Beranda New Cars REVIEW: New Daihatsu Ayla, Bersolek Demi Kaum Millennial  

REVIEW: New Daihatsu Ayla, Bersolek Demi Kaum Millennial  

JAKARTA, Carvaganza.com – Daihatsu kian serius menyasar pasar anak muda millennial. New Daihatsu Ayla 2020 diklaim sangat representatif untuk anak muda. Mobil ini dianggap bisa memenuhi keinginan kaum muda yang mengutamakan mobil dengan desain yang stylish dengan fitur kekinian, serta no worries selama pemakaian.

Bahasa marketing yang digunakan Daihatsu memang sudah kekinian. Tapi apakah bisa diterjemahkan ke Ayla baru ini?Daihatsu tak sekedar mengklaim. Diperkenakan bersamaan dengan kembarannya, Toyota Agya, pada 2013. Selama sekitar 7 tahun, Ayla telah terjual lebih dari 214 ribu unit hingga Februari 2020. Hal ini menunjukkan jika Ayla bisa diterima konsumen.

Dan harus diakui tampilan LCGC andalan Daihatsu ini makin keren. Ubahan yang dilakukan – meski bersifat kosmetik – mampu menambah daya atraktif untuk memikat konsumen segmen ini.

Khususnya tipe 1.2 X hingga 1.2 R Deluxe mendapat permak wajah demi penyegaran. Tipe 1.0 D sampai 1.0 X Deluxe, masih memakai muka lama. Selebihnya, ini tampilan baru Ayla:

Baca juga: VIDEO: New Daihatsu Ayla Meluncur, Apa Saja yang Baru?

Ubahan Eksterior

Secara umum tampilan wajah Ayla tak beda dengan sebelumnya. Ayla masih menatap dengan mika lama, berisikan headlight projector halogen, serta LED positioning lamp. Bentuk dan siluetnya sama persis. Bahkan cukup disayangkan, LED DRL di kisi-kisi bumper diralat.

Meski begitu, dari grille hingga bentuk bumper berubah total. Jika tadinya memakai dua aksen palang krom, kini hampir semua dihitamkan. Bentuknya juga bukan lagi kisi-kisi, melainkan dua panel yang menyisakan sedikit ruang untuk aliran udara. Lengkap dengan imbuhan lima garis vertikal ala mobil performa.

Daihatsu menyebut jika desain baru ini mengadopsi Grille dan bumper depan Ayla Turbo yang pernah dipamerkan pada ajan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu. Harapannya tampilan Ayla baru semakin modern dan sporty.

Baca juga: Daihatsu New Sirion Dapat Racikan Wajah Baru, Ini Ubahannya

Makin Sporty

Bagian sisi bumper ikut kena revisi. Dibuat jauh lebih tegas, semua menggunakan gaya menyudut. Rumah lampu kabut menekuk ke dalam dan dihiasi setengah bingkai krom. Mungkin ini menjadi subtitusi serba-hitam tadi agar tetap memiliki kontras. Secara keseluruhan, Daihatsu tampak mengarahkan Ayla bergaya sporty ketimbang elegan.

Dari samping perubahan besar terlihat di spion. Ia memakai model mirip dengan milik Sirion, alias lebih ramping dan menyiku. Ayla juga punya sepatu baru. Pelek palang kipas sedikit dipermak dengan aksen two tone di tengah palang. Cukup menambah kesan atraktif. Tapi soal ukuran sama saja, memiliki profil 175/65 R14.

Berputar ke belakang, yang jelas diubah mika stoplamp. Bukan bentuk keseluruhan. Melainkan tema dan alur di dalam. Permukaan yang tadinya merah, sekarang memakai mika bening. Dan di dalamnya berisi alur lampu rem membentuk dua huruf L. Sisanya sama. Spoiler berliku, letak reflektor, hingga model bumper lama masih digunakan. Sedikit komposisi warna saja yang dimainkan.

Baca juga: REVIEW: Toyota New Agya, Layakkah Jadi Pilihan Pertama?

