Beranda New Cars Ferrari Monza Dibuat Lebih Menakutkan Lagi Oleh Tuner Asal Jerman

Ferrari Monza Dibuat Lebih Menakutkan Lagi Oleh Tuner Asal Jerman

Tak banyak mobil jalan raya yang memiliki performa mendekati mobil balap Formula 1. Ferrari Monza adalah satu diantaranya. Diperkenalkan pada 2018, mobil ini menjadi awal bagi deretan model bernama “Icona” Series. Program yang disiapkan Ferrari untuk menciptakan mobil spesial yang terinspirasi dari mobil-mobil klasik Ferrari. Biasanya mobil ini diproduksi secara terbatas.

Ferrari Monza inipun hanya diproduksi tak lebih dari 500 unit. Ada dua tipe yang ditawarkan, Ferrari Monza SP1 dan SP2. Bedanya SP1 memiliki satu kursi (single-seater) sedangkan SP2 punya dua tempat duduk. Desain inspirasi mobil ini memadukan Ferrari 750 Monza, 250 Testarossa dan 166 MM.

Performanya disuplay oleh mesin V12 naturally aspirated 6,5 liter yang bertenaga 800 hp dengan torsi puncak 719 Nm. Outputnya ini menjadikan Ferrari Monza SP1 dan SP2 menjadi salah satu mobil bermesin V12 terkencang Ferrari yang pernah ada. Kemampuan akselerasi 0-100 kpj 2,9 detik saja dengan kecepatan maksumum dibatasi pada 299 kpj.

Makanya, hanya sekumpulan orang ‘gila’ yang bisa melihat masih ada ruang untuk membuat performanya menjadi semakin buas lagi. Mereka adalah Novitec, tuner asal Jerman yang memang dikenal punya spesialisasi melakukan peningkatan performa pada supercar.

Percaya atau tidak, bahkan Novitec menjanjikan penglaman berkendara yang lebih menegangkan dari performa aslinya. Performanya melonjak menjadi 844 hp pada 8.450 rpm dengan torsi puncak 780 Nm pada 7.100 rpm. Peningkatan performanya ini lantaran pengembangan exhaust system berperforma tinggi dengan metal catalysts. Lebih mengcengangkannya lagi, knalpotnya dilapisi emas yang diklaim mampu sebagai thermal protection efektif.

Suspensinya dirancang lebih sportif sehingga ketinggian kendaraan turun sekitar satu inci. Kaki-kakinya ini berdiri di atas velg berperforma tinggi berukuran 21 dan 22 inci hasil karya Vossen. Velg Novitec NF10 double-spokes dengan center lock yang stylish itu dibalut ban belakang berukuran 335/21 ZR R22 dan ban depan 275/30 ZR R21 yang menghasilkan grip ke permukaan secara optimal.

Hasilnya, kecepatan 100 kpj bisa diraih dari posisi diam hanya dalam hitungan 2,8 detik saja. Sudah begitu, mobil ini masih bisa terus melaju hingga kecepatan maksimum 300 kpj. Tentu saja jangan tanya stabilitas berkendara dan sensasi kesenangan mengemudi yang ditawarkannya.

Banyak tambahan lain yang dibuat Novitec untuk Moza SP1 dan SP2. Misalnya, opsional active controlled exhaust flap. Maksudnya, ada tombol di dalam kokpit yang kalau dipencet bisa mengubah suara knalpot. Jadi, berhubung mobil ini tak ada atapnya, Anda bisa menikmati secara langsung simfoni khas jeritan suara knalpot yang dihasilkan mesin V12 saat menari bersamanya di jalanan pegunungan yang berliku.

Terakhir, Novitec juga menawarkan layanan personalisasi kokpit sesuai permintaan konsumen. Beragam pilihan warna material kulit dan Alcantara bisa dipilih. Lalu berapa harganya? Memang Novitec tak menyiarkan harga resminya. Tapi versi standarnya saja saat ini sudah bernilai lebih dari US$ 2 juta. Jelas versi yang sudah dimodifikasi ini jauh lebih mahal.
RIZKI SATRIA

Sumber: Novitec

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

7 Mobil Sport Jepang Yang Bikin Lutut Pabrikan Eropa Bergetar

JAKARTA, Carvaganza.com - Jepang memang bukan pionir dalam hal transportasi darat. Tapi kegigihan mereka untuk bertahan menjadikan produknya mampu melampaui mereka yang mapan. Hal sama...

Menang F1 GP Portugal 2020, Hamilton Nyaris Gagal Lewati Rekor Schumacher

PORTIMAO, Carvaganza.com – Formula 1 akhirnya menggelar lagi balapan Grand Prix Portugal di tahun 2020 yang unik ini, bertempat di Sirkuit Portimao, Algarve. Gelaran...

Demi Tingkatkan Kualitas,  Daihatsu Gelar Konvensi Inovasi

JAKARTA, carvaganza.com – Sebagai perusahaan yang mengutamakan kualitas tinggi, kepuasan dan kepercayaan pelanggan adalah segalanya. Untuk menunjukkan komitmen tersebut, perusahaan harus terus melakukan improvement...

Aksesoris Fortuner dan Kijang Innova Baru, Ada Diskon 20 Persen

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota New Fortuner dan New Kijang Innova baru kini sudah hadir di Auto2000 Digiroom. SUV dan MPV ini tampil dengan berbagai...

Cegah Penyebaran Covid-19, Suzuki Donasikan Masker dan Handsanitizer untuk Angkot

JAKARTA, Carvaganza -- Sebagai salah satu produsen New Carry yang banyak digunakan sebagai armada angkutan kota (angkot), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memiliki kepedulian...