Opel Manta GSe, Mobil Listrik dengan Grille yang Bisa Tampilkan Pesan dan Gambar

Rüsselsheim am Main, CARVAGANZA – Opel mungkin di Indonesia sudah tak begitu populer lagi. Mobil Opel terahir yang masih ngetop hingga kini mungkin cuma Opel Blazer saja. Itupun kemudian brand Opel di Indonesia diganti oleh General Motors dengan Chevrolet pada 2002. Hingga akhirnya brand Opelpun ikut terkubur bersama dengan kepergian Chevrolet dari Tanah Air tahun lalu.

Tapi di Eropa, Opel masih eksis hingga kini. Bahkan dirinya baru saja mengalami tranformasi paska bernaung di bawah payung grup otomotif Stellantis. Belum lama ini mengubah logo perusahaan dan paling baru ini, memperkenalkan kendaraan listrik, Opel Manta GSe ElektroMOD.

Dari namanya, mobil ini terinspirasi dari desain retro mobil sport coupe Opel Manta buatan tahun 1970-an. Sedangkan ElektroMOD, Elektro menunjukkan dirinya sebagai mobil listrik dan MOD bisa diartikan Modern ataupun Modifikasi. Buat Opel, mobil listrik bukanlah hal baru. Mereka pernah memecahkan rekor kecepatan mobil listrik lima puluh tahun yang lalu dengan Opel Elektro GT.

Sejarah dan teknologi tadi disatukan menjadi Opel Manta GSe ElektroMOD. Bukan mobil listrik biasa, paling menarik dari mobil ini adalah bagian wajahnya. Lihat saja grille berupa panel layar yang disebut Opel sebagai Pixel-Vizor. Layar di depan mobil ini asyik juga sebetulnya. Karena selain bisa menampilkan grafis logo maupun gambar-gambar, bisa juga menampilkan pesan.

Opel Manta GSe ElektroMOD

Meski baru berupa video teaser di Youtube dan belum terlihat wujud utuhnya, tetapi kesan sporty dan retro juga kental terasa di mobil ini. Menurut mereka, Opel mengambil Opel Manta A Classic sebagai inspirasi desainnya. Beberapa bagian bahkan dipertahankan keasliannya seperti kap mesin berwarna hitam yang menjadi ciri khas varian coupe orisinalnya serta pilihan warna kuning yang menyilaukan.

Bedanya, kini Opel Manta dibekali digital cockpit di bagian interiornya. Perbedaan lainnya tentu saja sistem penggerak listrik yang menggantikan mesin bensin 4-silinder 1,9 liter yang bertenaga 103 hp dengan torsi 153 Nm yang dipakai Opel Manta GT tipe tertinggi tahun 1974.

Opel Manta GSe ElektroMOD

“Dengan Opel Manta GSe, kami akan menjembatani tradisi dengan masa depan. Menggabungkan Zeitgeist atau spirit sejarah di masa lalu dengan dunia modern sungguh benar-benar mengasyikkan,” ujar Pierre-Olivier Garcia, Opel Global Brand Design Manager dalam keterangan resminya.

Jujur, kecil kemungkinan mobil ini akan diproduksi dalam waktu dekat. Eski begitu Opel memang telah mendeklarasikan dirinya untuk mengelektrifikasi seluruh kendaraannya pada 2024 nanti. Opel Manta GSe ElektroMOD ini adalah salah satu cara dari brand otomotif asal Jerman ini untuk membangun citra barunya itu. RIZKI SATRIA

Sumber: Opel

Artikel yang direkomendasikan untuk anda