Beranda Updates Toyota Investasi ke Uber untuk Layanan Transportasi Otonom

Toyota Investasi ke Uber untuk Layanan Transportasi Otonom

TOKYO, 28 Agustus 2018 – Masa depan teknologi mobilitas semakin dilirik oleh Toyota, khususnya untuk menyediakan layanan transportasi yang semakin canggih. Karenanya, Toyota melakukan ekspansi pada kerjasamanya bersama Uber dalam penyediaan layanan mobilitas.

Pada kerja sama ini, Toyota akan menanam investasi senilai US$ 5 juta pada Uber untuk pengembangan kendaraan khusus yang menggabungkan jaringan dan teknologi dari masing-masing perusahaan. Bagian dari kolaborasi ini adalah akan dikembangkannya mobil otonom (autonomous) Toyota sebagai sarana armada Uber.

Toyota akan mengembangkan Autono-MaaS (autonomous-mobility as a service) dengan basis Toyota Sienna, MPV 7-seater. Mobil ini nantinya akan menjadi armada Uber yang bisa beroperasi tanpa pengemudi.

Sienna akan dibangun mengadopsi sistem kemudi otonom dari Uber, dipadukan serangkaian sistem pendukung keselamatan automated yang dinaungi dalam Toyota Guardian.

Untuk proyek ini, Toyota juga akan memanfaatkan Mobility Service Platform (MSPF) sebagai inti infrastruktur informasi untuk kendaraan yang terkoneksi. Rencananya realisasi awal armada otonom ini akan diterapkan untuk jaringan ride-sharing Uber mulai tahun 2021.

“Sistem automated driving Uber dan sistem Guardian dari Toyota akan secara mandiri mengawasi lingkungan sekitar kendaraan dan situasi real-time, meningkatkan keselamatan kendaraan secara keseluruhan baik untuk pengemudi otomatis dan kendaraannya sendiri,” jelas Gill Pratt, Toyota Research Institute CEO and TMC Fellow.

“Kami menantikan untuk kemitraan ini mempercepat pengembangan dan penerapan teknologi mengemudi otomatis untuk kedua perusahaan,” lanjut Pratt.

Meski ambisius dan optimis, masa depan proyek kolaborasi ini masih harus mendapat persetujuan untuk memenuhi regulasi standard. Saat disetujui, proyek ini akan meningkatkan bisnis transportasi self-driving milik Uber.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Last Updates

Renault Siap Bawa MPV 7 Seater ke Indonesia

JAKARTA, 21 Januari 2019 – Setelah mengambil-alih hak penjualan Renault di Indonesia dari tangan Indomobil, PT Maxindo Renault Indonesia menyiapkan...

Wah, Ada T-Rex Ikut Unjuk Rasa di Detroit Motor Show

DETROIT, 21 Januari 2019 – Sebuah hal unik terjadi di sela berlangsungnya Detroit Motor Show 2019, dengan adanya unjuk rasa...

Schumacher Resmi Bergabung Kembali ke Ferrari

MARANELLO, 21 Januari 2019 – Nama besar Schumacher resmi bergabung kembali ke keluarga Ferrari menyusul kesuksesan yang pernah diraih keduanya...

Tinggalkan Indomobil, Renault Kini Dipegang Nusantara Group

JAKARTA, 21 Januari 2019 – Lepas dari Indomobil Group, Renault akan semakin galak dalam melakukan penetrasi di pasar Indonesia. Renault...

Millennial Road Safety Festival 2019 Digelar di 34 Provinsi

JAKARTA, 21 Januari 2019 – Guna meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara bagi anak muda millennial, Korps Lalu Lintas Polri bekerjasama dengan...