Beranda Updates Mazda CX-3 Punya Mesin SkyActiv-D 1.8 Turbo Diesel

Mazda CX-3 Punya Mesin SkyActiv-D 1.8 Turbo Diesel

Mazda CX-3 di Bangkok Motor Show 2016 (Foto: Raju Febrian)
daihatsu giias 2019

MUENCHEN, 21 Mei 2018 — Pada ajang Geneva Motor Show 2014, Mazda membuat kejutan dengan memperkenalkan mesin SkyActiv-D 1.5 turbo diesel. Meski hanya turunan SkyActiv-D 2.2, Mazda menyiapkan mesin diesel lainnya. Pabrikan asal Jepang itu menyiapkan mesin SkyActiv-D 1.8.

Mazda dalam rilis berjudul “2018 Mazda CX-3 diluncurkan di Jepang,” menyebutkan jika mesin diesel turbo empat silinder ini menjanjikan “baik respon yang disempurnakan dan peningkatan kinerja emisi.”

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa Mazda mengembangkan mesin SkyActiv-D 1.8 ini.

Standar emisi Euro 6d-TEMP dan uji emisi drive nyata (RDE) adalah alasan mengapa mesin berkapasitas 1.5 liter tak bisa lagi digunakan untuk pasar Eropa. Meskipun tidak dijelaskan secara spesifik, namun mesin 1.8 ini diklaim untuk meningkatkan efisiensi “dalam situasi mengemudi yang umum”.

Mazda CX-3 2019 ini untuk pasar Amerika Serikat, Jepang dan Eropa mendapatkan suspensi yang direvisi dan “ban yang baru dikembangkan,” yang disebutkan menjadikan mobil ini lebih tenang, lebih nyaman, tetapi sama sporty.

Edisi terakhir crossover ini juga menawarkan versi terbaru dari Advanced SCBS (Smart City Brake Support). Sistem ini dapat mendeteksi pejalan kaki pada malam hari, dan jika pengemudi tidak bereaksi terhadap peringatan yang terdengar dan visual, mobil akan mengerem sendiri untuk mengurangi atau menghindari tabrakan.

Fitur-fitur lain adalah auto-dimming rearview mirror dan MRCC (Mazda Radar Cruise Control) dengan fungsi Stop & Go melengkapi daftar upgrade.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza