Beranda Updates Virus Corona Tunda Peluncuran Honda City Anyar di India

Virus Corona Tunda Peluncuran Honda City Anyar di India

NEW DELHI, Carvaganza.com – Honda tengah menyiapkan peluncuran mobil baru. Setelah melakukan debut di Thailand, Honda City terbaru rencananya akan meluncur di India pada April mendatang. Sayang rencana ini batal. Pandemi virus corona memaksa perkenalan harus dibatalkan. Besar kemungkinan, perilisan dilakukan secara online, seperti dilakukan pabrikan lain belakangan ini.

Data terkinni worldometer terkait corona, India sebenarnya tidak bawah Indonesia. Mereka mencatat 170 kasus dan 3 orang meninggal dunia. Meski demikian Honda India tak mau mengambil resiko dan memutuskan untuk membatalkan peluncuran di umum. Walau begitu, berbagai informasi terkait sedan anyar itu sudah dirilis. Aliansi di India, Cardekho, sudah bertatap muka langsung dengan pesaing Toyota Vios ini. City generasi lima disuguhkan dalam tiga varian: V, VX dan ZX. Opsi SV yang sebelumnya ada dihilangkan.

Dimensi Honda City kini membesar. Panjangnya 4.569 mm atau bertambah 129 mm dari generasi sebelum. Lebarnya ditambahkan 53 mm menjadi 1.748 mm. Meski begitu, tingginya malah berkurang. Tidak terlalu terasa, karena cuma beda 6 mm, yakni 1.489 mm. Terlepas dari ubahan ukuran, jarak sumbu roda tak diubah Honda, masih 2.600 mm.

Mirip Honda Civic

Generasi baru Honda City menyajikan wajah dengan bahasa desain mirip Civic dan Accord. Bedanya dibuat lebih sederhana tak terlalu kompleks. Grille palang horizontal besar menempel kap mesin. Rumah foglamp diperbesar dan sudutnya mengotak. Buritan makin atraktif, berkat lampu kombinasi LED dengan desain tajam. Bumper tak banyak lekukan, tapi terdapat lubang yang seolah menyerupai jalur udara.

Jantung mekanis dibuat berbeda dengan versi Thailand. Bila di sana mengusung mesin 1.0-liter turbo, model di India masih pakai mesin lama, tapi sudah berstandar emisi BS6. Kubikasinya 1.5-liter tanpa turbo. Ada sedikit revisi yang menghasilkan peningkatan tenaga 2 PS, jadi 121 PS. Sayang tak diketahui berapa figur torsinya. Ada kemungkinan ikut meningkat dari 145 Nm. Pilihan transmisi juga masih terdiri dari manual dan CVT.

Mesin Diesel

Meski tak disebutkan jelas soal dapur pacu diesel, prediksinya bakal serupa pula dengan versi terdahulu. Sebagai informasi, ia dapat menciptakan tenaga maksimal 100 PS dengan momen puntir 200 Nm. Transfer energi ke roda didukung transmisi manual 6-speed saja. Ada peluang penambahan sistem pengganti gigi CVT, tapi ini belum bisa dipastikan.

Untuk fitur cukup lengkap. City dibekali 6 kantung udara, ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution), penerangan LED, sunroof dan head unit layar sentuh dengan Apple CarPlay serta Android Auto tersedia. Untuk harga, perkiraannya antara Rp 223 jutaan sampai Rp 325 jutaan. Lantas bagaimana dengan Indonesia? Sampai saat ini belum ada informasi dari Honda Prospect Motor (HPM) untuk memperbarui City di Tanah Air. Tapi siapa yang tahu? Kita tunggu saja.

Sumber: Cardekho

Baca Juga: Peluncuran Honda City Generasi Lima di India Tertunda Karena Corona

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto