Beranda Updates Kelebihan dan Kekurangan New Daihatsu Ayla

Kelebihan dan Kekurangan New Daihatsu Ayla

JAKARTA, Carvaganza.com – Keputusan membeli sebuah kendaraan ditentukan banyak hal. Di segmen LCGC hatchback dua baris, Daihatsu hadir dengan tawaran New Ayla. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membungkus New Ayla dengan ragam peningkatan. Bukan cuma kemasan. Sektor keamanan, hingga fasilitas pemanja tak luput dari pekerjaan mereka kali ini.

Banyak pembaruan yang dilakukan untuk membuat Ayla tampil lebih sporty. Interior ikut dirombak dan ditambahkan fitur mengemudi sekaligus keamanan. Menariknya, harga jual Daihatsu Ayla tipe termurah tidak berubah tetap di angka Rp 101,65 juta. Sedangkan tipe tertinggi mengalami kenaikan menjadi Rp 159,4 juta OTR Jakarta.

Tetsuo Miura, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, “Kami hadirkan Daihatsu Ayla yang memiliki penampilan sekaligus fitur baru, sesuai untuk kaum muda. Kami yakin, mereka akan makin menyukai Daihatsu Ayla,” katanya.

Upaya itu tentu tak melulu sempurna. Ada beberapa aspek yang bisa dikategorikan keunggulan, maupun kekurangan dari Ayla. Perhatikan kelebihan dan kekurangan New Daihatsu Ayla sebelum membeli.

Baca juga: REVIEW: New Daihatsu Ayla, Bersolek Demi Kaum Millennial 

Kelebihan

Peningkatan fitur Ayla yang kini lebih fungsional dan tepat guna pantas diacungi jempol. Contohnya, pemasangan kamera parkir. Visual yang disampaikan layar 7-inci baru, memudahkan saat Anda mundur atau parkir. Ditambah adanya garis ilustrasi untuk memandu pengemudi memposisikan mobil. Peranti ini tak dimiliki Toyota Agya dan Honda Brio Satya.

Penambahan lain masih di sekitar dashboard, yakni AC digital. Meski tak bisa dibilang yang terbaik – hampir semua rivalnya punya – setidaknya ia menjawab keinginan pasar. Tapi ada satu yang cukup di atas rata-rata: retractable mirror. Kaca spion bisa dilipat menggunakan tombol rasanya cukup memukau ada di sebuah LCGC.

Berikutnya, opsi varian begitu banyak. Mudah untuk menyesuaikan budget dan selera. Total ada enam varian utama yang ditawarkan, mulai dari mesin 1.0-liter sampai 1.2-liter. Masing-masing turut dilengkapi pilihan transmisi manual dan otomatis. Harga Ayla boleh dibilang terjangkau. Varian termahalnya saja selisih Rp 10 juta dari kembarannya sendiri Toyota Agya. Meski ia tak punya fitur start/stop button. Jika dikaitkan dengan Honda Brio Satya, rasanya semakin jauh selisih banderolnya.

Yang tak kalah menarik, Anda yang kurang tergugah dengan embel-embel aero kit, tak perlu memaksakan beli trim tertinggi (R DLX) – demi mendapat semua fitur. Varian R A/T sudah mengandung semua unsur utama New Ayla. Pemisahan kemasan semacam ini cukup pintar. Mengingat di Toyota Agya, mau tak mau harus meminang versi TRD, jika hendak menikmati kelengkapan optimal.

Baca juga: Bedah Varian New Daihatsu Ayla, Mana Yang Menarik?

Kekurangan

Dari luar, kekurangan bisa ditemukan pada sektor pencahayaan depan. Selain mika, tak berubah bentuk sama sekali, teknologinya pun ikut serupa. Cahaya masih berasal dari halogen proyektor. Hanya lampu senja yang LED. Dan cukup disayangkan pula, DRL pada grille bumper direvisi.

Masuk ke kabin, ada satu yang Anda langsung sadari absen. Kawan-kawan LCGC sudah memakai start/stop button, atau setidaknya keyless entry. Ayla masih bertahan dengan anak kunci. Namun untungnya sudah memiliki immobilizer (Semua tipe 1.2-liter), mengurangi risiko kemalingan. Absensi ini sebetulnya menjadi kekurangan jika dilihat dari kelengkapan kompetitor. Tapi secara fungsi, tak begitu vital.

Urusan safety, perangkat rem bersensor ABS dan EBD baru bisa dirasakan pada varian R A/T ke atas. Yang manual dan di bawahnya masih polos. Padahal fitur ini memiliki fungsi krusial, mencegah roda terkunci saat melakukan hard braking. Fasilitas keamanan tipe 1.2 X dan R M/T lebih relevan pada pencegahan cidera penumpang. Seperti dual SRS Airbag, side impact beam dan seat belt di baris satu dan dua, serta stabilizer poros roda.

Terakhir, varian terbawah 1.0-liter seperti dianaktirikan. Hampir tak berubah wujud. Daihatsu hanya bermain dengan komposisi warna dan sedikit ubahan bumper serta pelek baru. Konsumen yang memiliki budget untuk tipe ini harus menghela nafas, di kala orang lain terpuaskan dengan transformasi Ayla varian 1.2-liter.

Baca Juga: Sebelum Beli, Perhatikan Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu New Ayla 2020

HELMI ALFRIANDI | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Lexus UX 300e, Langkah Awal Visi Elektrifikasi Masa Depan Rekusasu

JAKARTA, Carvaganza -- Lexus, brand di bawah bendera Toyota, identik dengan kendaraan luxury alias mewah. Tapi mereka tak mau ketinggalan merapal soal mobilitas masa depan....

Jeep Bakal Siapkan Penantang Fortuner dan Pajero Sport

JAKARTA, carvaganza -  PT DAS Indonesia Motor telah tampil menggantikan HASCAR Group sebagai APM baru Jeep di Indonesia. Pada pengumuman resmi PT DAS sebagai...

Generasi Baru Mazda2 akan Pinjam Basis Yaris Hybrid

HIROSHIMA, Carvaganza.com – Bila ingat beberapa tahun lalu, Mazda dan Toyota menjalin kemitraan yang salah satunya diwujudkan lewat rebranding Mazda2. Saat itu, Mazda2 digunakan...

Kisah Nyata Di Balik Mercedes-Benz 600 Pullman John Lennon

JAKARTA, carvaganza.com – Tak ada nama yang lebih tenar selain dari John Lennon dalam hal perdamaian dunia. Bebeda dari John F. Kennedy atau tokoh...

Nissan Terra Dapat Facelift, Adopsi Nama SUV Klasik

YOKOHAMA, Carvaganza.com – Setelah cukup lama beredar, Nissan Terra akhirnya resmi mengalami penyegaran alias facelift tahun ini. Untuk versi improvement ini, Nissan mengadopsi nama...