Beranda Features Posisi yang Benar Saat Memegang Kemudi, Ini Alasannya

Posisi yang Benar Saat Memegang Kemudi, Ini Alasannya

JAKARTA, 18 September 2018 —  Banyak yang mengatakan mengemudi adalah pekerjaan yang gampang dan aman. Salah besar. Mengemudi adalah pekerjaan yang tidak mudah dan justru berbahaya karena memiliki resiko tinggi. Oleh karena itu, sangat penting untuk tahu cara mengemudi yang baik untuk mengurangi resiko kecelakaan. Salah satunya adalah cara memegang kemudi (setir) yang baik.

Teknik dan posisi mengemudi yang benar sangat penting supaya mobil bisa selalu dalam kendali dan aman saat kita berkendara. Nah, bagaimana posisi memegang kemudi yang benar?

Memegang kemudi mobil yang benar adalah sejajar. Jika diibaratkan memakai angka yang ada pada jam analog, posisi tangan berada di angka 9 dan 3. Posisi ini memperbarui posisi tangan di angka 10 dan 2 yang sudah sejak 2011 tidak disarankan lagi oleh para ahli mengemudi.

Posisi tangan di angka jam 10 dan 2 tidak disarankan lagi karena ada penelitian yang menyebutkan bahwa posisi tersebut letaknya ada di atas jantung, dan jika berkendara dalam posisi mengemudi tersebut lebih dari satu jam bisa membuat aliran darah tidak lancar. Efeknya, saat mengantisipasi sesuatu refleknya akan melambat.

Disarankan pula untuk memberi jarak sekitar 30 sentimeter antara kemudi dengan dada. Hal ini penting karena jika terjadi benturan, dalam waktu 2 detik airbag akan mengembang dan jaraknya itu antara 22 sampai 25 cm. Pastikan posisi tangan membentuk sudut karena bisa berfungsi sebagai shockbreaker sehingga tangan patah atau terluka bisa dicegah.

Jika kemudi mobil Anda memiliki fitur tilt steering, aturlah kemiringan setir sesuai dengan posisi Anda mengemudi. Fitur tilt steering ini akan menambah kenyamanan Anda dalam berkendara.

Setelah mengetahui posisi yang benar saat mengemudi, jangan lupa pula untuk selalu menjaga kecepatan dan selalu fokus dalam berkendara. Hal ini penting untuk selalu diingat agar keselamatan kita selama berkendara bisa lebih terjaga.

Hati-hati di jalan, selalu mematuhi peraturan lalu-lintas, semoga selamat sampai di tujuan.

RAJU FEBRIAN

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

TEST DRIVE: Rolls-Royce Cullinan 2019, Merasakan Sensasi “Tank Mewah”

PADA tulisan sebelumnya Carvaganza sudah cerita tentang sejarah dan tampilan eksterior Rolls-Royce Cullinan. Saya kebetulan mendapat kesempatan menjajal SUV pertama...

DFSK Glory 560 Segera Diluncurkan, Melawan Honda HR-V?

JAKARTA, 25 Maret 2019 - Beberapa waktu lalu bocor sosok Glory 560 dari DFSK di Indonesia. Tak lama setelahnya, beberapa hari kemarin muncul jelas...

Menikmati Fitur T-Link di Toyota New Veloz, Keliling Jakarta Jadi Fun

JAKARTA, 25 Maret 2019 – Beragam fitur disematkan PT Toyota Astra Motor (TAM) pada Toyota New Avanza dan New Veloz....

REVIEW: Rolls-Royce Cullinan 2019, Warisan para Sheik dan Maharaja

SEPULUH tahun lalu, kita akan sulit untuk percaya jika Rolls-Royce akan membuat kendaraan jenis SUV. Tapi, tuntutan konsumen membuat pabrikan...

Mobil Ferrari Paling Ekstrem akan Meluncur Hari Ini

MARANELLO, 25 Maret 2019 – Tidak lama setelah meluncurkan F8 Tributo, Ferrari kembali akan memperkenalkan mobil terbarunya hari ini. Mobil...