Beranda Updates Pencarian dan Transaksi Mobil Bekas Meningkat Jelang Lebaran

Pencarian dan Transaksi Mobil Bekas Meningkat Jelang Lebaran

daihatsu giias 2019

JAKARTA, 16 Mei 2019 – Jelang libur Idul Fitri 1440 H menjadi hari yang sibuk bagi sebagian orang. Ritual mudik ke kampung halaman saat ternyata mempengaruhi tingginya permintaan akan kendaraan bermotor, salah satunya mobil bekas.

Data OLX — situs jual beli terkemuka di Indonesia — mencatat setidaknya ada kenaikan 9,3 persen atau setara dengan hampir 250,000 calon pembeli mobil bekas, di situs iklan baris online ini. Bahkan calon pembeli yang serius mengontak langsung penjual naik 13,1 persen atau hampir 750.000 orang. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan sebelum bulan Ramadan.

Menurut  Head of Automotive Category OLX Indonesia, Ivo Wassenaar, jumlah pencarian mobil bekas di OLX mengalami kenaikan karena adanya kebutuhan kendaraan untuk mudik lebaran. “Banyak masyarakat yang memanfaatkan OLX untuk mencari mobil bekas yang akan digunakan untuk mudik,” ujar Ivo.

“Peningkatan jumlah calon pembeli ini tidak hanya terjadi di awal bulan Ramadan saja, tetapi akan terus meningkat hingga jelang Lebaran nanti,” tambah dia.

Adapun model mobil bekas yang banyak dicari untuk mudik lebaran masih di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV). Hal senada diunggapkan Rahmat, pemilik outlet mobil bekas di kawasan Bintaro. Ia mengatakan MPV, terutama model Low MPV menjadi favorit. “Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Mitsubishi Xpander paling banyak dicari konsumen,” kata dia.

Pria yang sudah membuka usaha jual beli mobil bekas selama 10 tahun itu mengatakan jika model lain seperti SUV dan city car tak terlalu banyak peminat. “Mending cari MPV aja, cepet dapet, cepet luar,” kata dia.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza