Beranda Updates All New Toyota Camry, Cross to The Other Side

All New Toyota Camry, Cross to The Other Side

TOYOTA CAMRY menoreh reputasi sebagai mobil dinas para pejabat Indonesia sejak Susilo Bambang Yudhoyono menjabat sebagai presiden. Hal ini bisa dibilang merupakan kesuksesan Toyota dalam melobi pemerintah. Mobilnya sendiri cukup “aman” sebagai kendaraan resmi. Sejak diluncurkan pada 1980-an, Camry punya reputasi sebagai sedan yang tidak rewel dan efisien bahan bakar. Desainnya pun “aman”, tak ada garis-garis kontroversial yang memaksa kita untuk memilih antara love it or hate it. Begitu pula dengan pengemudiannya yang halus.

Toyota Camry generasi kedelapan baru saja diluncurkan di Indonesia pada awal Januari, meski sudah diperkenalkan sejak 2017 secara global. Menariknya, Toyota melakukan perubahan yang cukup agresif untuk standar Camry. Sedan mid-size ini menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Hal ini menjadikannya mobil kedua di Indonesia dengan platform tersebut setelah C-HR.

Penggunaan TNGA membuat Camry memiliki center of gravity yang lebih rendah, bobot lebih ringan dan bodinya lebih rigid sehingga handling diharapkan lebih baik. Toyota juga mengklaim platform ini mengedepankan sudut pandang, stabilitas dan kesenyapan kabin.

Pembaruan tak berhenti di sini. Camry kini tak lagi terlihat konservatif. Eksteriornya lebih berani dengan garis-garis tegas dan grille besar. Desain tersebut tak hanya membuat tampilan lebih sporty, tapi juga membantu performa aerodinamika.

Interiornya pun terlihat unik. Jika pada dashboard generasi sebelumnya menerapkan desain T-shape, kini  Camry baru lebih dinamis dengan cockpit dashboard yang beraksen dua garis krom mengalir yang membentuk V bagaikan membingkai layar sentuh AVX 9 inci dan head unit. Dashboard sendiri lebih ramping sehingga meningkatkan visibilitas dan kemudahan bagi pengemudi untuk menjangkau berbagai instrument fitur.

Sebagai sedan mewah yang berkompetisi di pasar Honda Accord, Nissan Teana dan Mazda 6, kabinnya penuh dengan material kulit dan aksen kayu yang menegaskan kelasnya. Selain layar sentuh 9 inci (varian V & G) yang dilengkapi DVD, Radio, USB, AUX, HDMI, Bluetooth, microcast, internet, dan 6 speaker.

Toyota juga membekalinya dengan layar Multi Information Display (MID) 4,2 inci yang menampilkan driving information, eco indicator, vehicle features, security system dan tire pressure. Untuk varian V dan Hybrid juga dilengkapi moon roof.

Meski memiliki tiga varian (Hybird, V & G), Camry hanya memiliki dua pilihan mesin. Varian V & G dilengkapi mesin 2.5 liter dengan tenaga 183 PS (180 hp) pada putaran 6.000 rpm dan torsi 234 Nm di 4.100 rpm. Sedangkan varian Hybrid dipersenjatai mesin konvensional 2.5 liter dengan tenaga 178 PS (175 hp) pada 5.700 rpm dan torsi 220 Nm di 3.600-5.200 rpm, serta motor listrik yang bisa menambah torsi sebesar 202 Nm.

Toyota Camry dibanderol dengan harga Rp 613,35 juta (varian G), Rp 646,65 juta (varian V) dan Rp 806,6 juta (varian Hybrid).

Spesifikasi All New Toyota Camry

Layout Kendaraan: Sedan, 4-pintu, 5 penumpang, mesin-depan
Mesin: I4 2.5 L/180 hp @ 6000 rpm/234 Nm @ 4100 rpm (V&G); I4 2.5 L/175 hp @ 5700 rpm/220 Nm plus 202 Nm (dari motor listrik) @ 3600- 5200 rpm (Hybrid)
Transmisi: A/T 6-kecepatan (V&G); CVT (Hybrid)
P x L x T: 4885 x 1840 x 1445 mm
Wheelbase: 2825 mm
Bobot kosong:
Kapasitas Tangki:
Rekomendasi BBM: RON 95

MIRAH PERTIWI

Video Terbaru Youtube Carvaganza