Beranda New Cars Nissan GT-R, Without Limits

Nissan GT-R, Without Limits

ULANG TAHUN emas memang selalu istimewa. Apalagi jika yang merayakan hari jadi adalah sebuah brand ikonik seperti Nissan GT-R. Lebih istimewanya lagi, Italdesign – sebuah perusahaan desain dan engineering ternama asal Italia – juga berulang tahun ke-50 pada 2018. Alonso Albaisa, Senior VP global design Nissan mengatakan, “This is a rare window in time when two big moments intersect.”

Ya, ini merupakan momen langka yang tak bisa disia-siakan. Maka muncullah ide ‘gila’ di markas Nissan: “What if we created a GT-R without limits?” Untuk itu, Nissan menggandeng Italdesign dalam menginterpretasi ulang sportscar ikonik GT-R. Keduanya bekerja keras untuk membuat Nissan GT-R50 siap dihadirkan ke hadapan publik pada Goodwood Festival of Speed pertengahan Juli lalu. Italdesign bertanggung jawab dalam membangun mobil, sedangkan Nissan Design Europe dan Nissan Design America menggarap desain interior dan eksteriornya.

Hasilnya sama sekali tidak mengecewakan. Meski berbasiskan Nissan GT-R Nismo, tampilan GT-R50 dengan warna two-tone (Liquid Kinetic Gray dan Energetic Sigma Gold) ini berbeda. Kap mesin dibuat lebih landai dan boxy dengan aksen emas yang memenuhi bingkai grille besar. Lampu depan LED yang lebih tipis melintang dari fender sampai ke bagian atas cooling intake.

Selain itu, garis atap juga dibuat lebih rendah 54 mm sehingga terlihat lebih ramping dan agresif. GT-R50 masih mempertahankan cooling outlet panjang dengan bentuk bagaikan pedang Katana di belakang roda depan, plus aksen emas senada dengan bingkai grille.

Nissan GT-R50 bukan sekadar wajah tampan. Di balik kap, Nissan menyeting ulang mesin yang digunakan GT-R Nismo.

Bagian paling menarik adalah buritannya. Nissan masih menggunakan lampu belakang bundar seperti GT-R, tapi garis-garis tajam di sekitarnya dan adjustable rear wing membuat mobil ini terlihat seperti siap melesat. Dan kaca belakang yang sempit dan landai menambah kesan dramatis.

Seperti yang Anda duga, interiornya sarat dengan Alcantara, kulit dan serat karbon. Aksen emas seperti pada eksterior juga tersebar di dashboard dan door trim. Kesan modern bisa terlihat pada cluster meter digital dan tuas perseneling yang terinspirasi dari race car futuristik.

Nissan GT-R50 bukan sekadar wajah tampan. Di balik kap, Nissan menyeting ulang mesin yang digunakan GT-R Nismo. Kini mesin V6 3.8 L tersebut menghasilkan tenaga 710 hp dengan torsi 780 Nm! Wuihhh… Angka sebesar itu tak mungkin terwujud tanpa twin turbocharger dan intercooler spek GT3. Nissan memadukan mesin yang dirakit tangan tersebut dengan transmisi dual-clutch 6-kecepatan.

Saat ini GT-R50 memang masih berbentuk konsep. Tapi pihak Nissan mengaku akan memproduksinya dengan jumlah terbatas, hanya 50 unit saja dengan harga £800.000.

Nissan GT-R50

Layout Kendaraan: Coupe, 2-pintu, 2 penumpang, mesin-depan, AWD
Mesin: V6 3.8 L twin-turbo/710 hp @ 7100 rpm/780 Nm @ 3600-5600 rpm
Transmisi: A/T 6-kecepatan dual-clutch
P x L x T: 4784 x 1992 x 1316 mm
Wheelbase: 2780 mm
Bobot kosong: N/A

MIRAH PERTIWI