Beranda New Cars Maserati MC20, Nama Calon Supercar Terbaru Rilis Mei 2020

Maserati MC20, Nama Calon Supercar Terbaru Rilis Mei 2020

MODENA, Carvaganza.com – Cukup lama tidak merilis model sportscar ke pasar, Maserati memastikan akan merilis mobil kencang lagi pada tahun ini. Model yang dimaksud akan menjadi penerus langsung dari model supercar MC12, sekaligus mengantarkan Maserati kembali ke dunia balap.

Mobil sport terbaru Maserati diumumkan akan menggunakan nama MC20, menyusul dirilisnya serangkaian foto teaser resmi mobil ini. Dengan MC20, Maserati mengembangkan generasi baru sportscar benar-benar dari nol, sepenuhnya baru.

Nama MC20 sendiri bukan tidak ada artinya, karena berkaitan dengan divisi motorsport pabrikan Italia ini, yaitu Maserati Corse. Terakhir kali Maserati menggunakan moniker MC pada produknya adalah pada MC12, supercar yang dibangun berbagi basis dengan Ferrari Enzo.

Pada pertengahan tahun 2.000-an lalu, Maserati aktif di kejuaraan balap dunia FIA GT, mengandalkan MC12. Versi standard dari MC12 bahkan sukses melampaui performa Enzo di atas lintasan. Selain GT1, MC12 pun sempat ramaikan ajang balap Italian GT, Super GT dan American Le Mans Series.

Pemilihan Nama

Kembali ke MC20, pemilihan namanya berasal dari gabungan Maserati Corse dan 2020 yang menjadi tahun peluncuran mobil ini. Di line up mobil sport sendiri, MC20 akan menjadi model terbaru setelah GranTurismo dan GranCabrio, namun bukan di segmen supercar.

Selain kedua model tadi, Maserati juga belakangan fokus mengembangkan segmen sedan mewahnya melalui Ghibli dan Quattroporte. Begitu juga dengan debutnya di pasar SUV mewah, dengan melahirkan Levante pada tahun 2016 lalu.

Bulan Mei disebut menjadi jadwal peluncuran dari MC20, yang sejak November tahun lalu telah menjalani tes di jalan raya. Sosok MC20 dirilis dalam foto, yang dibalut kamuflase, menunjukkan intake besar di bagian depan serta konfigurasi posisi mesin di belakang kokpit.

Powertrain Baru

Mobil baru ini diklaim akan disematkan powertrain baru yang sepenuhnya dikembangkan dan dibangun oleh Maserati. Mesin ini akan mengawali rangkaian keluarga dapur pacu baru untuk Maserati, yang sebelumnya hanya memiliki opsi V8 dan V6 untuk seluruh line up.

Rumornya, prototipe ini hanya menjadi ‘rumah’ bagi powertrain untuk mobil baru alias MC20, yang bisa jadi bentuknya jauh berbeda. Bahkan Maserati dikatakan akan pertama kalinya perkenalkan powertrain berelektrifikasi, dengan teknologi hybrid pada MC20.

Bahkan lebih lanjut, MC20 juga diprediksi akan hadir dengan powertrain full electric, mengingat visi Maserati yang ingin beralih ke mobil listrik. Yang pasti, MC20 akan mengembalikan Maserati ke pasar supercar yang lebih serius, setelah GranTurismo dirancang cenderung sebagai gran turismo.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Karena PSBB, Daihatsu Perkecil Jumlah Karyawan Masuk Kantor

JAKARTA, Carvaganza.com – Pabrikan Daihatsu menerapkan kebijakan baru untuk menanggapi Pergub DKI mengenai penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pergub DKI Jakarta itu...

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...

Strategi Elektrifikasi, Kia akan Punya 7 Mobil Listrik Baru Sampai 2027

SEOUL, Carvaganza.com – Tren elektrifikasi semakin meluas dan diikuti oleh sebagian besar pabrikan otomotif di dunia. Kendaraan bertenaga listrik semakin banyak pula mengisi line...

4,5 Tahun Jadi Bangke Di Sungai, Porsche 911 Direbuild Lagi

TUSCANY, Carvaganza.com -  Bagi kalangan car enthusiast, menghidupkan kembali mobil yang telah mati adalah pekerjaan mengasyikkan. Apalagi kalau mobil yang dikerjakan punya historis tinggi...

Regulasi Baru, Peugeot akan Ikut Le Mans Lagi Mulai 2022

LE MANS, Carvaganza.com – Peugeot akhirnya resmi mengumumkan akan mencoba lagi untuk megnejar kemenagnan di Le Mans 24 Hour. Caranya adalah dengan akan berpartisipasi...