Beranda Features FEATURE: 9 Kontribusi Penting General Motors Bagi Dunia

FEATURE: 9 Kontribusi Penting General Motors Bagi Dunia

Ilustrasi: norebbo.com

JAKARTA, Carvaganza.com — General Motors atau yang lebih dikenal dengan GM, adalah manufaktur otomotif yang melegenda. Mereka pernah menjadi manufaktur terbesar di Amerika Serikat, dan dunia. Kala itu, Hummer, Chevrolet Volt, Cadillac Limousine yang digunakan oleh Presiden Amerika Serikat. Chevrolet Camaro dan Chevrolet Captiva yang banyak diminati oleh konsumen Indonesia, adalah bagian dari keluarga besar General Motors.

Bermarkas di Detroit, GM didirikan William C. Durant pada 16 September 1908. Mereka punya manufakur di 15 negara yang menelurkan brand seperti Chevrolet, Buick, GMC, dan Cadillac. Belum lagi kerjasama dengan brand lain seperti Holden, Wuling, Baojun, dan Jiefang. Mereka mencatat penjualan 10 juta unit 2016.

Kini, semuanya tentu berbeda. General Motors tidak lagi menjadi yang terbesar. Bahkan, GM hampir saja hilang dari jagad otomotif akibat mengalami kebangkrutan. kondisi itu bisa saja terjadi mengingat persaingan bisnis otomotif yang sangat ketat.

Namun, tahukah Anda bahwa ada begitu banyak jasa dan kontribusi GM bagi dunia. Sebagai perusahaan otomotif yang telah berusia lebih dari 100 tahun, GM memiliki kontribusi yang luar biasa terhadap perkembangan otomotif, dan dunia.

Apa saja kontribusinya? Berikut ulasannya.

Sumber: wikipedia

GM merevolusi dunia kereta api

Tak hanya berkarya di dunia otomotif, GM juga melebarkan teknologinya ke banyak moda transportasi. Salah satunya dengan meluncurkan mesin diesel dua langkah (two-stroke) tahun 1930. Mesin ini kemudian digunakan oleh Burlington Railroad sebagai mesin lokomotifnya yang bernama Burlington Zephyr.

Mesin diesel lansiran GM ini berhasil membuat Zephyr berlari hingga 179,2 km/jam, dan berhasil membukukan rekor dengan memangkas waktu tempuh dari Denver menuju Chicago menjadi setengahnya. Keberhasilan mesin ini ini sekaligus memupus penggunaan lokomotif uap di Amerika Serikat.

GM pioneer kredit mobil

Tahun 1919, GM mendirikan ranting pembiayaan di bawah GMAC (General Motors Acceptance Corporation), yang membuat skema pembayaran bulanan bagi konsumen yang ingin membeli mobil lansiran General Motors. Terobosan ini membuka pasar yang lebih besar bagi GM, dan rival-rival mereka (kecuali Ford).

Sumber: gmheritagecenter.com

GM membantu operasi bedah jantung

Hal lain yang juga sangat penting adalah kontribusi GM terhadap dunia medis. Ketika Dr. Forest Dodrill, seorang ahli bedah dari Detroit harus melakukan pembedahan jantung, dia harus mencari sesuatu yang dapat menggantikan fungsi jantung (untuk memompa darah). Forest kemudian meminta bantuan kepada para ilmuwan di laboratorium riset GM yang terletak tidak jauh dari tempatnya.

Kerjasama tersebut, ditambah bantuan dari American Heart Organisation, menghasilkan pompa jantung mekanis pertama di dunia yang dinamai Dodrill-GMR Mechanical Heart. Entah disengaja atau tidak, bentuknya mirip dengan mesin 12 silinder yang skalanya diperkecil. Jantung buatan itu dikembangkan pada tahun 1952, dan langsung sukses saat digunakan pertama kali pada operasi bedah jantung.

Sumber: gmheritagecenter.com

GM menciptakan fuel cell vehicle

GM telah berusia 100 tahun. Usia yang menandakan betapa berpengalamannya General Motors di dunia otomotif. GM memaknai perjalanan hidupnya yang panjang dengan terus berkarya, mengeluarkan terobosan-terobosan baru yang kelak menjadi masa depan teknologi otomotif. Salah satu karya GM yang kini digunakan luas adalah penggunaan fuel cell hydrogen.

