Beranda New Cars Bedah Varian New Daihatsu Ayla, Mana Yang Menarik?

Bedah Varian New Daihatsu Ayla, Mana Yang Menarik?

JAKARTA, Carvaganza.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memperkuat jajarannya dengan memperkenalkan New Daihatsu Ayla, Kamis (19/3/2020) kemarin. Andalan di segmen LCGC ini hadir kian sporty berkat banyak pembaruan yang disematkan. Interior juga ikut mendapat rombakan, penambahkan fitur mengemudi dan keamanan yang lebih canggih.

Total ada 6 varian yang ditawarkan Daihatsu. Mulai dari 1.0L sebanyak 6 tipe yang terbagi dalam transmisi manual dan otomatis dan 1.2L yang juga 6 tipe. Menariknya, harga jual Daihatsu Ayla tipe termurah tidak berubah tetap di angka Rp 101,65 juta. Sedangkan tipe tertinggi mengalami kenaikan menjadi Rp 159,4 juta OTR Jakarta.

Tentu tak semua kebagian peningkatan fitur. Dari varian-varian yang ada, hanya tipe tertentu saja yang mendapat kelengkapan optimal. Nah, apa saja? Simak pembahasannya:

Tipe 1.0 D dan D+

Varian Ayla bermesin 1.0-liter tidak banyak berubah. Wajahnya sama seperti sebelumnya, begitu-begitu saja. Hanya mendapat bumper baru, yang sebetulnya tak begitu membuat pangling. Apalagi tipe D. Eksteriornya sederhana. Bisa terlihat dari pemilihan pelek kaleng, tanpa ditutup dop. Di bumper depan pun polos, tak dipasangkan lampu kabut.

Fitur-fitur seperti power steering, power window, power door lock, hingga head unit juga tak tersedia. Untung saja seat belt dipasang baik di depan maupun baris belakang. Mobil inilah yang harganya Rp 101,650 juta, alias paling murah.

Di atas itu ada D+. Dengan selisih Rp 2,2 juta, varian ini menawarkan tampilan sedikit berbeda. Pelek kaleng ditutup dop putih. Dan di dalam kabin sudah ada AC, Electronic Power Steering (EPS), power door lock, serta head unit single-DIN. Sisanya serupa. Tak ada opsi transmisi otomatis dari keduanya, keduanya manual 5-speed.

Baca juga: Daihatsu Ayla Resmi Diperkenalkan, Harga Termurah Tidak Naik

Tipe 1.0 X

Ayla X punya fitur yang lebih lengkap. Sudah ada foglamp di bumper, serta spion dengan lampu sein dan pengaturan kacanya elektrik. Roda juga dihiasi pelek palang dark grey dengan ukuran 14-inci. Sporty, tak seperti dua tipe sebelumnya yang hanya 13-inci.

Di dalam kabin, terdapat beberapa ornamen krom. Seperti lingkar kemudi, armrest doortrim dan di instrument cluster. Dashboard didominasi silver dengan perangkat audio 2 DIN, yang bisa membaca format AUX, USB dan CD. Dan untuk keamanan bermanuver, Ayla X dipasangkan stabilizer pada bagian depan.

Tipe 1.0 X Deluxe

Sementara X Deluxe, merupakan versi penyempurnaan dari X. Seluruh tubuh dipasangkan aerokit. Maksudnya tertera lips bumper, side skirt, hingga tambahan “daging” di bumper belakang. Jadi terlihat lebih mewah. Dashboard tengah pun didominasi hitam, atau mereka menyebutnya piano black. Terdapat pula console box, persis di belakang tuas rem tangan. Karpetnya juga memiliki tema berbeda. Plus ada partisi di bagasi. Baik X dan X Deluxe menyediakan opsi transmisi otomatis.

Harganya masing-masing Rp 125,5 juta (X MT), Rp 134,55 juta (X AT), Rp 132,85 juta (X DLX MT), Rp 141,9 juta (X DLX AT). Urusan amunisi, mereka semua mengusung jantung 3-silinder 998 cc berkode 1KR-DE. Hasil produksi tenaga mencapai 65 PS/6.000 rpm dan torsi 86 Nm/3.600 rpm.

