Perusahaan Startup Asal Inggris, Naran Automotive Siapkan Hyper Coupe Bergaya Mobil Balap GT3

JAKARTA, Carvaganza.com – Perusahaan Startup asal Inggris, Naran Automotive kemarin (25/11) menampilkan mobil berkonfigurasi tempat duduk 2+2 yang desainnya terinspirasi dari mobil balap GT3. Rencananya mobil ini akan diproduksi terbatas hanya 49 unit saja.

Mobil balap GT3 sebetulnya adalah mobil produksi masal yang diubah menjadi mobil balap. Kebalikannya, Naran Automotive justru membuat mobil jalan raya dari inspirasi mobil balap GT3. Tapi tak mengapa, mahal Naran Automotive mengklaim mobil buatannya akan menawarkan kelebihan berupa pengalaman berkendara mobil balap GT3 di jalan raya.



Menerapkan tema mobil balap GT3, mobil yang berkonfigurasi front mid-engine ini memakai elemen body kit berdesain agresif di sekujur tubuhnya. Termasuk front slplitter, rear wing, rear diffuser dan lainnya. Menurut mereka, elemen desain ini tak hanya berfungsi sebagai estetika belaka. Namun juga berfungsi menambah downforce hingga 1,4 ton.

Bodinya sendiri terbuat dari bahan carbon composite dan velg berukuran 22-inci miliknya terbuat dari material hyrdo-carbon. Di bagian dalamnya Naran Sports memakai flax carbon trim yang diklaim sebagai pertama di dunia. Material ini sangat ringan namun ramah lingkungan karena mudah terurai di alam. Selain itu material ini memiliki kemampuan menyerap getaran layaknya carbon fiber.



Dibalik moncongnya yang panjang terdapat mesin twin-turbocharged 5,0 liter V8 hasil racikan Jerman, Racing Dynamics. Mesin ini memproduksi 1.048 hp tenaga dan 1.035 Nm torsi puncak. Performanya ini sanggup membawa Naran meluncur dari posisi diam sampai kecepatan 100 km/jam dalam 2,3 detik saja. Kecepatan maksimalnya bisa melewati 370 km/jam.

Mobil ini memakai sistem penggerak all-wheel drive. Namun tersedia switch di dalam yang dapat mengubah sistem penggerak 4WD menjadi rear-wheel drive kapanpun diinginkan. Mobil ini berdiri di atas suspensi double wishbone dengan peredaman Ohlins for-way adjustable. Remnya memakai carbon-ceramic dan steering rack hidrolis sudah standar balap.

Naran Automotive menyebut kedinamisan berkendara mobil ini dikembangkan bersama dengan EY3 Engineering dan Daniel Mense. Nama terakhir disebut adalah orang yang bertanggung jawab terhadap tercipatanya rekor satu putaran tercapat sirkuit nurburgring oleh mobil listrik Nio EP9 tahun 2017. Rencananya mobil ini akan melakukan debut pada 2021. Berapa harganya? Tunggu saja tahun depan.
RIZKI SATRIA

Baca juga: Tak Terpengaruh Era Downsize Dan Turbo, Lamborghini Aventador Terbaru Pertahankan Mesin V12



Sumber: Motor Authority

Artikel yang direkomendasikan untuk anda