Teknologi yang kini secara luas dikembangkan manufaktur otomotif seperti Toyota hingga Honda itu, adalah buah karya General Motors. Tahun 1996, Electrovan, adalah nama kendaraan pertama ciptaan GM yang digerakkan oleh fuel cell hydrogen. Sayangnya, proyek ini kemudian dihentikan karena masih tingginya biaya rekayasa mobil hydrogen, dan belum adanya infrastruktur pendukung hydrogen. Turunan modern dari Electrovan termasuk Honda FCX Clarity dan Pininfarina Sintesi concept car.

Sumber: pinterest

GM manufaktur pertama di bulan

Keterlibatan GM dalam program luar angkasa NASA dimulai pada awal tahun 1960. Saat itu, divisi busi AC (bagian dari GM) menjadi satu dari lima perusahaan yang ditugasi NASA untuk membangun sistem navigasi untuk program luar angkasa Apollo (perjalanan Apollo XI ke bulan). GM juga berkontribusi pada program Apollo XV, dengan merancang sistem mobilitas untuk para astronot di bulan yang dinamakan Lunar Roving Vehicle.

Mobil GM pertama gunakan sein

Pada tahun 1939, Buick (salah satu merek di bawah GM), menjadi pertama yang memasang lampu sein. Lampu itu diaktivasi oleh pengemudi untuk memperingatkan pengendara mobil lain, dan pejalan kaki ketika akan berbelok.

Tes Rollover

Rollover testing, atau tes terguling telah menjadi pengujian standar ketika uji tabrak (crash test). Namun, tahukah Anda bahwa GM menjadi manufaktur pertama yang melakukannya pada tahun 1934.  Karena dianggap sangat penting bagi keselamatan, akhirnya pengujian ini dijadikan protokol crash test.

Electric Fuel Injection

GM menjadi manufaktur pertama yang menemukan sistem injeksi bahan bakar elektrik. Penemuan ini dicatat pada tahun 1979 dan merevolusi sistem suplai bahan bakar pada mesin bakar internal selamanya.

GM Temukan ABS (Anti-lock Braking System)

General Motors menjadi yang pertama memperkenalkan anti-lock braking system pada tahun 1972. Fitur ini menjaga ban agar tidak mengunci ketika dilakukan pengereman. Sistem ini kemudian terbukti banyak menyelamatkan nyawa manusia.

REZA ERLANGGA

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Asuransi Astra Donasi Ribuan Masker Ramah Tuli dan Sembako di 24 Kota

JAKARTA, Carvaganza -- Asuransi Astra menyalurkan bantuan sebanyak 6.400 masker dan 1.100 paket sembako hasil kampanye sosial #MaskerTemanTuli. Masker-masker ramah Tuli tersebut dijahit langsung...

Lucid Air, Sedan Listrik yang Ingin Jegal Tesla Model S

NEWARK, Carvaganza.com – Sejak awal kehadirannya, Tesla Model S telah menjadi benchmark performa dan kecepatan di segmen mobil listrik. Berbagai pabrikan mencoba hadirkan pesaingnya,...

Versi Facelift 2020, Kia Picanto Punya Varian Crossover

SEOUL, Carvaganza.com – Kia Picanto generasi terbaru sudah beredar selama tiga tahun terakhir. Dari periode tersebut, kini sudah waktunya Picanto mengalami penyegaran. Kia Motors...

Banyak Permintaan Shipping, Bisnis Logisly Catat Pertumbuhan Selama Pandemi

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 telah berjalan menjadi periode yang sulit dari segi bisnis, khususnya karena pandemi COVID-19 yang terjadi. Banyak bisnis yang jatuh...

SPYSHOT: BMW Siapkan X8 Jadi Model SUV Termahal?

MUNICH, Carvaganza.com – BMW pernah menyatakan tidak berencana untuk membuat model SUV flagship, di atas X7 saat peluncurannya. Namun sepertinya rencana telah berubah, setelah...