Interior dan Fitur

Pada sisi interior warna hitam mendominasi untuk memberikan kesan sporty. Motif dan model jok tak ikut diubah. Begitu juga steer hingga kokpit. Ubahan penting justru ada di tengah dashboard. Konsol itu tak lagi diisi kenop putar. Pengaturan AC diganti dengan display digital. Head Unit 7 incinya pun baru, bisa memutar banyak format music. Termasuk dari USB dan Bluetooth. Mengenai bingkai dua perangkat ini juga menjadi hitam. Tak lagi silver seperti yang lalu.

Display layar tadi bukan cuma dikerahkan untuk kebutuhan entertainment. Ia juga menerjemahkan kamera dan sensor parkir dengan resolusi cukup baik. Hal ini merupakan terobosan untuk kelas LCGC.

Nah, kelengkapan perangkat keamanan juga bertambah. Ayla 1.2 R AT sudah punya sensor ABS (Anti-Lock Braking System) dua kanal (roda depan). Lengkap dengan EBD (Electronic Brakeforce Distribution). Sementara dual SRS Airbag merupakan bawaan dari versi lama.

Baca juga: VIDEO: Lihat Semua Pembaruan Toyota New Agya 2020

Model dan Harga

“Kami hadirkan Daihatsu Ayla yang memiliki penampilan sekaligus fitur baru, sesuai untuk kaum muda. Kami yakin, mereka akan makin menyukai Daihatsu Ayla,” kata Tetsuo Miura, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM), saat peluncuran Ayla.

Bagi Anda yang berminat, New Ayla tersedia dalam 7 pilihan warna, dengan 2 pilihan warna terbaru, yaitu Yellow Metallic dan Glittering Silver Metallic.

Di model baru ini ada 4 tipe 1.0L yang hilang sehingga hanya menyisakan total 12 tipe. Untuk harga 1.0L dibanderol mulai Rp 101,65 juta, yang tidak naik dibandingkan sebelumnya, hingga Rp 141,05 juta. Sedangkan tipe 1.2L termurah dijual Rp 135,95 juta hingga tipe termahal 159,4 juta yang naik sekitar Rp 4 jutaan dibandingkan sebelumnya.

Berikut daftar harga New Daihatsu Ayla:

– 1.0 D MT: Rp 101.650.000
– 1.0 D+ MT: Rp 113.850.000
– 1.0 X MT: Rp 124.650.000
– 1.0 X AT: 133.700.000
– 1.0 X Deluxe MT: Rp 132.000.000
– 1.0 X Deluxe A: Rp 141.050.000
– 1.2 X MT: Rp 135.950.000
– 1.2 X AT: Rp 145.950.000
– 1.2 R MT: Rp 142.900.000
– 1.2 R AT: Rp 155.400.000
– 1.2 R Deluxe MT: Rp 146.900.000
– 1.2 R Deluxe AT: Rp 159.400.000

Baca Juga: Daihatsu Ayla Facelift Mengaspal, Apa Saja Ubahannya?

HELMI ALFRIANDI | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

F1: Bottas Ambisius Ingin Jegal Hamilton di GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com - Di Formula 1 saat ini, Valtteri Bottas menjadi satu-satunya penantang realistis Lewis Hamilton untuk merebut kejuaraan dunia. Saat ini F1 2020...

Toyota dan Mitsubishi: Kita Wait and See Keputusan Pajak Nol Persen

JAKARTA, Carvaganza.com -  Rencana mengnolkan pajak untuk penjualan kendaraan baru menjadi sangat menarik. Diskusi di ruang-ruang publik pun terbangun, karena kalau itu terealisasi publik...

Asuransi Astra Salurkan Donasi Beasiswa Rp 300 Juta untuk SLB B Sana Dharma

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi Covid-19 berdampak ke banyak sektor, termasuk dunia pendidikan. Seperti yang dialami SLB B Sana Dharma di Cilandak Barat, Jakarta. Guna...

Beda dari Versi Global, Honda Jazz di Indonesia akan Berwujud City Hatchback?

JAKARTA, Carvaganza.com – Sudah hampir setahun Honda Jazz/Fit generasi terbaru debut sejak Tokyo Motor Show 2019. Sampai saat ini juga, belum ada titik cerah...

Hyundai i30 N Facelift: Lebih Hot, Kencang, dan Canggih

SEOUL, Carvaganza.com – Resmi sudah Hyundai i30 N versi baru diluncurkan sebagai hot hatchback performa tinggi, untuk melawan para rival dari Jepang dan Eropa....