Beranda Updates Bantu Penanganan Pasien COVID-19, Toyota Modifikasi HiAce

Bantu Penanganan Pasien COVID-19, Toyota Modifikasi HiAce

TOKYO, Carvaganza.com – Toyota Motor Corporation terus memberikan dukungan bagi penanganan wabah corona (COVID-19) di Jepang. Toyota mengumumkan memberikan HiAce yang dimodifikasi khusus untuk penanganan pasien COVID-19. Kendaraan ini diberikan untuk Showa University Hospital. Modifikasi khusus HiAce itu digarap Toyota Auto Body Co Ltd. Inilah kali pertama Toyota membuat kendaraan khusus pengangkut pasien terdampak corona.

Wabah COVID-19 butuh dukungan semua pihak agar penanganan dapat berjalan lancar. Di Jepang, setidaknya 14.877 kasus positif tercatat, dengan kematian sebanyak 487. Tokyo menjadi area dengan penderita terbanyak, diikuti Osaka dan Kanagawa. Melihat hal itu, Toyota tergerak membantu.

HiAce menjadi pilihan. Mengingat kendaraan untuk kebutuhan komersial ini punya bentuk yang cocok untuk kebutuhan tenaga medis. Mobil ini sudah dilengkapi pengatur sirkulasi airborne droplet (tetesan air yang melayang di udara). Di dalam terdapat kompartemen yang memisahkan kabin depan dengan belakang yang menjadi area pasien. Desainnya sederhana, memanfaatkan kipas pembuangan (exhaust fan) untuk menangkis udara terkontaminasi masuk ke kabin depan, sehingga tersimpan di belakang saja. Sekaligus mencegahnya keluar dari kendaraan. Lalu, pengangkat platform elektrik, yang memudahkan tenaga medis memindahkan kasur dorong ke dalam mobil.

Toyota Group sebelumnya telah mendonasikan 11 mobilnya kepada pihak pemerintah Jepang. Detailnya, Toyota Motor Corporation menyerahkan tujuh JPN Taxi ke enam rumah sakit di Tokyo dan satu unit ke Prefektur Chiba pada 10 dan 22 April lalu.

Selanjutnya pada 24 April, giliran Toyota Motor East Japan, Inc. membantu Prefektur Miyagi dengan satu Sienta. Kemudian Toyota Mobility Tokyo, Inc. pada 27 April dengan menyediakan dua JPN Taxi untuk Edogawa Ward di Tokyo. Semua unit ditujukan untuk penanganan pasien dengan kondisi menengah.

Bantuan Toyota

Upaya pabrikan yang memproduksi Avanza dan Sienta ini merupakan bagian dari Kokoro Hakobu Project. Proyek bantuan berkelanjutan yang diinisiasi khusus Toyota. Ini pertama kali digelar sejak terjadinya gempa bumi besar di Jepang Timur, atau yang dikenal sebagai Great East Japan Earthquake (higashi nihon daishinsai).

Ke depan, dalam menanggapi permintaan dari berbagai pihak, seperti fasilitas medis dan penyediaan kendaraan angkut untuk pasien wabah; Toyota siap untuk bergerak dan mengambil tindakan cepat.

Tak hanya menyediakan angkutan, alat pelindung diri (APD) juga menjadi perhatiannya. Beberapa pabriknya telah dipakai membuat topeng pelindung. Berlangsung sejak April kemarin, total produksinya mencapai 3.100 unit per hari. Angka itu masih bisa bertambah lagi jika diperlukan. Bahkan pabrikan otomotif terbesar di dunia ini siap memperluas produksi in-house.

Sumber: Toyota

Baca juga: Toyota Modifikasi HiAce Jadi Angkutan Khusus Pasien COVID-19

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Kilas Histori Honda CR-V, Dipuncaki Dengan Lahirnya Hybrid dan PHEV (Bagian 2)

JAKARTA, carvaganza.com – Setelah mendapatkan perubahan besar di generasi ketiga, Hona CR-V mendapatkan suntikan facelift. Selain pada bagian eksterior, peremajaan juga diberikan pada interior....

Wuling Confero S 1.5L ACT, Punya Apa Saja untuk Bersaing di Segmen Panas LMPV

JAKARTA, Carvaganza -- Meski masih berusia muda, Wuling Motors termasuk merek yang berani bertarung di pasar otomotif Indonesia. Tak hanya berani mungkin juga cerdik....

Bersiap Masuk Pasar, Segini Estimasi Harga Kia Sonet

JAKARTA, Carvaganza.com - Kia Sonet berencana dipasarkan di Indonesia. Situs resmi Samsat DKI Jakarta sudah tertera dua tipe yang bakal dijual. Model pertama 1,5...

Tukar Tambah Suzuki Ada Cashback Sampai Rp 4 Juta di Auto Value

JAKARTA, Carvaganza -- Berbagai strategi pemasaran dilakukan para pemegang merek. Tak hanya jualan mobil baru, penjualan mobil bekas juga menggunakan berbagai trik untuk menarik...

Warna Baru Graphite Capsule, Lamborghini Urus Tampil Beda

SANT'AGATA BOLOGNESE, Carvaganza.com - Lamborghini Urus punya tampilan beda. Warna Graphite Capsule masuk dalam opsi, membuat wujud SUV pertama Lambo tampil lebih galak. Namun,...