Baca juga: REVIEW: New Daihatsu Ayla, Bersolek Demi Kaum Millennial 

Tipe 1.2 X

Varian 1,2-liter X dijual mulai Rp 135,95 juta untuk versi manual dan Rp 145,95 juta OTR Jakarta untuk transmisi otomatis. Di titik ini, barulah Ayla mendapat rombakan ulang. Grille hingga intake didominasi warna hitam. Palangnya juga baru, tak lagi berbentuk kisi-kisi. Secara keseluruhan, bumpernya memiliki tekukan lebih menyiku ketimbang versi lalu. Bagian ceruk pada rumah foglamp pun kian merepresentasikan sporty.

Urusan pencahayaan masih sama seperti sebelum. Tidak berubah, mengusung model proyektor halogen, berpadu dengan LED positioning lamp. Sayangnya dua LED DRL yang tadinya menempel di lubang intake kini diralat.

Sebuah transformasi besar di varian ini, pemangkasan kenop putar di dashboard. Hal itu digantikan dengan model AC Digital, untuk mengatur angin maupun suhu. Soal fiturnya tak banyak berubah. Audio masih memakai jenis single DIN dan tak ada visual kamera parkir di situ. Perangkat keamanannya pun standar, berbekal dual SRS Airbag dan stabilizer di roda depan serta belakang. Plus kunci dengan Immobilizer.

Tipe 1.2 R

Di tipe ini ada dua pembeda pada bagian eksterior. Pertama, sisi rumah foglamp dibingkai list krom. Dan pelek delapan palang memiliki padanan dua warna (hitam-silver). Berikut modelnya berbeda dengan seri lain. Sisanya kurang lebih serupa.

Masuk ke dalam kabin, paling terlihat ialah penggunaan head unit. Layar touch screen berujuran 7 inci bisa memutar banyak format seperti radio, CD, USB, hingga Bluetooth. Pengaturan volume pun dapat dioperasikan lewat tombol di palang kemudi. Dan yang paling penting, display itu menerjemahkan kamera belakang yang berpadu dengan sensor parkir. Lengkap.

Pembedanya lagi adalah retractable side mirror, adanya konsol box, serta partisi di bagasi. Lantas soal keamanan – selain dual SRS airbag – sudah dipasang perangkat ABS dan EBD di peranti penahan laju. Namun, hal ini baru bisa didapat pada varian transmisi otomatis. Harganya, mulai Rp 142,9 juta (MT) – Rp 155,4 juta (AT).

Baca juga: VIDEO: New Daihatsu Ayla Meluncur, Apa Saja yang Baru?

Tipe 1.2 R Deluxe

Tipe R Deluxe memiliki semua fitur di varian R tadi. Pembedanya, aerokit lengkap terpasang dari depan, samping dan belakang. Bodi juga ditempelkan stiker dan emblem deluxe di beberapa sisi. Dan, ada tambahan ornamen krom pada pintu belakang, serta karpet motif khusus bertuliskan Ayla.

Daihatsu melegonya seharga Rp 146,9 juta sampai Rp 159,4 juta. Selisih Rp 4 jutaan dengan titel R standar. Sebagai informasi, diferensiasi pada trim mewah ini hanya berupa aksesori, bukan fundamental. Dari varian R (AT) pun Anda sudah bisa menikmati kelengkapan fitur Ayla facelift secara optimal.

Untuk tambahan informasi, varian-varian tadi dibekali mesin seragam, berkode 3NR-VE. Kubikasi bersih 1.197 cc DOHC empat silinder, dengan teknologi Dual VVT-i. Tentu saja output-nya lebih impresif dari varian 1.0-liter. Model ini sanggup memproduksi daya 88 PS/6.000 rpm dan torsi 108 Nm/4.250 rpm.

Well.. semua sudah dibahas. Tinggal Anda menentukan mana pilihan Anda.

Baca Juga: Membedah Varian New Daihatsu Ayla 2020

HELMI ALFRIANDI | RAJU FEBRIAN

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto