Beranda EDITOR'S PICKS Alfa Romeo Stelvio, Another Italian Job

Alfa Romeo Stelvio, Another Italian Job

Craftmanship Italia terkenal akan kualitasnya. Dan kini Alfa Romeo memperkenalkan SUV yang terinspirasi dari sport sedan mereka, Giulia.

MENINGKATNYA penjualan SUV/crossover memang terlalu menggoda untuk dilewatkan. Beberapa manufaktur premium ikut memproduksi mobil maskulin ini. Begitu pula dengan Alfa Romeo yang meluncurkan Alfa Romeo Stelvio pada LA Auto Show 2016. Mobil ini bersaing di kelas BMW X3, Audi Q5, Jaguar F-Pace dan Porsche Macan. Tapi berbeda dari sebagian besar kompetitornya, Alfa Romeo melansir versi lain dengan performa yang lebih tinggi, Stelvio Quadrifoglio yang berada di pasar Porsche Macan Turbo.

Desain Alfa Romeo Stelvio terinspirasi dari model sedan mereka, Giulia. Lihat saja bentuk headlight LED yang menyipit, air intake besar yang terpisahkan oleh grille segitiga terbalik khas Alfa Romeo dan side skirt sewarna bodi dengan aksen serat karbon di ujungnya. Bahkan pahatan kap mesinnya pun sama-sama bergelombang di sisinya.

Tapi bukan berarti bagian depan Stelvio mirip sedan. Para desainer pabrikan asal Italia tersebut dengan cerdas menemukan proporsi tepat untuk membuatnya terkesan kokoh. Sementara itu, bagian belakangnya terlihat clean dengan kaca belakang yang landai, rear light LED bersudut tajam dan quad-exhaust (varian Quadrifoglio) di bawahnya.

Tak hanya eksteriornya, interior Stelvio sangat kental akan nuansa Giulia mulai dari penempatan fitur-fitur sampai desain tombol-tombolnya. Sebagai performance car, SUV ini mendapat desain kabin minimalis dan fokus pada pengemudi. Cluster meter menggunakan analog dengan MID berukuran 7 inci di antara tachometer dan speedometer.

Di tengah dashboard terdapat layar sentuh 6,5 inci untuk Stelvio standar, sedangkan varian Quadrifoglio mendapatkan ukuran 8,8 inci. Meski begitu, Stelvio tetaplah berada di segmen premium, maka Alfa Romeo membekali interior dengan material serat karbon, fabric, dan kayu. Joknya menggunakan kulit sebagai standar dengan tambahan Alcantara dan pilihan jok Sparco untuk varian Quadrifoglio.

Invasi Giulia tak berhenti di bodi, tapi juga mesinnya. Untuk varian standar, Stelvio dibekali mesin empat silinder 2.0 L turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga 280 hp dan torsi 415 Nm. Sedangkan Stelvio Quadrifoglio mendapatkan mesin berkapasitas lebih besar yang sama seperti Giulia Quadrifoglio, V6 2.9 L twin turbocharged.

Tenaga dan torsinya menggiurkan, 505 hp dan 600 Nm. Dipadukan dengan transmisi otomatis 8-kecepatan ZF plus sistem AWD Q4 dan teknologi torque vectoring, Stelvio Quadrifoglio diklaim mampu melesat 0-96 km/j dalam 3,9 detik, hanya 0,1 detik lebih lamban dari Giulia Quadrifoglio.

Alfa Romeo belum mengumumkan kapan mereka akan mengirimkan Stelvio ke diler. Tapi melihat Giulia yang dipasarkan tak lama setelah peluncuran, sepertinya Stelvio akan mengikuti jejak saudaranya.

Spesifikasi Alfa Romeo Stelvio

Layout Kendaraan: SUV, mesin depan, 4 pintu, 5 penumpang, AWD Q4
Mesin: I4 2.0 L turbocharged/280 hp/415 Nm (Standar); V6 2.9 L twin turbocharged/505 hp/600 Nm (Quadrifoglio)
Transmisi: A/T 8-kecepatan ZF
Ground clearance: N/A
Wheelbase: N/A
P x L x T: 4680 x 2160 x 1650 mm (estimasi)
Bobot Kosong: N/A

MIRAH PERTIWI

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Last Updates

OLX Gandeng OtoSpector Sediakan Layanan Inspeksi Mobil Bekas

JAKARTA, 22 Januari 2019 – Platfom jual beli otomotif, OLX, bekerja sama dengan OtoSpector menghadirkan layanan inspeksi mobil bekas. Layanan...

Lexus LX 570 SPORT Hadir di Indonesia Harga Rp 3,255 Miliar

JAKARTA, 22 Januari 2019 – Cukup lama tak terdengar, Lexus Indonesia mengawali tahun 2019 dengan menghadirkan High Luxury SUV, yaitu...
video

VIDEO: Merasakan Kenikmatan BMW Seri 6 GT di Indonesia

JAKARTA, 22 Januari 2019 - BMW Indonesia telah menghadirkan BMW Seri 630i GT (Gran Turismo) di Indonesia. Mobil ini merupakan SUV hasil perpaduan...

MINI Cooper S 3-Door Edisi 60 Tahun Hanya Dijual 500 Unit

COWLEY, 22 Januari 2019 – Merek MINI tahun ini akan memasuki usia ke-60 tahun, sejak pertama kali hadir sebagai BMC...

Carlos Ghosn Dipecat, Mobil Kolaborasi Renault-Nissan-Mitsubishi Tetap Dibuat

YOKOHAMA, 22 Januari 2019 – Penyelidikan terkait skandal yang dilakukan oleh Carlos Ghosn masih berlangsung, terkait kasus penggelapan laporan pendapatan....