 jam 39 menit dari jadwal seharusnya karena hujan deras. Karena alasan keselamatan panitia harus mangambil langkah ini, karena minimnya visibilitas di sirkuit pada petang hari tersebut.

Untuk memastikan keselamatan seluruh peserta saat balapan, race control memutuskan start dilakukan dengan panduan safety car. Rio, David dan Christian tentunya ingin memaksimalkan posisi start ke-5 mereka untuk meraih podium, membayar kekecewaan dari seri Adelaide, Australia, bulan Januari lalu.

“Kami sangat mengapresiasi keputusan penyelenggara untuk menunda balap kali ini, karena jika dipaksakan pun jarak pandang driver akan sangat terbatas dan semua itu berkaitan erat dengan safety,” kata Irmawan Poedjoadi, team principal T2 Motorsport.

Balapan berdurasi 4 jam ini diawali T2 dengan mengandalkan David pada 1,5 jam pertama, yang kemudian estafet dengan Christian untuk 1,5 jam berikutnya. Sementara Rio dipercayakan untuk ‘sprint’ selama 1 jam terakhir di bawah sinar lampu Sepang.

Dari posisi kelima, David berhasil naik ke posisi keempat, yang kemudian kemudi Ferrari 488 GT3 Evo diserahkannya ke Christian. Pembalap afiliasi Ferrari berkebangsaan Italia itu mengaku menikmati balapan di malam hari, khususnya karena jarang digelar.

Sebelum menyerahkan estafet terakhir ke Rio, posisi T2 sempat turun kembali ke posisi kelima karena disusul oleh tim Spirit of Race. Namun mantan pembalap F1 itu berhasil merebut kembali posisi keempat yang dijaganya sampai finish.

Kelas GT yang diikuti T2 Motorsport di ALMS 2020 ini akhirnya dimenangkan oleh tim JLOC dengan mobil Lamborghini Huracan GT3 Evo. Podium kedua dan ketiga diraih oleh tim HubAuto Corsa dan Spirit of Race yang sama-sama menggunakan 488 GT3.

Seri berikutnya ALMS 2020 akan berlangsung di Thailand, bertempat di Chang International Circuit, Buriram. T2 Motorsport punya sejarah baik di Buriram, dengan finish podium pada Blancpain World GT Challenge Asia 2019 lalu, yang tentunya menjadi bekal bagus.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Grup Astra Berpartisipasi Pada Pelepasan Eskpor Dipimpin Presiden Joko Widodo

JAKARTA, carvaganza -  Grup Astra pada hari ini, Jumat (4/12) ikut berpartisipasi pada acara Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke pasar global yang dipimpin Presiden...

Beli Peugeot Bulan Desember, Dapat Voucher Belanja Plus Cicilan Ringan

JAKARTA, Carvaganza -- Desember identik dengan musim liburan. Pengujung tahun 2020 juga menjadi waktu bagi para agen pemegang merek memberikan panawaran istimewa untuk konsumen,...

Lebih dari 8.000 Peserta Ramaikan Kompetisi Balap Virtual Honda Brio

JAKARTA, Carvaganza -- Mobile game berbasis android bertajuk Brio Virtual Drift Challenge digelar PT Honda Prospect Motor (HPM) pada September 2020 lalu. Untuk menambah...

Shell Terbitkan Buku 10 Tahun Partisipasi Indonesia di Shell Eco-marathon

JAKARTA, Carvaganza -- Shell memberikan sarana bagi anak muda dalam berkreasi dan berinovasi. Salah satunya melalui Shell Eco-marathon (SEM) Asia dan juga Drivers’ World...

Ichan Chaniago Terpilih Jadi Ketua Umum Baru AXIC 2020-2020

JAKARTA, Carvaganza - Komunitas otomotif besar di Indonesia, AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC), memiliki ketua umum baru di ujung tahun ini. Melalui pemilihan ketua umum...