Singapura Terapkan Euro 6, Sejumlah Mobil Tak Bisa Dijual

SINGAPURA, 3 September 2017 – Pemerintah Singapura makin ketat dalam hal lingkungan. Mereka mulai menerapkan standar emisi Euro 6 mulai tanggal 1 September 2017. Hal ini berdampak pada sejumlah mobil. Mobil-mobil yang tidak memenuhi syarat harus keluar dan meninggalkan negara tersebut.

Model-model yang terkena dampak Euro 6 yang baru termasuk Honda Accord, Toyota Camry dan Nissan Teana serta model entry level seperti Nissan Almera dan Toyota Vios. Honda Motorio tujuh kursi, Suzuki Swift dan S-Cross, Hyundai Veloster dan seluruh jajaran Chevrolet gagal memenuhi standar emisi baru ini.

Adopsi Euro 6 untuk kendaraan bermesin bensin mulai diberlakukan 1 September - yang menggantikan Euro 4 – dan akan diikuti oleh kendaraan diesel pada 1 Januari tahun depan. Kendaraan-kendaraan yang sudah terdaftar dan di jalan tidak terpengaruh oleh keputusan baru tersebut.

Strait Times melaporkan beberapa agen pemegang merek terpaksa memboyong model-model yang sudah memenuhi persyaratan emisi. Namun sebagian tak lagi bisa dijual seperti Nissan Teana, Honda Accord dan Mobilio.

Laporan tersebut menambahkan bahwa sebagian besar model impor dari Jepang akan memenuhi standar. Badan Lingkungan Nasional Negara (NEA) Singapura menganggap bahwa mobil yang memiliki mesin injeksi bahan bakar dan yang memenuhi standar emisi Jepang JPN2009 menjadi standar Euro 6.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda