Beranda Updates Pasar Otomotif Lesu, Dua Mobil Toyota Ini Berjaya di Segmennya

Pasar Otomotif Lesu, Dua Mobil Toyota Ini Berjaya di Segmennya

JAKARTA, 13 Desember 2019 — PT Toyota Astra Motor (TAM) mengakui jika penjualan otomotif tahun 2019 mengalami kelesuan. Hal ini disikapi Toyota dengan berbagai strategi termasuk memperkenalkan produk baru dan meningkatkan layanan sales dan after sales.

Vice President Director TAM Henry Tanoto mengatakan lesuanya pasar otomotif nasional berdampak ke semua merek termasuk Toyota. Ia mengatakan penjualan Toyota turun bila dibandingkan tahun sebelumnya meski secara market share mengalami kenaikan.

“Untuk 2019 market secara wholesale turun sekitar 12 persen. Toyota sendiri volumenya turun 6 persen, menjadi kurang lebih 32 persen market sharenya,” ujar Henry dalam Toyota Year End Media Gathering di Jakarta Selatan, Kamis (12/12/2019) malam.

Ia menyebut angka ini, secara market share capaian ini sudah sesuai dengan prediksi bahkan lebih baik dari pencapaian tahun 2018 lalu yang berada di angka 30,8 persen. Selain itu, penjualan Toyota di segmen Low MPV dan Low SUV masih cukup baik. Di kedua segmen itu, Toyota masih menguasai pasar otomotif di Tanah Air.

“Avanza minor change yang kita luncurkan di awal tahun 2019 ternyata diterima cukup baik oleh kostumer. Di mana market sharenya naik dari 28 persen menjadi 34 persen,” katanya. Hal ini berkat desain yang lebih fresh dan pricing strategy yang dilakukan yang diterima oleh konsumen.

Sementara untuk Toyota Rush, Henry Tanoto menyebut dengan penyegaran yang dilakukan mampu meningkatkan market share dari 42 persen menjadi 54 persen.

Selain itu, tahun 2019 juga mencatatkan prestasi tersendiri pada pertumbuhan kendaraan hybrid. Sepanjang 2019, Toyota melansir Alphard, C-HR, Camry, Corolla Altis. Henry mengatakan total penjualan Hybrid Toyota selama 10 tahun ini sudah lebih dari 2.400 unit.

“Paling penting, tahun ini penjualan hybrid per bulannya naik lima kali lipat dibandingkan sebelum kami kenalkan C-HR, Camry, dan Corolla. Jadi meski masih kecil, tapi per bulannya sudah di atas 50 unit,” ujar Henry.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto