Maserati Pamer Mesin Baru untuk MC20, Punya Teknologi F1

MODENA, Carvaganza.com – Maserati kembali melanjutkan rangkaian teaser jelang peluncuran sportscar MC20 tahun ini. Pada kesempatan kali ini, diungkap mesin yang akan dipakai oleh MC20, mengadopsi sejumlah teknologi dari Formula 1. Seperti dikatakan sebelumnya, Maserati mengandalkan unit mesin V6 generasi baru.

Diungkapnya mesin V6 berkapasitas 3,0 liter ini menjadi kepingan puzzle terbaru dari MC20. Mesin ini konon dikembangkan menggunakan derivasi teknologi yang diadopsi dari mobil F1. Hal ini memungkinkan mengingat Maserati masih merupakan saudara dari Ferrari, di bawah naungan Fiat Chrysler Automobile (FCA).

Dapur pacu enam silinder ini didukung oleh dua buah turbocharger (twin-turbo)m dengan total bobot di bawah 220 kg. Teknologi turbocharger inilah yang disebut dikembangkan dengan teknologi F1.Tenaga yang dihasilkan diklaim mencapai 621 hp pada 7.500 rpm, berikut torsi puncak 730 Nm pada rentang 3.000 – 5.500 rpm. Mesin sendiri sanggup digeber sampai menyentuh 8.000 rpm.



Mesin dirancang dengan memiliki sistem pembakaran pre-chamber dengan masing-masing menggunakan dua buah busi. Klaimnya ini adalah teknologi yang pertama kali diterapkan pada mobil jalan raya. Pre-chamber ini diposisikan di antara ruang pembakaran tradisional dan elektroda pusat, lalu dihubungkan beberapa lubang khusus. Bagian ini kemudian digabungkan oleh busi lateral yang memakai busi tradisional untuk mendukung pembakaran dalam tingkat operasi yang rendah.

Aplikasi sistem injeksi ganda, langsung dan tidak langsung, membantu meredam gaduh dari mesin di setiap putaran. Di saat bersamaan, sistem ini membantu meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar, serta mereduksi emisi CO2. Mesin ini disebut sudah memenuhi standar emisi Euro 6.

Maserati merancang, mengembangkan, dan membangun mesin ini di fasilitas Engine Hub milik mereka di Modena. Mesin baru ini kabarnya sudah dilindungi oleh paten internasional. Ke depannya, mesin akan disebar ke sejumlah model baru lainnya oleh Maserati, setelah debut melalui MC20.



“Saat peluncuran, model-model baru akan diungkap, yang akan masuk produksi di tahun-tahun berikutnya, dan system propulsi inovatif serta program ambisius yang dikembangkan oleh Casa del Tridente akan diumumkan,” jelas pernyataan Maserati.

Wolr premiere untuk MC20 akan digelar Maserati lewat acara ‘MMXX: The Time To Be Audacious’, 9 dan 10 September 2020 mendatang. Acara di Modena ini akan memperlihatkan Maserati kembali ke dunia balap melalui sportscar terbarunya itu. MC20 akan tampil dengan format mid engine, seperti Ferrari F8 Tributo dan Alfa Romeo 4C.

MC20 sendiri akan mengawali hadirnya teknologi elektrifikasi pada Maserati, yang akan disusul oleh rangkaian model baru lainnya. Saat ini line up model Maserati diwakili oleh Ghibli, Quattroporte, GranTurismo, GranCabrio, dan Levante.



Sumber: Carscoops

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda