F1: Verstappen Dominasi Grand Prix Styria 2021, Red Bull Memang 4 Kali Beruntun

GP Styria Red Bull

SPIELBERG, Carvaganza – Deretan kemenangan Red Bull Racing di Formula 1 musim ini terus berlanjut, dengan memenangkan Grand Prix Styria 2021, di sirkuit kandang mereka, Red Bull Ring. Untuk keempat kalinya musim ini, kemenangan diraih oleh Max Verstappen yang sekaligus memantapkan posisinya di puncak klasemen sementara. Mercedes sebagai rival utama tampak tak berdaya menandingi kecepatan Red Bull.

Pada seri kedelapan yang merupakan bagian pertama dari double header balapan di Austria, pole position menjadi bekal kuat Red Bull dan Verstappen dalam menguasai Red Bull Ring. Keperkasaan duet Verstappen dan paket yang dimiliki mobil RB16B bak tanpa cela di hari kualifikasi, bahkan memaksa para pembalap Mercedes membuat kesalahan saat berusaha mengalahkan.

Start mulus dari pole ditunjukkan Verstappen yang menghadang laju Lewis Hamilton di lap pembuka. Sementara para rekan setim, Sergio Perez dan Valtteri Bottas juga saling beradu, namun dengan Lando Norris berhasil memanfaatkan kesempatan dan mencuri posisi ketiga. Di lap pertama dua insiden terjadi, yaitu senggolan Charles Leclerc dengan Pierre Gasly setelah tikungan 1 yang membuat ban Gasly bocor. Lalu hanya beberapa detik, Gasly yang berusaha menjaga laju mobilnya bersenggolan lagi dengan Antonio Giovinazzi di tikungan 3.

GP Styria 2021

Singgungan di lap pembuka itu memaksa Leclerc masuk pit sejak awal untuk mengganti sayap depannya yang rusak akibat menyenggol ban belakang Gasly. Sementara Gasly yang konsisten tampil kencang di kualifikasi, harus meninggalkan balapan di awal karena ban bocornya mengakibatkan kerusakan suspensi belakang.

Baca Juga: Thrustmaster T-GT II Mulai Dijual Tahun Ini, Senjata Baru Pembalap Virtual

Tidak terjadi duel jarak dekat antara Verstappen dan Hamilton di depan, karena sang penantang gelar dari Red Bull berhasil langsung menjauh sejak awal. Sementara Norris di posisi ketiga tidak bertahan lama, karena berhasil disusul oleh Perez di lap 10. Beberapa lap kemudian, giliran bottas yang berhasil menyalip Norris, untuk memperbaiki posisi startnya yang mundur 3 posisi akibat penalti.

Duel antara Perez dan Bottas berlanjut ke pit stop. Red Bull lebih dulu memanggil Perez masuk pit di lap 27, namun prosesi yang sedikit bermasalah membuat pit stop Perez berlangsung sampai 4,5 detik. Sementara Bottas yang berganti ban tepat satu lap setelahnya, berlangsung mulus dan berhasil melewati Perez saat keluar pit.

Hal yang sama dilakukan oleh dua pemimpin balapan. Namun Mercedes bertindak lebih dulu, memanggil Hamilton masuk pit di lap 29, diikuti Verstappen di lap berikutnya. Keduanya melakukan pit tanpa kendala, yang praktis tidak berefek pada masing-masing posisinya. Verstappen tetap memimpin di depan dengan jarak yang aman.

GP Styria

Satu hal yang mencuri perhatian selama balapan di Styria kali ini adalah harus gagal finishnya George Russell setelah mendapat peluang meraih poin pertama musim ini. Nyaris tembus ke 10 besar di kualifikasi, Russell start dari posisi ke-10 setelah penalti yang diterima Yuki Tsunoda. Di stint awal sebelum pit stop, padahal Russell telah meningkat sampai posisi ke-8. Namun kendala teknis memaksanya tidak bisa melanjutkan balapan.

Di belakang, setelah terlempar ke posisi buncit karena kerusakaan sayap depan di awal balapan, Leclerc dan Ferrari merangkak ke depan. Sampai di lap 51, Leclerc berhasil kembali ke posisi 10 besar untuk meraih poin, dengan menyalip Sebastian Vettel. Kemudian sampai lap 60, Leclerc berhasil naik ke posisi 7 setelah menyalip Fernando Alonso dan Lance Stroll. Sementara rekan setimnya, Carlos Sainz, nyaman tidak tersaingi di posisi keenam.

Red Bull mencoba bermain strategi jelang akhir balapan, dengan beralih ke dua kali pit stop untuk Perez. Masuk pit di lap 56, Red Bull berharap Perez bisa mengejar dan menyalip Bottas untuk posisi ketiga di lap-lap akhir. Namun hal tersebut tidak terjadi, dan Perez harus puas podium ketiga menjadi milik Bottas dengan jarak tidak sampai 1 detik di garis finish.

GP Styria

Akhirnya, menyelesaikan balapan sepanjang 71 lap di Red Bull Ring, Verstappen memenangkan balapan keempat kalinya untuk Red Bull musim ini. Hamilton yang memutuskan masuk pit lagi untuk mengejar poin fastest lap finish dengan jarak 35,7 detik dari Verstappen. Dominasi Red Bull dan Mercedes ditandai bukan hanya dengan menguasai finish empat besar, tetapi juga dengan meninggalkan rival lain dengan overlap.

Verstappen semakin jauh memimpin di puncak klasemen pembalap dengan raihan 156 poin, unggul 18 poin dari Hamilton. Begitu juga di klasemen konstruktor, Red Bull memimpin dengan total 252 poin, unggul 40 poin dari Mercedes.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: MINI Paddy Hopkirk Edition Hadir Hanya 10 Unit di Indonesia

Gp Styria

GP Styria

GP Styria

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature