Beranda New Cars BMW Seri 4 Convertible 2021, Lebih Menggoda Beralih ke Soft Top

BMW Seri 4 Convertible 2021, Lebih Menggoda Beralih ke Soft Top

MUNICH, Carvaganza.com – Tahun 2020 sepertinya menjadi momen bersinarnya BMW Seri 4 terbaru. Cuma dalam hitungan bulan, setidaknya sudah tiga model berbasis Seri 4 diluncurkan BMW tahun ini. Setelah Seri 4 Coupe dan disusul M4 Coupe terbaru, kini giliran kemunculan Seri 4 Convertible. Resmi sudah sedan sport ini memiliki varian atap terbuka.

Pada generasi kedua ini, Seri 4 Convertible beralih menjadi atap kanvas, alias soft top. Alasan bergantinya adalah karena atap kanvas lebih praktis dan ringan untuk dioperasikan setiap waktu. Sebelumnya, BMW menggunakan hard top alias atap keras pada Seri 4 Convertible sebelumnya.

Hard top jelas terlihat canggih dan kokoh, hanya saja berat dan memakan tempat. Untuk itu, kini 4 Series Convertible beralih ke model soft top klasik. Tentu diikuti pengembangan desain. Diklaim menawarkan kekuatan layaknya atap keras dibalut nuansa cabriolet puritan. Memang dalam sejarahnya, kendaraan sejenis ini identik dengan atap fabric. Pun bukan hanya gaya orisinal, kepala lentur ini memiliki bobot 40 persen lebih ringan ketimbang pendahulu. Juga dijanjikan aspek kenyamanan kabin, seperti suhu dan suara, lebih baik ketimbang desain konvensional.

Di samping itu, kepraktisan merupakan nilai tambah komponen soft top. Terbukti 4er Convertible teranyar sanggup menyimpan lebih banyak barang di bagasi. Tidak memakan terlalu banyak tempat, memungkinkan peningkatan volume kargo sampai 80 liter (total 300 liter) ketimbang pendahulu ketika posisi terbuka.

Tentu hal ini turut memengaruhi performa lantaran meringankan bobot keseluruhan. Disokong pula peningkatan rigiditas chassis demi mengimbangi hilangnya kekuatan struktur di area kepala. Semua itu terlaksana melalui penguatan pada side skirt, bracing chassis spesifik model convertible, dilanjut shear panel aluminium di kolong depan.

Urusan desain, ia ikut mendapatkan operasi identitas besar-besaran seperti 4 Series Coupe. Selain atap, guratan lainnya menyerupai. Yap, grille ekstra besar bakal banyak ditemui dalam keluarga BMW, termasuk si cabriolet ini. Moncong menganga lalu diapit lampu LED memicing sebagai standar. Bisa juga dipasang Laserlight nan canggih sebagai barang opsional. Di buritan, lampu tipis horizontal mejeng mengikuti arahan desain 4er.

Ruang di balik bonnet dapat terisi satu dari enam seleksi pemacu: tiga bensin, tiga diesel. Kasta terendah varian bensin memanfaatkan mesin empat silinder 2,0 liter turbo. Sanggup melontarkan daya 184 hp/300 Nm atau 258 hp/400 Nm tergantung tipe (420i atau 430i). Jantung peminum bensin terkuat sendiri merupakan unit enam silinder 3,0 liter turbo berteknologi mild hybrid 48V. Menjadi sumber dorongan bagi M440i xDrive. Total ekstraksi mencapai 374 hp/500 Nm menuju ke empat roda.

Varian diesel menawarkan dua pilihan mesin turbo dengan total tiga output berbeda. Yang pasti semua ditemani sistem hybrid 48V. Versi empat silinder 2,0 liter menghasilkan 190 hp/400 Nm untuk 420d. Sementara itu, keluaran 286 hp/650 Nm adalah nilai terendah dari pemacu enam silinder 3,0 liter 430d. Kekuatan puncak enam ruang bakar disuguhkan spesial kepada M440d xDrive: siapkan tenaga 340 hp dibantu tendangan torsi fantastis sampai 700 Nm.

Transmisi otomatis delapan percepatan Steptronic adalah komponen standar. Namun lain cerita ketika melirik duo raja M440i xDrive dan M440d xDrive. Mereka memanfaatkan Steptronic Sport 8-speed dan sistem AWD pintar. Punya fungsi Sprint, menjanjikan karakter akselerasi spontan dan dinamis.

Pengalaman berkendara dibikin komplet oleh layout interior driver oriented khas BMW. Tak ketinggalan sistem infotainment termutakhir BMW Operating System 7. Ragam personalisasi dapat dilaksanakan seperti konten display dan instrument cluster sampai mode berkendara. Apple CarPlay dan Android Auto pun masuk dalam daftar ‘mainan’.

Awal peluncuran, droptop coupe ini disajikan dalam empat rasa. Sebut saja 420i, 430i, 420d, dan M440i xDrive. Dua model diesel lain datang belakangan di tahun depan, 430d pada Juli dan M440d xDrive November.

AHMAD KARIM

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

7 Mobil Sport Jepang Yang Bikin Lutut Pabrikan Eropa Bergetar

JAKARTA, Carvaganza.com - Jepang memang bukan pionir dalam hal transportasi darat. Tapi kegigihan mereka untuk bertahan menjadikan produknya mampu melampaui mereka yang mapan. Hal...

Menang F1 GP Portugal 2020, Hamilton Nyaris Gagal Lewati Rekor Schumacher

PORTIMAO, Carvaganza.com – Formula 1 akhirnya menggelar lagi balapan Grand Prix Portugal di tahun 2020 yang unik ini, bertempat di Sirkuit Portimao, Algarve. Gelaran...

Demi Tingkatkan Kualitas,  Daihatsu Gelar Konvensi Inovasi

JAKARTA, carvaganza.com – Sebagai perusahaan yang mengutamakan kualitas tinggi, kepuasan dan kepercayaan pelanggan adalah segalanya. Untuk menunjukkan komitmen tersebut, perusahaan harus terus melakukan improvement...

Aksesoris Fortuner dan Kijang Innova Baru, Ada Diskon 20 Persen

JAKARTA, Carvaganza -- Toyota New Fortuner dan New Kijang Innova baru kini sudah hadir di Auto2000 Digiroom. SUV dan MPV ini tampil dengan berbagai...

Cegah Penyebaran Covid-19, Suzuki Donasikan Masker dan Handsanitizer untuk Angkot

JAKARTA, Carvaganza -- Sebagai salah satu produsen New Carry yang banyak digunakan sebagai armada angkutan kota (angkot), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memiliki kepedulian...