Toyota Rilis Teaser Mobil Balap Le Mans, Kira-Kira Pakai Mesin Apa?

TOKYO, Carvaganza.com – Hanya dalam hitungan hari, pekan ini Toyota siap membuka selubung dari calon mobil balap terbarunya untuk turun di balap endurance. Yap, Toyota GR Super Sport versi balap akan segera diluncurkan pekan ini. Jelang hari H, Toyota melansir sebuah teaser mobil tersebut, yang turut memperdengarkan suara mesinnya.


Teaser disebar oleh Toyota melalui media sosial mereka, salah satunya Twitter. Dalam unggahan tersebut, video teaser hanya menunjukkan grafis seperti denyut jantung, yang bergerak mengikuti raungan suara mesin. Kemudian, suara mesin yang muncul pada teaser tersebut menjadi perbincangan para netizen, soal jenis mesin apa yang digunakan Toyota pada GR Super Sport.


Sejauh ini memang Toyota belum mengumumkan soal jenis dapur pacu yang tertanam di chassis penerus TS050 LMP1 itu. Apalagi, GR Super Sport akan mewarnai era baru kelas tertinggi dari kejuaraan balap ketahanan dunia (WEC), yang mulai tahun ini menggunakan hypercar sebagai basisnya. Sebaagi referensi, FIA sebagai penggagas regulasi hanya mengizinkan mobil balap kelas ini untuk menghasilkan tenaga tidak lebih dari 671 hp.


Soal chassis, dikatakana bahwa platform untuk GR Super Sport Le Mans Hypercar akan mirip dengan milik TS050 LMP1. Namun soal mesin tadi, banyak yang berspekulasi bahwa pilihan jatuh pada tipe enam silinder 2,4 liter twin-turbo, dengan konfigurasi V6. Salah satu ‘hint’ yang didapat dari video ini adalah desisan yang tetdengar saat mesin digas ke rpm lebih tinggi.


Secara bertahap, video memperdengarkan suara mesin dalam kondisi idle, lalu digas tipis-tipis, sebelum kemudian naik ke rpm lebih tinggi lagi dan konstan selama beberapa detik. Namun tone dan karakter suara yang terdengar memang cukup meyakinkan kalau itu berasal dari mesin V6.


Debut GR Super Sport versi prototipe berlangsung pada tahun lalu, tepatnya bulan September 2020 bersamaan dengan digelarnya Le Mans 24 Hour. Toyota menjadi pabrikan pertama di Le Mans yang memperkenalkan calon mobil balapnya langsung ke hadapan publik. Dari arah desainnya, terlihat aspek aerodinamika menjadi fokus utama dari pengembangan mobil ini, bukannya estetika. Saat demo run, GR Super Sport dikemudikan oleh Alex Wurz, mantan pembalap F1 yang juga andalan Toyota di endurance.


Fascia depannya bisa dibilang masih mengusung karakter desain TS050 dengan cukup dominan, lengkap dengan splitter di bawah bumper yang besar. Uniknya, prototipe ini tampil dengan atap terbuka, mirip seperti Porsche 918 Spyder, namun dimensi GR Super Sport lebih ringkas. Di belakang atap terpasang air scoop khas mobil balap, yang dihiasi shark fin menyatu dengan sayap belakang. Diffuser besar tidak ketinggalan menghiasi sisi buritan yang agresif.Toyota GR Super Sport Concept


Karena adanya syarat homologasi dalam regulasi, artinya Toyota wajib memproduksi GR Super Sport versi jalan raya setidaknya 20 unit. Menariknya, versi legal jalan raya dikatakan akan lebih dahsyat daripada versi balap. Prediksi paling liar adalah bahwa Toyota tidak lagi memasang satu tapi tiga unit motor listrik untuk mendukung mesin. Output tenaga kabarnya akan mencapai 1.400 hp untuk bisa digeber.


Jadi, baik GR Super Sport versi balap maupun jalan raya akan sama-sama menarik untuk ditunggu. Apalagi mengingat versi jalan raya tidak dibatasi oleh regulasi ketat yang harus diikuti pabrikan. Setelahnya, kita tunggu saja para rival menyusul seperti dari Peugeot, Audi, Porsche, dan Scuderia Glickenhaus.


Sumber: Carscoops


WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda