Beranda Updates Model Baru Saat Pandemi? Mitsubishi: Bertahan Dengan Yang Ada Dulu

Model Baru Saat Pandemi? Mitsubishi: Bertahan Dengan Yang Ada Dulu

Foto: mitsubishi

JAKARTA, Carvaganza.com – Dipastikan strategi para pabrikan otmotif yang sudah dirancang apik sejak tahun lalu berantakan akibat pandemi corona (COVID-19). Seperti juga yang dirasakan Mitsubishi yang mengubah sejumlah rencananya. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan belum memikirkan soal rencana meluncurkan model baru di tahun ini.

Menurut Mitsubishi dengan kondisi yang terjadi saat ini tentunya mereka akan meninjau ulang strategi. “Memang betul, kami ada beberapa rencana perubahan produk dan model. Hanya saja, dalam kondisi yang tidak pasti ini tentu saja membuat kami harus melakukan studi ulang mengenai realisasinya,” kata Director of Sales & Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro dalam conference digital dengan media, Selasa (19/5/202) kemarin.

Launching model baru jelas bukan jawaban yang pas untuk situasi corona saat ini. Wabah corona membuat gerak ekonomi melambat, beum lagi daya beli masyarakat yang menurun. Bisa karena tak lagi ada pekerjaan karena PHK dari tempat bekerja, atau lebih fokus pada kebutuhan pokok sehingga menunda urusan membeli mobil.

Dengan demikian bukan hal yang menarik jika pabrikan tetap memaksakan memperkenalkan model baru. Dipastikan penjualannya tidak akan bagus. Sementara model baru biasanya menjadi senjata untuk mendorong penjualan. Menurut Irwan Kuncoro, MMKSI, akan lebih memfokuskan penjualan produk-produk exciting alias yang tersedia saat ini. Mitsubishi mengandalkan Xpander, Xpander Cross Pajero Sport, Triton, dan L300. “Sekali lagi bagaimana realisasinya dan kapan realisasinya, untuk saat ini kami fokus produk yang ada,” katanya.

Setidaknya kinerja penjualan MMKSI pada April 2020 lalu menunjukkan bagaimana dampak COVID-19 pada daya serap pasar. Data Gaikindo mencatat, April lalu MMKSI mencatatkan penjualan 2.703 unit, turun 74 persen dibandingkan April 2019 yang mencapai 10.558 unit. Penurunan ini memang menjadi gamaran anjloknya penjualan secara nasional. Kinerja penjualan ritel mobil secara nasional terkoreksi 70 persen secara tahunan, sedangkan wholesale nasional anjlok 90,63 persen.

Baca juga: Pengguna Aplikasi Digital Mitsubishi Naik 65 Persen Selama COVID-19

Harga Baru

Sementara itu, Head of Sales & Marketing Group MMKSI Imam Choeru Cahya mengakui wabah COVID-19 yang mulai terasa pada pekan kedua Maret berdampak besar terhadap kinerja penjualan semua pabrikan. Ditambah lagi, pada April, aktivitas masyarakat semakin terbatas karena diberlakukannya PSBB di sejumlah kota di Indonesia. Alhasil April permintaan semakin menurun.

MMKSI dengan berat hati menetapkan harga baru untuk menyiasati pasar. Dua produk yang akan mengalami kenaikan harga adalah Mitsubishi L300 dan Mitsubishi Xpander. Kebijakan itu rencananya akan dimulai pada Juni 2020. “Langkah ini diambil dalam menyikapi dampak ekonomi dari wabah virus corona atau Covid-19,” kata Imam Choeru Cahya.

Dia mengatakan MMKSI akan menaikkan harga L300 sebesar Rp1 juta dan Xpander naik menjadi Rp2 juta hingga Rp3 juta, tergantung varian. Untuk bulan Mei, dia memastikan tidak akan ada perubahan harga. “Mei tidak ada kenaikan harga untuk seluruh model Mitsubishi. Kami sudah sekuat tenaga mempertahankan harga ini supaya tidak naik,” ujarnya.

Baca juga: Khusus Tenaga Medis, Beli Mitsubishi Xpander Bisa dengan DP 20%

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto