Beranda New Cars Edisi Khusus Ford GT Heritage Kenang Kemenangan Daytona 1966

Edisi Khusus Ford GT Heritage Kenang Kemenangan Daytona 1966

DETROIT, Carvaganza.com – Nama Ford GT seakan sudah menjadi legenda, baik di ranah motorsport maupun di benak car enthusiast. Supercar ini menjadi suksesor dari sang ikon, GT40. Selain pernah menjuarai Le Mans 24 Hours, GT40 juga berhasil finish terdepan saat balap Daytona 24 Hour Continental  1966.

Untuk mengenang keberhasilan GT40 tersebut, Ford meluncurkan GT Heritage Edition yang terinspirasi kemenangan 1966. Bisa dibilang, raihan tersebut merupakan salah satu prestasi pertama pabrikan Blue Oval di balap ketahanan.

Kalau pernah nonton Ford v Ferrari mungkin familiar dengan asal muasal supercar Amerika ini. Balap Le Mans 24 Hour 1966 memang menjadi titik bersejarah, mengalahkan Ferrari di puncak podium. Juga berbangga di balap Sebring 12 Hour sebelumnya. Dan semua itu diawali oleh kemenangan pertama endurance 24 jam di sirkuit Daytona, awal 1966. Ya, Ken Miles memainkan peran penting, bersama Lloyd Ruby dalam hal ini.

GT Heritage Edition sendiri merupakan versi dengan dandanan livery klasik. Sebagai tribut GT40 MkII tunggangan Ken Miles yang memimpin dominasi balap Daytona 1966. Mengawali kejayaan Ford di Sebring dan Le Mans. Sebagai catatan, untuk kali pertama edisi spesial ini tidak mengenakan polet khas kontestan Le Mans.

Putih, hitam, dan merah menjadi kombinasi warna spesial 2021 Ford GT Heritage Edition. Latar Frozen White dipadu kontras dengan kap depan serat karbon ‘telanjang’. Baru dari situ aksen merah asimetris melekat pada sudut atap, pintu pengemudi, dan di bawah sayap belakang. Persis mengikuti identitas aslinya. Unik, material dasar serat karbon terbuka membentuk grafis roundel angka 98 sekaligus menyombongkan bodi ringan Ford GT.

Gaya klasik dikuatkan juga oleh pemakaian sepatu bernuansa serupa. Model MkII mengenakan velg celong berwarna cokelat keemasan dan tak ketinggalan centerlock besar bak baling-baling. Interpretasi teranyarnya adalah laburan Heritage Gold untuk velg 20 inci one-piece forged aluminium. Menutup kaliper Brembo monoblock merah guna menyelesaikan rancangan keseluruhan.

Bagian interior, kabin mungil yang terfokus pada pengemudi dihiasi kombinasi warna kontras hitam dan merah. Material suede Alcantara membungkus tudung panel instrumen, langit-langit, dan setir. Selanjutnya, paddle shifter dikelir merah ditemani suede Alcantara merah mendominasi bangku.

Tapi kalau mau terlihat lebih gahar lagi tersedia Upgrade Package. Velg 20 inci tidak mengisyaratkan leluhur, cenderung menampilkan kecanggihan teknologi masa kini. Adalah velg serat karbon, terekspos dikombinasikan aksen merah. Sementara itu, kaliper rem dicat hitam dibarengi tulisan Brembo merah. Dalam kabin melekat bayangan decal roundel 98 di door trim membedakan jenis paket.

Di samping Heritage Edition, pabrikan Amerika Serikat ini turut menyediakan paket khusus grafis eksterior. Disebut Ford GT Studio Collection, ini merupakan hasil kolaborasi desain antara Ford Performance dan perusahaan manufaktur untuk GT, Multimatic. Konsumen dapat melakukan kustomisasi visual warna serta striping tubuh Ford GT. Personalisasi termasuk tujuh pilihan kelir standar atau seleksi palet lainnya agar terkesan eksklusif.

Hanya 40 model tersedia dalam paket Studio Collection khusus MY 2021 dan 2022. Kendati begitu, tidak dijelaskan berapa banyak Heritage Edition bakal diproduksi. Yang pasti, pengiriman unit dilakukan mulai awal 2021 dan akan berakhir di 2022.

“Untuk Heritage Edition, tim Ford Performance menggali lebih dalam sejarah kompetisi Ford GT dan membentuk model edisi terbatas. Secara gaya menghormati ulang tahun ke-55 balap Daytona 24 Hour yang mengawali kesuksesan kami di Le Mans,” ujar manajer program Ford GT, Mike Severson.

“Ditambah lagi, bagi pelanggan yang ingin menyoroti bodi serat karbon dan kanal udara pendingin penyokong performa di Le Mans, Ford GT Studio Collection menawarkan cara lain bagi penggemar GT untuk personalisasi supercar mereka,” tambahnya.

Sumber: Motor1

AHMAD KARIM | WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Lima Crossover Yang Bisa Dijadikan Alternatif Selain Honda HR-V

JAKARTA, carvaganza.com – Pasar SUV/crossover kompak memang sedang digandrungi. Tingginya permintaan membuat pabrikan membanjiri pasar. Pertarungan di segmen ini pun semakin memanas. Di pasar...

Pilih Renault Triber atau Suzuki Ignis? Ini Masing-Masing Kelebihannya

JAKARTA, carvaganza.com – Untuk punya mobil SUV bergaya tangguh memang cukup merogoh kocek. Tapi kami memilihkan, ada dua mobil kompak bergaya ala SUV. Memang...

Enggak Kapok-Kapok Pabrikan Cina Jiplak Chevrolet Corvette, Mesinnya PHEV

BEIJING, carvaganza.com – Chevrolet Corvette C1 tahun 1958 adalah salah satu mobil yang paling diburu kolektor. Mobil klasik favorit yang memiliki desain yang tak...

DFSK Klaim 3 Keunggulan Super Cab, Benarkah?

JAKARTA, Carvaganza -- Di tengah pandemi COVID-19, permintaan kendaraan komersial ternyata tetap tinggi. PT Sokonindo Automobile, sebagai pemegang merek DFSK di Indonesia mengandalkan DFSK...

Covid-19 Berlanjut, Toyota Kembali Donasikan Kijang Innova Ambulans

BEKASI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19, belum juga menunjukkan tanda-tanda mereda. Berbagai pihak terus melakukan upaya termasuk menyalurkan donasi guna membantu penanggulangan wabah corona. Setelah...