F1: Panas Sampai Akhir, Pertarungan Gelar Juara Verstappen dan Hamilton Ditentukan di Abu Dhabi

Max Verstappen Vs Lewis Hamilton

JEDDAH, Carvaganza -- Pertarungan panas dan penuh drama mewarnai balapan pertama GP F1 Arab Saudi akhir pekan (5/12) kemarin. Max Verstappen (Red Bull Racing Honda) harus puas di podium kedua setelah Lewis Hamilton (Mercedes) mampu finish pertama pada laga di Jeddah Corniche Circuit.

Persaingan keduanya kian menarik karena kini mereka memiliki nilai yang persis sama yaitu 369,5 poin. Dengan demikian gelar juara dunia Formula 1 musim ini akan ditentukan di seri terakhir GP Abu Dhabi di Yas Marina Circuit, 12 Desember mendatang.

Poin sama Verstappen dan Hamilton ini jadi catatan. Inilah kali kedua, dalam sejarah jet darat tersebut dua pembalap punya nilai sama dan gelar juara harus ditentukan pada balapan terakhir. Sebelumnya terjadi pada musim 1974 ketika Emerson Fittipaldi (Marlboro Team Texaco) merebut gelar juara dunia mengalahkan Clay Regazzoni (Scuderia Ferrari).

F1 Arab Saudi

Sejak awal balapan, kedua nama pembalap memang jadi sorotan. Jalannya balapan di sirkuit Jeddah selama 50 lap, sempat ada Red Flag dan berkali-kali menemui Virtual Safety Car (VSC). Verstappen sebenarnya bisa dimanfaatkan peluang menyalip dominasi dua pembalap Mercedes. Namun pada lap ke-37 terjadi insiden akibat pembalap Belanda itu membuka jalur untuk Hamilton mengambil alih pimpinan lomba.

Meski mendapat penalti tambahan hingga 5 detik usai balapan, Verstappen masih berhak atas podium posisi dua. Ia tertinggal 21,825 detik di belakang Hamilton yang mencatatkan waktu 2 jam 06 menit 15,118 detik. Meski tak terlalu puas dengan hukuman yang diterimanya, Verstappen mengatakan peluang masih ada. Ia akan tampil habis-habisan di Abu Dhabi pekan depan.

"Pasti ada banyak aksi hari ini, banyak hal terjadi. Saya diberitahu untuk mengembalikan posisi, jadi saya keluar dari garis balap dan memperlambat, Lewis hanya tinggal di belakang saya, saya tidak mengerti mengapa dia tidak melewatinya. Saya tidak setuju dengan penalti lima detik, tapi begitulah adanya dan kita lanjutkan saja. Kami tidak memiliki kecepatan yang sempurna dalam balapan hari ini, jadi itu sesuatu yang harus dikerjakan untuk melihat ke depan ke Abu Dhabi. Kami memiliki poin yang sama sekarang menuju balapan terakhir, ini akan menjadi akhir yang menarik untuk musim ini!” ujar Verstappen.

F1 Arab Saudi

Sayangnya pembalap Red Bull Racing Honda lainnya, Sergio “Checo” Perez tak mendapat hasil baik. Ia terlibat insiden di tikungan 3 dengan Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) yang membuat dirinya lebih cepat mengakhiri balapan. “Itu bukan akhir pekan terbaik bagi tim, kami kehilangan poin penting di Kejuaraan Konstruktor, jadi kami akan pergi ke Abu Dhabi sekarang untuk mencoba dan membalikkan keadaan," katanya.

"Kami sedikit kurang beruntung dengan bendera merah pertama, tetapi kami lolos dengan baik setelah restart kedua. Itu adalah balapan yang sangat penting bagi tim hari ini, jadi yang ini sangat menyakitkan, tetapi ada harapan untuk Abu Dhabi. Masih ada optimisme dan sesuatu untuk diperjuangkan dan kami akan memberikan segalanya pada balapan terakhir musim ini, jadi mari kita lihat ke depan,” tambah Checo.

Bagi Verstappen ini adalah kesempatan pertamanya meraih gelar juara dunia. Sedangkan Hamilton, jika jadi juara, akan menjadi gelar ke-8. Di klasemen pembalap, Verstappen dan Hamilton sama-sama mengemas 369,5 poin. Posisi ketiga ada Valtteri Bottas (Mercedes) 218 poin, diikuti Perez (190 poin) dan Leclerc (158 poin). Sementara di klasemen konstruktor, Mercedes teratas dengan 587,5 poin, Red Bull 559,5 poin, dan Ferrari 307,5 poin.

F1 Arab Saudi

Podium kedua yang didapatkan Verstappen mendapat komentar Pablo Conrad selaku Marketing Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia. "Meski berbagai kendala di hadapi, Max masih memegang titel sementara Juara Dunia F1 2021, penentuannya akan berlangsung di Abu Dhabi pada 12 Desember mendatang. Diharapkan di seri pamungkas F1 2021, Max bisa membuat para konsumen kami di Indonesia bangga dan semakin yakin menggunakan dan juga membuktikan keunggulan pelumas Mobil," katanya.

Sementara Rommy Averdy Saat selaku Mobil Consumer Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia berharap pada seri penutup di Abu Dhabi minggu depan, Red Bull Racing mempersiapkan lebih matang. "Baik Verstappen dan Checo tampil lebih tenang, karena akan menjadi penentu Juara Dunia F1 2021 bagi Max dan juga masih ada kesempatan untuk Red Bull Racing juara konstruktor,” ujar Rommy.

F1 klasemen

Ia mengajak membuktikan keunggulan produk Mobil1 dan Mobil yang tersedia di pasar Indonesia melalui rangkaian produk pelumas Mobil1 dan Mobil Super. Tahun ini ExxonMobil Lubricants Indonesia meluncurkan varian terbaru rangkaian produk Mobil Super yaitu Mobil Super All in One Protection, Mobil Super Friction Fighter dan Mobil Super Everyday Protection.

Rangkaian produk Mobil Super ini telah dilengkapi dengan spesifikasi standar industri terkini API SP. Mobil Super All in One Protection memberikan perlindungan mesin kendaraan dari suhu yang semakin panas yang dapat diatasi oleh Full synthetic dengan Heat Activated Anti-wear Molecules. Mobil Super Friction Fighter dilengkapi dengan lapisan perlindungan tambahan dari Friction Fighter Molecules memberikan mesin perlindungan dari keausan. Sedangkan Mobil Super Everyday Protection dengan Extengine Molecules, membuat usia kendaraan lebih panjang. (RAJU)

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya