Melanjutkan Fasilitas xEV, Toyota Indonesia Libatkan SDM Dari Ragam Kampus Indonesia

Seminar elektrifikasi TMMIN

BANDUNG, Carvaganza - Toyota Indonesia sudah memiliki fasilitas xEV Center. Fasilitas tersebut bakal menjadi fasilitas pembelajaran dan pengembangan kapabilitas elektrifikasi serta energi hijau milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Fasilitas ini berdiri di lokasi pabrik TMMIN Karawang 3 dengan luas area 600 meter persegi.

KEY TAKEAWAYS

  • Apa yang dimaksud dengan Fasilitas xEV yang dibangun Toyota Indonesia?

    Fasilitas yang bakal dijadikan sebagai pusat pembelajaran dan pengembangan kapabilitas elektrifikasi serta energi hijau. Fasilitas ini dimiliki oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).
  • Di mana fasilitas xEV didirikan oleh Toyota Indonesia?

    Di pabrik TMMIN Karawang 3 dengan luas area 600 meter persegi.
  • Sebagai tindak lanjut dari peresmian xEV Center itu, Toyota Indonesia berkolaborasi bersama institusi pendidikan dengan menggandeng sumber daya manusia (SDM) Indonesia. SDM itu terdiri dari generasi muda serta para pengajar beberapa universitas di Indonesia untuk melakukan ragam kegiatan riset. Bertujuan memberikan alternatif solusi dalam mengembangkan pemahaman dan kemampuan di bidang elektrifikasi sebagai bentuk ragam pilihan teknologi ‘Multi-Pahtway’ yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan kondisi di Indonesia.

    Sebagaimana diketahui bahwa Toyota telah memiliki line-up mobil elektrifikasi mulai dari hybrid, plug-in hybrid sampai full baterai listrik. Hal tersebut yang dimaksud sebagai teknologi multi-pathway bahwa kendaraan yang ramah lingkungan bukan hanya listrik murni saja (BEV), tapi ada beberapa pilihan yang bisa dipilih oleh konsumen dan sesuai dengan kondisi nasional.

    kendaraan elektrifikasi Toyota Line-up Kendaraan elektrifikasi Toyota

     

    Nah, hasil riset yang dilakukan oleh institusi pendidikan itu nantinya diharapkan dapat mendorong pengembangan industri yang berlanjutan dan kesiapan SDM yang ada.

    Ragam pandangan institusi pendidikan yang dilibatkan di dalam riset oleh Toyota Indonesia itu terkuak dalam seminar dengan topik “Aktivitas Riset Universitas sebagai Bagian Upaya dalam Mengembangkan Populasi Kendaraan Elektrifikasi” yang diselenggarakan pada hari ini Jumat (20/5) di Bandung. Seminar hybrid ini selain melibatkan institusi pendidikan secara offline, juga melibatkan jurnalis media nasional secara online.

    “SDM Nasional baik akademisi, mahasiswa, generasi muda, dan seluruh masyarakat Indonesia memegang peranan strategis serta menjadi elemen penting di era elektrifikasi. Aktivitas seminar dan pengembangan riset dari berbagai universitas di Indonesia dapat menjadi media advokasi publik untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM secara bertahap sehingga siap berkontribusi menjadikan Indonesia sebagai pemain global menuju masa depan netralitas karbon,” ujar Bob Azam Corporate Affairs Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

    Seminar yang melibatkan partisipasi aktif Akademisi dan Industri Otomotif ini bertujuan agar publik memperoleh pemahaman yang sama akan tantangan dan peluang dalam pengembangan elektrifikasi di Indonesia. Sejumlah universitas akan menyampaikan kegiatan riset yang telah dilakukan sebagai upaya tambahan untuk mengembangkan pasar kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Tantangan dan hal-hal apa saja yang perlu disiapkan untuk mendukung keberhasilan perubahan menuju era elektrifikasi juga akan menjadi topik pembahasan.

    Lexus UX 300e SUV listrik Lexus UX 300e

     

     

    Dan seminar ini dapat menjadi media advokasi publik tentang industri elektrifikasi. Selain itu dapat menjadi jembatan untuk mencapai keberhasilan menuju era elektrifikasi dan sangat memerlukan kesiapan pengetahuan serta kemampuan SDM yang didukung ekosistem yang terdiri dari integritas, kebijakan, kegiatan maupun kolaborasi positif dari semua pihak (stakeholders).

    Toyota Indonesia meyakini bahwa keberhasilan era elektrifikasi di Indonesia dapat mendukung upaya peta jalan Pemerintah dalam mencapai target “Net Zero Emmission” di tahun 2060. Adapun perwakilan akademisi dari beberapa universitas di Indonesia yang memberikan pemaparan pada seminar itu antara lain dari Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Udayana (UNUD), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Institute Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Sebelas Maret (UNS). (EKA ZULKARNAIN)

    Baca juga:  Toyota Resmikan xEV Center Demi Persiapkan SDM Berkualitas Sambut Era Elektrifikasi

    Mobil Toyota Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature