Beranda EDITOR'S PICKS 10 SUV Paling Menghebohkan di Indonesia Sepanjang 2018

10 SUV Paling Menghebohkan di Indonesia Sepanjang 2018

daihatsu giias 2019

JAKARTA, 1 Januari 2018 – Sport Utility Vehicle (SUV) telah menjadi tren yang terus berkembang di pasar otomotif dunia, termasuk di Indonesia. Paduan performa tangguh ,utilitas dan desain keren membuat SUV semakin diminati, termasuk di Indonesia.

Sepanjang tahun 2018, sejumlah model dan produk SUV telah berhasil mencuri perhatian dan membuat heboh para pecinta otomotif. Mulai dari yang menawarkan performa sejati SUV, lalu desain atraktif, harga miliaran rupiah, sampai yang membuat penasaran masyarakat hadir sepanjang tahun 2018.

Apa saja SUV yang paling menghebohkan di Indonesia sepanjang 2018? Berikut daftarnya menurut Carvaganza.

Toyota Rush / Daihatsu Terios

SUV kembar ini memang telah resmi dibuka selubungnya pada akhir tahun 2017, namun kedua baru resmi dilepas ke pasar pada bulan Januari 2018, saat harganya resmi diumumkan. Toyota Rush dan Daihatsu Terios mengalami ubahan total pada desain eksterior, setelah selama 10 tahun lebih tidak berganti model.

Namun bukan desain atau spesifikasi dan fitur yang membuat Rush/Terios mencuri perhatian tahun ini, melainkan karena banderol harga yang ternyata nyaris tidak mengalami perubahan dair sebelumnya. Bahkan pada salah satu varian Terios, justu mengalami penurunan harga.

Toyota C-HR

Satu lagi produk SUV dari Toyota, yang meluncur di Indonesia pada bulan April 2018. C-HR menjadi produk pertama Toyota di Indonesia yang menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Yang membuat heboh dari C-HR adalah harga jualnya paling tinggi dibandingkan compact SUV lain di kelasnya seperti Honda HR-V, Nissan Juke, Mazda CX-3 dan Chevrolet Trax. Saat peluncuran, Toyota memasang harga Rp 488,5 juta (OTR) untuk C-HR.

DFSK Glory 580

Pabrikan baru yang datang di Indonesia dari China, DFSK hadir dengan produk SUV yang sudah diproduksi langsung di Indonesia. DFSK sampai menggandeng Agnes Monica untuk menjadi brand ambassador Glory 580.

Hadir dengan format SUV 7-seater, Glory 580 menawarkan rangkaian fitur lengkap untuk SUV sekelasnya. DFSK menyediakan opsi mesin 1.8 liter dan 1.6 liter turbo, dengan varian transmisi manual dan CVT.

Wuling SUV

Dihadirkan sebagai konsep saat GIIAS 2018 oleh Wuling Motors, Wuling SUV sebenarnya adalah Baojun 530 yang sudah beredar di China. Wuling SUV dijadwalkan akan meluncur di Indonesia pada semester pertama tahun 2019.

Desain yang cenderung futuristik dan kapasitas penumpang 7 orang membuat banyak orang penasaran saat Wuling SUV dipamerkan. Mendekati akhir tahun 2018, mobil ini semakin santer beredar di dunia maya dalam bentuk spyshot.

Suzuki Jimny

SUV lain yang tidak kalah menghebohkan masyarakat Indonesia saat berlangsungnya GIIAS 2018, yaitu Suzuki Jimny generasi terbaru. Garis desain boxy dan ‘back to basic’ membuat mereka yang pernah memiliki Jimny di era 90-an ingin kembali memilikinya dan bernostalgia.

Sayangnya Suzuki belum berencana untuk merilis Jimny ke pasar Indonesia, yang membuat banyak pihak yang telah berharap harus sedikit kecewa. Jangangkan untuk masuk ke Indonesia, di Jepang saja Suzuki cukup kewalahan menerima pesanan Jimny yang lebih dari ekspektasi.

Nissan All New Terra

Nissan Terra

Nissan Terra akhirnya mengakhiri puasa produk baru Nissan selama beberapa tahun ini di Indonesia, yang hadir menjadi penantang baru bagi Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Basis dari NP300 Navara digunakan Nissan untuk melahirkan Terra.

Di Indonesia sendiri, Terra meluncur saat GIIAS 2018, mengandalkan sejumlah teknologi terkini dari Nissan Intelligent Mobility.

Hyundai Santa Fe

Tidak perlu waktu lama bagi Hyundai membawa Santa Fe terbaru yang debut globalnya berlangsung di Geneva Motor Show 2018, bulan Maret. Hyundai Santa Fe terbaru meluncur di Indonesia saat GIIAS 2018, bulan Agustus.

Santa Fe hadir dengan menampilkan bahasa desain baru dari Hyundai, yang semakin menegaskan kualitas premium pabrikan Korea Selatan ini. Varian mesin bensin 2.4 liter MPi D-CVVT dan diesel 2.2 liter CRDi EVGTurbo hadir untuk Santa Fe.

MINI Cooper Countryman

Memang MINI Indonesia sudah meluncurkan generasi terbaru dari Countryman ini pada tahun 2017, tapi yang menjadi cerita di tahun 2018 adalah Countryman menjadi model MINI pertama yang dirakit di Indonesia. Pertumbuhan penjualan Countryman yang pesat menjadi alasan keputusan ini.

Meski dirakit lokal atau CKD (Completely Knocked-Down), MINI menyediakan fitur lebih lengkap pada Countryman, khususnya pada varian Cooper S Countryman Sport. Selain itu, harga Countryman juga menjadi lebih terjangkau setelah CKD.

Mercedes-Benz G-Class

Generasi terbaru dari Mercedes-Benz G-Class akhirnya datang ke Indonesia, setelah dinanti-nanti para penggemarnya. Tidak tanggung-tanggung, G-Class yang diluncurkan adalah varian terganas, Mercedes-AMG G 63.

Menariknya adalah bahwa G-Class bukan meluncur lewat Mercedes-Benz Distribution Indonesia sebagai distributor resmi, melainkan melalui importir umum Prestige Image Motorcars dengan harga Rp 7,2 miliar. G-Class akan menyusul diluncurkan Mercedes-Benz pada semester pertama 2019.

Lamborghini Urus

SUV pertama Lamborghini sejak LM-002 ini resmi meluncur di Indonesia bersamaan dengan pembukaan showroom baru Lamborghini Jakarta, di Pacific Place. Bahkan saat baru diluncurkan, alokasi unit Urus untuk tahun 2018 sudah ludes dipesan.

Lamborghini melansir Urus dengan harga mulai Rp 8 miliar off the road, untuk menjadi SUV terkencang dengan performa ala supercar, mengandalkan mesin V8 4.0 liter turbo bertenaga 641 hp dan torsi 850 Nm.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza