Seharian Berkunjung Ke Fasilitas xEV Center Di Plant Toyota

  • 2022/11/20221102111437_845A9741-01.jpeg
  • 2022/11/20221102093425_845A9574-01.jpeg
  • 2022/11/20221102135043_845A9930-01.jpeg

JAKARTA, Carvaganza – Salah satu fasilitas terbaru yang dimiliki oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) adalah xEV Center yang berlokasi di TMMIN Karawang Plant 3, Karawang, Jawa Barat. Baru dibuka bulan Mei 2022 dan menjadi semacam pusat kajian mobil elektrifikasi di Indonesia. Kami dari OTO Media Group mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi fasilitas tersebut secara private dan mendapatkan penjelasan secara gamblang.

KEY TAKEAWAYS

  • Ada berapa zona kajian yang terdapat di fasilitas xEV Center TMMIN di Karawang?

    Terdiri dari empat zona yang seluruhnya berisikan informasi tentang mobil elektrifikasi dan industrinya secara komprehensif.
  • Di mana letak fasilitas xEV Center milik Toyota Indonesia?

    Di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di TMMIN Karawang Plant 3, Karawang, Jawa Barat.
  • Di dalam fasilitas tersaji ragam informasi mengenai dunia elektrifikasi otomotif sehingga dapat menjadi sarana edukasi yang komprehensif. Sekaligus menjadi satu-satunya fasilitas sejenis yang dimiliki oleh Toyota Motor Corporation di luar Jepang. Indonesia adalah negara kedua di dunia yang memiliki fasilitas semacam ini. Lantas kenapa diberi  nama xEV? Apa pengertian dari X itu sendiri?

    X memiliki fleksibilitas pengertian sendiri yang bisa dipautkan dengan nama model. Misalnya, hybrid EV atau C-HR EV, Toyota Prius EV dan lain-lain. EV adalah singkatan dari electric vehicle. Seperti diketahui, Toyota memiliki ragam model mobil elektrifikasi mulai dari hybrid, plug-in hybrid, listrik murni sampai fuel cell. Seperti Toyota C-HR Hybrid, Camry Hybrid, SUV Corolla Hybrid, Alphard Hybrid, Toyota Prius PHEV (plug-in hybrid), Lexus UX 300e (mobil listrik murni – BEV) dan yang terbaru adalah bakal menghadirkan Toyota bZ4X.

    Toyota xEV Center di TMMIN Plant 3

    Pembangunan fasilitas xEV Center ini adalah pure kolaborasi antara Toyota dengan pihak pemerintah dan kalangan kampus (akademisi). Kerjasama ini direpresentasikan dalam bentuk bangunan Triangle Shape. “Pengembangan xEV Center di TMMIN Plant 3 Karawang ini bukan ide Toyota Indonesia semata. Kami juga melibatkan pemerintah dan kalangan akademisi untuk membangun ini semua. Data-data dan kajian-kajian yang kami sajikan di sini adalah hasil penelitian dan pengembangan bersama-sama dengan kalangan kampus,” ujar Nathasya Natalia selaku presenter xEV Center yang menjadi guide kami selama di fasilitas tersebut.

    Memasuki xEV Center, kami disambut barisan informasi menempel di dinding. Area tersebut terbagi menjadi 4 zona. Pertama adalah Inisiatif Lingkungan yang berisikan penjelasan kondisi lingkungan secara global. Bagaimana isu pemanasan global memang benar terjadi, dan sektor transportasi menjadi salah satu penyumbangnya. Makanya pemerintah dunia termasuk Indonesia pun berkomitmen untuk mencapai netralitas karbon. Salah satunya melalui Paris Agreement. Sementara Indonesia memiliki rancangan untuk mencapai net zero emission yang ditargetkan pada 2060. Tak ketinggalan keterlibatan Toyota dengan secara aktif menggalakkan Toyota Environmental Challenge 2050. Di mana tantangannya tak hanya berkisar di produk, tapi ekosistem secara keseluruhan.

    Zona kedua adalah Teknologi yang menampilkan ragam kendaraan ICE (Internal Combustion Engine) dan xEV. Sekaligus detail komponen yang dibutuhkan dalam membentuk kendaraan elektrifikasi dan bagaimana perangkat tersebut akan menjadi jawaban bagi net zero emission. Bukan cuma papan informasi, terdapat pula video dan mobil fisik. Terdiri dari Prius yang dibedah untuk memperlihatkan jeroan dan cara kerjanya. Termasuk pula Mirai, mobil fuel cell yang benar-benar tak menghasilkan gas buas selain air. Detail penjelasan komponen juga dapat diakses melalui teknologi masa kini yaitu menggunakan Virtual Reality dan Augmented Reality.

    Lanjut ke Zona 3 dinamakan Ekosistem Hijau. Area ini cukup menarik karena dibeberkan tantangan bagi pengembangan elektrifikasi di Tanah Air. Sekaligus pemanfaatan kendaraan listrik yang tak hanya sebagai transportasi tapi juga mendukung banyak aspek kehidupan.

    Toyota xEV Center

    Terakhir Zona 4 yakni Masyarakat Berkelanjutan. Area ini menunjukkan kegiatan Toyota Indonesia bersama pemerintah dan akademisi. Termasuk sejumlah penelitian yang dilakukan berbagai universitas. Puas melihat-lihat di dalam, kini giliran mencoba dua mobil listrik Toyota, yakni C+Pod dan Prius PHEV melalui aktivitas Driving Experience yang disediakan. Kami diberikan kesempatan untuk merasakan akselerasi dan kemudahannya dalam dikendarai. Diperagakan pula bagaimana praktisnya proses mengisi daya baterai menggunakan Outdoor Charging Station.

    Lantas bagaimana untuk bisa berkunjung ke xEV Center? Anda bisa mengunjungi situs resmi atau mendaftar via whatsapp. Ke nomor +62-811-1099-382. Lakukan konfirmasi dan memilih jadwal kunjungan. Anda tidak akan dikenakan pungutan biaya alias gratis untuk mendatangi xEV Center. (MUHAMMAD HAFID/EK)

    Baca juga:  Lebih Canggih dan Maskulin, Lexus LS 500h F Sport Meluncur di Indonesia

    Mobil Toyota Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature