Beranda Updates Raih Rating Tertingi, Ini Fitur Keselamatan Mitsubishi eK X dan eK Wagon

Raih Rating Tertingi, Ini Fitur Keselamatan Mitsubishi eK X dan eK Wagon

TOKYO, Carvaganza.com – Mitsubishi Motors kembali diakui kualitas kendaraan produksinya, yang memiliki tingkat keselamatan terbaik di kelasnya. Yang terbaru, duo city car Mitsubishi eK X (eK Cross) dan eK Wagon didapuk skor tertinggi oleh Japan New Car Assessment Program (JNCAP).

Kei car yang hanya dipasarkan di Jepang ini mendapat rating ASV+++ dari kinerja keselamatan preventif dan skor lima bintang dalam keselamatan tabrakan. Artinya, kedua mobil mendapat penilaian tertinggi pada pengujian tabrak yang dilakukan oleh JNCAP.

Konsep keselamatan Mitsubishi mendukung pengembangan produk untuk mempromosikan mobilitas masyarakat tanpa kecelakaan lalu lintas. Mitsubishi Motors berkomitmen penuh untuk mengembangkan dan menerapkan teknologi dan perlindungan keselamatan aktif dan pasif.

Dalam meraih hasil terbaik ini, eK X dan eK Wagon hadir dengan dibekali teknologi driver assistance yang beragam. Teknologi ini merupakan langakh preventif untuk mendukung pengemudi dalam menghindari tabrakan, atau mengurangi kerusakan akibat tabrakan.

Teknologi canggih pada keduanya mulai dari Lane Departure Warning (LDW), yang informasikan pengemudi dengan suara peringatan dan indikator saat keluar dari lajur jalan. Kemudian ada juga Lane Departure Prevention (LDP) yang otomatis membantu kendaraan kembali ke lajurnya.

Baca juga: Model Baru Saat Pandemi? Mitsubishi: Bertahan Dengan Yang Ada Dulu

Deretan Fitur Keselamatan

Selain itu masih ada Emergency Assist for Pedal Misapplication, demi mencegah akselerasi mendadak karena pedal gas tidak sengaja terinjak. Manuver parkir pengemudi didukung oleh Multi Around Monitor yang menunjukkan lingkungan sekitar area parkir.

Dalam keadaan yang lebih mendesak, keselamatan pengemudi dan penumpang masih terlindungi dengan adanya Forward Collision Mitigation (FCM). Fitur ini mendeteksi keberadaan pejalan kaki atau kendaraan lain yang berada di depan kendaraan, saat dalam kondisi tidak aman.

Untuk memberikan visibilitas terbaik dalam kondisi gelap, Mitsubishi memberikan Auto High Beam (AHB). Fitur ini otomatis dapat mengganti sorotan lampu depan rendah atau tinggi, khususnya saat ada kendaraan lain dari arah berlawanan.

Baca juga: Strategi Mitsubishi Akali Uang Muka Kredit yang Dinaikkan

Desain Body

Seluruh pendukung keselamatan pada eK X dan eK Wagon ini masih didukung dengan sistem Mitsubishi Motors Rise. Sistem ini menggabungkan desain body depan penyerap energi tabrakan dengan kompartemen penumpang yang tahan ringsek. Penumpang juga masih dilindungi oleh enam SRS Airbag di dalam kabin.

Struktur dan material body luar pun dirancang untuk melindungi dan mencegah pejalan kaki dari potensi cedera parah saat tabrakan. Struktur penyerap energi di kap mesin melindungi area kepala, sementara struktur dalam bumper mengurangi risiko cedera kaki pejalan kaki.

Mitsubishi merilis eK Wagon pada tahun 2019 lalu, sebagai generasi baru Kei car yang khusus dipasarkan di Jepang. Tidak lama kemudian, eK X menyusul sebagai pengembangan lebih lanjut eK Wagon, yang mengusung wajah lebih agresif khas Dynamic Shield.

Sumber: Mitsubishi

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto