Beranda New Cars Ada Logo Baru, Tanda Nissan Siapkan Penerus 370Z?

Ada Logo Baru, Tanda Nissan Siapkan Penerus 370Z?

OTTAWA, Carvaganza.com – Salah satu model sportscar ikonik asal Jepang, Nissan Fairlady , sepertinya akan dilahirkan kembali oleh Nissan dalam beberapa waktu mendatang. Nissan bahkan sudah mulai menunjukkan isyarat akan hadirnya kembali coupe legendarisnya tersebut.

Bukan dari Jepang, kabar tentang Fairlady Z ini justru datang dari Kanada. Di negara tersebut, Nissan mendaftarkan paten logo Fairlady Z versi terbaru, seperti dilaporkan Autocar. Terungkapnya hal tersebut langsung memunculkan rumor akan bangkitnya lagi calon penerus 370Z.

Mobil ini tentu sudah lama dinantikan oleh para penggemar Nissan, khususnya Fairlady Z. Apalagi mengingat model generasi saat ini yaitu 370Z, sudah beredar lama sejak pertama kali diluncurkan tahun 2008 lalu.

Selain 370Z, hanya GT-R yang menjadi model sportscar dalam line up produk Nissan saat ini. Pihak Nissan sendiri bahkan tidak menampik kemungkinan akan hadirnya generasi penerus dari sportscar yang diawali oleh 240Z ini.

Mobil Menyenangkan

“Nissan adalah tentang mobil-mobil yang menyenangkan. Mudah untuk membayangkan (sebuah penerus 370Z). Z adalah mobil yang mendemokrasikan mobil sport pada tahun 60-an lalu. Sebelumnya, Anda harus punya uang banyak untuk beli sebuah Porsche atau Jaguar,” jelas pimpinan product planning Nissan, Ivan Espinosa dikutip Autocar.

“Mobil saat ini sudah lama ada di dealer, dan Anda bisa bayangkan pada desainer mengerjakan penerusnya, bahkan jika saya tidak akan mengiyakan itu.”

Untuk nama penerus dari 370Z, diprediksi Nissan akan menggunakan moniker 400Z. Tetapi, Nissan bukan akan memberikan mesin lebih besar dari V6 3.7 liter dari 370Z saat ini, tetapi mengacu pada besaran tenaga yang dihasilkan mesin.

Nissan justru dikatakan akan memberikan mesin V6 3.0 liter twin-turbo untuk 400Z, untuk menyediakan performa tenaga sebesar 400 hp. Mesin naturally-aspirated (NA) pada 370Z saat ini menawarkan performa tenaga 323 hp.

Menuju Generasi ke-7

Sejak pertama kali lahir pada tahun 1969 lalu, sampai saat ini Fairlady Z sudah beredar dalam enam generasi. Mobil ini menjadi model sportscar paling lama yang diproduksi oleh Nissan, selain Skyline GT-R.

Generasi pertama diwakili oleh 240Z yang saat itu muncul melalui merek Datsun. Model ini sukses digemari oleh konsumen di pasar Amerika Serikat dan Jepang, sebagai sportscar dengan harga terjangkau. Pada generasi berkode S30 ini, kemudian menyusul varain 260Z dan 280Z.

Fairlady Z generasi kedua hadir pada tahun 1978 dengan nama 280ZX, dengan mesin lebih besar dan performa yang ditingkatkan. Pada generasi ini Nissan masih mengandalkan naturally-aspirated pada mesin 2.8 liter enam silindernya.

Generasi ketiga dan keempat sama-sama hadir lewat nama 300ZX, dengan mesin lebih besar yaitu 3.0 liter dengan konfigurasi V6 untuk pertama kalinya. Generasi ketiga, berkode Z31, diproduksi pada periode 1984-1989.

Ubahan Desain

Nama 300ZX dipertahankan pada generasi keempat, berkode Z32, yang mengalami ubahan desain menjadi lebih sleek dan membesar. Sejumlah teknologi baru diberikan Nissan pada mesin, yang telah dilengkapi turbo. Model ini diproduksi antara tahun 1989 sampai 2000.

Lalu pada tahun 2002, lahir 350Z sebagai generasi kelima, dengan mesin lebih besar lagi, V6 3.5 liter. Untuk generasi ini, Nissan menjadikan Porsche Cayman sebagai benchmark performa Fairlady Z. lahirnya 350Z diawali oleh Z Concept pada tahun 2001, yang kemudian disusul sejumlah varian khusus, termasuk dari Nismo.

Generasi terkini, 370Z, hadir pada tahun 2008, membawa update desain eksterior dan mesin lebih besar. Selain mesin lebih besar, Nissan untuk pertama kalinya menerapkan transmisi otomatis dengan paddle-shift pada Fairlady Z. Meski penjualannya stagnan, Nissan tetap memproduksi 370Z sampai saat ini.

Sumber: Autocar

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Mitsubishi Tawarkan Program Perlindungan Kendaraan Menghadapi Musim Hujan

JAKARTA, Carvaganza -- Menghadapi musim penghujan kondisi kendaraan haruslah prima. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan program purna jual dan perawatan kendaraan...

Perhatikan 7 Hal ini Agar Perjalanan Aman Keluar Kota di Sekitar Truk

JAKARTA, Carvaganza -- Anda yang biasa melakukan perjalanan jauh atau keluar kota harus ekstra hati-hati karena banyak kendaraan berukuran besar seperti bus dan truk....

Audi R8 RWD Panther Edition Diciptakan Hanya 30 Unit Khusus Konsumen Amerika Serikat

JAKARTA, Carvaganza.com – Audi bukan brand mobil biasa di Amerika Serikat (AS). Audi cukup punya popularitas. Apalagi sportscar miliknya, Audi R8 beberapa kali tampil...

Grup Astra Berpartisipasi Pada Pelepasan Ekspor Dipimpin Presiden Joko Widodo

JAKARTA, carvaganza -  Grup Astra pada hari ini, Jumat (4/12) ikut berpartisipasi pada acara Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke pasar global yang dipimpin Presiden...

Beli Peugeot Bulan Desember, Dapat Voucher Belanja Plus Cicilan Ringan

JAKARTA, Carvaganza -- Desember identik dengan musim liburan. Pengujung tahun 2020 juga menjadi waktu bagi para agen pemegang merek memberikan panawaran istimewa untuk konsumen,...