Beranda Features Terkuak, Foto Dodge Grand Cherokee Yang Tak Jadi Diproduksi

Terkuak, Foto Dodge Grand Cherokee Yang Tak Jadi Diproduksi

JAKARTA, Carvaganza.com — Jeep Grand Cherokee adalah salah satu mobil yang paling sukses di rilis pada tahun 1990-an. Kehadirannya membawa angin segar bagi kalangan enthusiast dan bagi pasar SUV kompak 4 pintu yang waktu itu sedang tumbuh. Namun kehadiran Grand Cherokee ini menyimpan kisah yang menarik.

Ternyata Cherokee sedianya bukan digarap Jeep. Dulu hampir saja diproduksi oleh Dodge dengan menggunakan platform ZJ. Platform ini memang sengaja dibuat Chrysler untuk menggantikan Cherokee XJ setelah Chrysler membeli mayoritas saham American Motors Corporation (AMC) tahun 1988.

Waktu Jeep Cherokee XJ dirilis tahun 1984, SUV ini langsung menjadi magnet konsumen. Sekaligus pundi-pundi uang bagi AMC. Bahkan dinobatkan sebagai salah satu SUV kompak empat pintu pertama di dunia.

Tapi seiring berjalannya waktu sampai akhir 1980-an, pabrikan akhirnya memutuskan akan tetap mempertahankan XJ – yang diproduksi sampai 2001 – dan mendapatkan penyegaran sebagai mobil baru. Tidak akan digantikan. Para petinggi Chrysler yang menangani divisi Dodge beranggapan kalau SUV yang baru itu tidak menggantikan Jeep XJ, tak perlu ada pengganti dong. Jadi jalan sendiri-sendiri.

Dodge sendiri waktu itu sudah punya SUV, Ramcharger. Mobil ini dicomot dari platform pikap Ram yang dikawinkan dengan K5 Blazer dan Ford Bronco. Meskipun kategori SUV besar (full-size), chassisnya body-on-frame dan hanya punya dua pintu.

Grand Cherooke edisi pertama

Pemenangnya Jeep

Chrysler sebagai pabrikan induk bilang, mobil dengan platform ZJ ini tak bisa diproduksi oleh Jeep dan Dodge sekaligus. Harus dipilih oleh salah satu saja. Dodge sangat bernafsu untuk membuat mobil dengan platform ZJ karena otomatis akan mendapatkan kue keuntungan yang menggiurkan dari pasar SUV empat pintu. Pasar ini sedang tumbuh pesat di Amrik.

Lee Iacocca selaku CEO Chrysler saat itu turun tangan memberi solusi. Ia membuka pitching kepada Dodge dan Jeep untuk menyerahkan planning membuat SUV baru kepada timnya. Yang menang ditunjuk langsung sebagai produsen mobilnya. Tim Dodge, yang dipimpin Bob Lutz, mengajukan ide mobil SUV yang dinamai Dodge Grand Cherokee, yang akhirnya cuma jadi prototipe dan tak pernah diproduksi.

Kisah dan foto mobil Dodge prototipe ini diambil dari buku Jeep: The History of America’s Greatest Vehicle karya  Patrick R. Foster. Foto itu menjadi bukti bahwa SUV prototipe tersebut benar adanya.

Kabarnya, Dodge sempat dijadikan cadangan kalau nantinya jaringan dealership Jeep yang masih kecil tak bisa mengakomodasi skala produksi yang dibutuhkan, Dodge bisa menjual ZJ dengan brandnya sendiri. Tapi, sumber ucapan ini sangat sumir.

Jeep pada akhirnya keluar sebagai pemenang pitching. Meraup sukses besar lewat Grand Cherokee yang dirilis tahun 1992. Baru lima tahun kemudian Dodge merilis SUV empat pintu sendiri yang diberi nama Durango. Jeep dan Grand Cherokee sampai sekarang menjadi mesin ATM induk perusahaan, FCA.

Sumber: The Drive

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Grup Astra Berpartisipasi Pada Pelepasan Eskpor Dipimpin Presiden Joko Widodo

JAKARTA, carvaganza -  Grup Astra pada hari ini, Jumat (4/12) ikut berpartisipasi pada acara Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke pasar global yang dipimpin Presiden...

Beli Peugeot Bulan Desember, Dapat Voucher Belanja Plus Cicilan Ringan

JAKARTA, Carvaganza -- Desember identik dengan musim liburan. Pengujung tahun 2020 juga menjadi waktu bagi para agen pemegang merek memberikan panawaran istimewa untuk konsumen,...

Lebih dari 8.000 Peserta Ramaikan Kompetisi Balap Virtual Honda Brio

JAKARTA, Carvaganza -- Mobile game berbasis android bertajuk Brio Virtual Drift Challenge digelar PT Honda Prospect Motor (HPM) pada September 2020 lalu. Untuk menambah...

Shell Terbitkan Buku 10 Tahun Partisipasi Indonesia di Shell Eco-marathon

JAKARTA, Carvaganza -- Shell memberikan sarana bagi anak muda dalam berkreasi dan berinovasi. Salah satunya melalui Shell Eco-marathon (SEM) Asia dan juga Drivers’ World...

Ichan Chaniago Terpilih Jadi Ketua Umum Baru AXIC 2020-2020

JAKARTA, Carvaganza - Komunitas otomotif besar di Indonesia, AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC), memiliki ketua umum baru di ujung tahun ini. Melalui pemilihan ketua umum...