KTM X-Bow GTX, Evolusi Terbaru Senjata untuk Track Day

MATTIGHOFEN, Carvaganza.com – Bicara soal merek KTM, sudah tidak perlu diragukan lagi reputasinya soal performa di dunia roda dua. Tapi bicara soal roda empat, KTM hanya fokus pada mobil berperfroma tinggi, yaitu X-Bow. Sekian tahun beredar, kini KTM X-Bow telah hadir lewat evolusi terbarunya untuk para pecinta kecepatan.

Menyusul preview yang dilansir pada bulan Februari lalu, kini X-Bow GTX resmi diperkenalkan. Menjadi mobil berspesifikasi track day yang siap dipakai untuk balapan, X-Bow GTX punya segudang peningkatan dan pembaruan. Disebut KTM, model ini adalah “kendaraan paling spektakuler, cantik dan berteknologi canggih” yang pernah mereka buat.

Seperti dikatakan di atas, X-Bow GTX dibuat untuk para pecinta track day, namun juga siap seandainya ingin dipakai untuk balap profesional. Chassis monokok serat karbon baru yang digunakan telah diuji dan digabungkan dengan roll bar keselamatan dengan homologasi GT. Standar keselamatan yang didapatkan X-Bow GTX adalah sesuai FIA Appendix J.

Tidak seperti X-Bow standar, versi GTX memiliki kabin tertutup seperti versi GT4, dan dilengkapi sayap GT besar di bagian belakang. Desain body barunya menjadi lebih tajam dan ramping, demi peningkatan aerodinamika lebih efisien. Tidak ada pintu, pengemudi dan penumpang masuk dengan membuka kanopi yang diangkat, layaknya jet tempur atau mobil balap prototipe. Tidak ada spion di body luar demi drag yang minim, karena digantikan dua unit kamera di belakang.

Di dalam kokpitnya, KTM memasang dua jok Recaro versi kompetisi yang terbuat dari kevlar karbon, dikembangkan sesuai dengan kriteria ‘Advanced Seat’. Jok sudah didukung seatbelt enam titik berhomologasi, dengan harness buatan Schroth sebagai standar. Material serat karbon mendominasi tampilan kabin, layaknya mobil balap sejati, yang tentunya demi bobot seringan mungkin.

Pengemudi dipersenjatai oleh setir yang terintegrasi dengan layar informasi, yang berfungsi sebagai meter cluster pula. Serangkaian tombol juga tersemat di dalam setir, untuk operasikan berbagai pengaturan mobil sesuai keinginan pengemudi. Lingkar setir dibalut oleh suede. Sistem kemudi kini memakai electric power steering, bukan lagi hidrolik, demi memangkas bobot dari X-Bow standar. Sistem elektrik juga memungkinkan adanya tidak set-up berbeda demi sesuaikan preferensi dan kebutuhan pengemudi.

Bobot X-Bow GTX diklaim pabrikan Austria ini hanya 1.048 kilogram. Chassis menggendong mesin lima silinder 2,5 liter turbo dari Audi Sport, yang punya output tenaga 523 hp dan torsi 650 Nm. KTM melakukan modifikasi mesin pada katup injeksi, wastegate, sistem intake, knalpot dan software pada ECU. Transmisi siap balap disediakan lewat sequential 6-speed dari Holinger MF, dengan gear shifter yang dioperasikan elektris.

Bagian drivetrain masih memiliki kopling spek balap dengan logam sinter, serta limited-slip differential. Bagian kaki-kaki yang andalkan shockbreaker dari Sachs bisa diatur kompresi dan tingkat peredamannya, pun dengan ketinggiannya. Roda depan ditopang suspensi push-rod dengan adjustable stabilizer. Remnya memakai kaliper enam piston di depan, dan empat piston di belakang.

Tergoda meminang X-Bow GTX untuk bermain di saat track day? Siapkan saja budget setidaknya € 230.000 atau setara Rp 3,982 miliar. Harga untuk pasar Eropa tersebut tentunya masih belum termasuk pajak.

Sumber: Carscoops



WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda