Beranda Updates Soal Avanza Baru, Toyota Ogah Tiru Mitsubishi Xpander

Soal Avanza Baru, Toyota Ogah Tiru Mitsubishi Xpander

JAKARTA, 12 Desember 2018 – Belakangan muncul beredar beberapa gambar foto dan rendering yang diklaim sebagai calon Toyota Avanza terbaru. Gambar-gambar tersebut ditampung oleh pihak PT Toyota Astra Motor (TAM), salah satunya untuk menentukan desain Avanza terbaru nantinya.

Setelah masuk ke usia ke-15 tahun, Avanza kencang dirumorkan akan meluncur dalam generasi baru. Waktu peluncurannya bahkan disebut akan berlangsung pada awal tahun 2019.

Franciscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT TAM mengatakan bahwa tim desain Toyota sudah melihat dan bahkan mengumpulkan gambar-gambar yang beredar tersebut. Tapi untuk apa?

“Pada saat dia keluar tuh yang namanya gambar-gambar Avanza baru, kita justru kasih gambar-gambar itu ke desainer kita,” kata Soerjo saat ditemui beberapa waktu lalu.

“Karena kita anggap gambar itu sebagai masukan bahwa industri itu pingin modelnya yang kayak begini lho, walaupun mereka ketawa karena engineering itu kan punya ego, kayak arsitek dan desainer itu punya ego,” tambah Soerjo.

View this post on Instagram

Lanjutan dari postingan sebelumnya: berbeda dari tampang depan yang akan banyak berubah, bagian samping dan belakang sayangnya tidak berubah apa-apa dibanding yang dijual sekarang, setidaknya saat mobilnya masih gelap-gelapan kayak di gambar. . . Tapi yang baru adalah desain pelek yang kalau di gambar ada tiga desain untuk tiga tipe yang berbeda (CMIIW). Ya, presentasi ini dari Daihatsu (termasuk postingan lalu dari Autonetmagz) berarti pakai nama Xenia, jadi asumsi saya itu tipe 1.3 X, 1.3 R, dan 1.5 R Deluxe. Semuanya sudah pakai pelek alloy rupanya (coba lihat slide 2). . . Nah yang belakang ini sepertinya susunan lampunya masih sama seperti sekarang. Dan…..reflektor belakang tetap terpasang untuk versi terbaru nanti (coba lihat slide 4)… . . Slide terakhir menunjukkan mesin 1.500 cc untuk Xenia baru di tipe tertinggi yaitu 1.5 R Deluxe (mesinnya sama seperti Avanza 1.5, Rush dan Terios) . . Oh ya, walau telat sehari, saya ucapkan selamat ulang tahun duo kembar Avanza-Xenia ke-15….sejak 11 Desember 2003 jadi legenda baru Indonesia! . . PS: foto-foto ini dapat dari teman, dan karena belum ada media yang mempublikasikan foto itu maka sengaja saya kasih tulisan di foto itu…. . . #daihatsuxenia #xenia #daihatsu

A post shared by Indra Radian Fathan (@indra_fathan) on

Soerjo kemudian berkomentar soal tren desain di segmen MPV saat ini, yang mulai menggabungkan karakter dan gaya ala SUV seperti diterapkan pada Mitsubishi Xpander. Untuk Avanza, dirinya menegaskan Toyota tidak akan melakukan hal serupa.

Menurutnya, Toyota tidak akan memadukan unsur dari dua jenis kendaraan yang berbeda pada satu model mobil.

Toyota pakemnya tetap menganut tidak ada MPV SUV di-blend (dicampur), kita tetap pakemnya masing-masing, MPV is MPV, SUV is SUV, kita nggak pernah menggabungkan itu, nggak pernah ada namanya M-SUV,” tambahnya.

Selama 15 tahun Avanza hadir di pasar otomotif Indonesia, sudah lebih dari 1,7 juta unit beredar dan sukses menjadi mobil terlaris di Indonesia. Avanza juga telah diekspor oleh Toyota ke berbagai Negara di dunia.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza